Wisata Jalur Mudik Surabaya-Malang, Pulkam Sambil Jalan-jalan

Welly Handoko

Welly Handoko

On Indonesia
Taman Safari Indonesia Taman Safari Indonesia

Seperti yang Teman Traveler tahu, mudik adalah agenda tahunan wajib masyarakat Indonesia. Perjalanan pulang kampung biasanya cukup melelahkan karena menempuh jarak lumayan jauh. Solusinya, istirahat sambil wisata. Ya, mengapa tidak? Ada banyak wisata jalur mudik Surabaya-Malang yang bisa kalian sambangi.

Tidak perlu khawatir perjalanan mudik 2019 bakal membosankan karena sepanjang jalur ada banyak tempat singgah dan wisata menarik. Yuk Teman Traveler, simak daftarnya satu-persatu.

Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan

Masjid Cheng Hoo Pandaan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sebagai seorang muslim tentu pantang melewatkan ibadah meski sedang mudik. Jika ingin shalat sembari berwisata, Teman Traveler bisa mampir ke Masjid Muhammad Cheng Hoo di Pandaan.

Teman Traveler yang melakukan perjalanan dari arah Surabaya ke Malang, akan menemukan masjid ini di sisi kanan, tepat sebelum bundaran pom bensin. Sangat mudah ditemukan, mengingat kompleks bangunannya terlihat mencolok dari jalan raya.

Masjid Muhammad Cheng Hoo memiliki arsitektur unik yang dipengaruhi gaya ala Tiongkok. Di sisi selatan komplek masjid terdapat beberapa toko yang menjual makanan dan oleh-oleh. Selain itu area parkirnya juga sangat luas.

Taman Dayu Pandaan

Taman Dayu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tidak jauh Masjid Cheng Hoo dan masih di daerah Pandaan, tepat setelah persimpangan Gerbang Tol Pandaan ada The Taman Dayu. Kawasan asri ini bisa Teman Traveler manfaatkan beristirahat sejenak di tengah perjalanan mudik.

Wisata jalur mudik Surabaya-Malang ini sebenarnya merupakan komplek perumahan mewah dari pengembang Ciputra. Namun lantaran di sekitarnya ada beberapa fasilitas pendukung seperti tempat makan dan pertokoan, kawasan ini sering dijadikan tempat istirahat bagi pemudik.

Bangunan restoran cepat saji yang unik (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk ke komplek Taman Dayu, Teman Traveler bakal langsung disambut sebuah restoran cepat saji. Kalian yang sudah kelaparan bisa segera mampir untuk makan dan istirahat di sini.

Terlepas dari fungsinya sebagai tempat makan, bangunan resto cepat saji ini sangat unik. Bentuknya bulat dengan sejumlah menara di atasnya, mirip istana dalam dongeng.

Teman Traveler bisa menyempatkan waktu sejenak untuk berfoto-foto di sekitar sini. Tapi ingat, selalu hati-hati karena di bagian depan dan samping bangunan resto adalah jalan umum.

New Food Terrace (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Teman Traveler yang kurang suka makanan cepat saji, bisa masuk lebih dalam dan mampir ke area food court. Tapi biasanya para pedagang di kawasan ini baru akan buka siang hari.

Taman Dayu sendiri berada di dataran tinggi dan dipenuhi banyak pepohonan besar, membuatnya terasa sangat asri serta sejuk. Cocok untuk kita beristirahat sambil makan. Soal harga jangan khawatir karena sangat bersahabat.

Wisata Panci (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Setelah istirahat dan makan di Taman Dayu, jika masih punya banyak waktu Teman Traveler bisa mampir ke Wisata Panci. Lokasinya ada di Desa Karangjati, tepat di sebelah jalanan kompek Taman Dayu.

Selain bisa melihat proses pembuatan panci dan aneka peralatan dapur dari logam, di sini Teman Traveler juga bisa membelinya untuk oleh-oleh saat pulang kampung.

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selepas dari Pandaan, menuju arah selatan Teman Traveler akan menemukan Taman Safari Indonesia 2. Pintu masuknya ada di wilayah Kecamatan Sukorejo, namun komplek taman secara keseluruhan masuk area Prigen.

Berwisata di sini akan cocok bagi Teman Traveler yang lakukan mudik jarak pendek. Pasalnya butuh waktu banyak untuk mengitari seluruh kawasannya. Di sini kalian bisa melihat beragam satwa dan atraksi. Cocok juga untuk anak-anak karena terdapat area water park.

Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masih di jalur mudik Surabaya-Malang, jelang perbatasan Pasuruan dan Malang ada Kebun Raya Purwodadi. Tempat konservasi tumbuhan ini berada langsung di bawah pengawasan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Menemukan wisata Malang ini tidaklah sulit karena tepat berada di sisi kiri tanjakan Purwosari menuju Lawang. Patokannya adalah di seberang SPBU Purwodadi. Jika melihat ke sisi kiri, Teman Traveler akan melihat kawasann rimbun mirip hutan namun dikelilingi pagar rapi.

Pintu masuk kebun raya (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Begitu masuk Teman Traveler akan disambut gerbang megah mirip istana. Udara di dalam sini lumayan sejuk. Pepohonannya juga rimbun. Rerumputan menghampar luas bagaikan karpet.

Teman Traveler juga bisa melihat sekawanan rusa di sini. Rasakan asyiknya duduk santai, menikmati bekal, sembari melihat tingkah polah deretan satwa cantik tersebut. Tapi ingat, jangan lupa jaga kebersihan kawasan sekitar.

Kebun Teh Wonosari

Gerbang masuk kebun teh (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kebun Teh Wonosari masuk wilayah Kecamatan Lawang. Arahkan kendaraan lurus usai melewati Pasar Lawang. Lanjutkan dengan belok kanan setelah jembatan dan ikuti petunjuk jalan yang ada. Tak perlu khawatir, jalanan menuju sini sudah diaspal halus kok.

Perkebunan Wonosari (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sampai di lokasi perkebunan, mata Teman Traveler akan seolah seperti dibasuh air dingin. Seketika kalian akan merasa fresh, melihat hijaunya hamparan luas kebun teh. Kalian bisa berjalan-jalan menyusuri area perkebunan atau sekedar duduk santai melepas lelah, sembari nikmati pemandangan.

Teman Traveler bisa mampir ke kedai teh untuk mencicipi olahan hasil perkebunan. Selain itu masih ada beberapa fasilitas menarik lain seperti tempat bermain anak, villa dan penginapan, serta area bermain anak.

Peninggalan Sejarah Candi Singosari

Candi Singosari (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jalur non-tol antara Surabaya-Malang biasanya rawan macet. Terutama di area Singosari, lantaran ada pasar yang kerap dipadati pengunjung antara pagi hingga siang.

Jika Teman Traveler lelah dengan kemacetan tersebut, tak ada salahnya mampir ke Candi Singosari. Peninggalan bersejarah ini ada di Jalan Kertanegara no 148, Candirenggo. Bisa diakses langsung dari jalan utama, namun jika kalian berangkat dari arah Surabaya perlu memutar dulu.

Candi Singosari memang tidak terlalu besar, namun layak dikunjungi untuk sekedar melemaskan otot dan bersantai. Teman Traveler bisa jalan-jalan memutari area candi dan menikmati keindahannya. Dijamin lelah akan berkurang.

Hawaii Waterpark Malang

Hawaii Waterpark (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Begitu sampai Malang, Teman Traveler mungkin ingin refreshing sejenak. Langsung saja mampir ke Hawaii Waterpark, masuk ke kiri setelah Gapura Malang dan ikuti jalur yang ada.

Sesuai namanya, Hawaii Waterpark sediakan kolam renang dengan beragam wahana air. Santai sejenak sembari bermain air di sini pasti sangat pas untuk hilangkan lelah usai menempuh perjalanan mudik yang lumayan jauh.

Itulah beberapa wisata jalur mudik Surabaya-Malang yang bisa Teman Traveler kunjungi. Semoga bisa jadi referensi bagi kalian yang ingin santai sejenak di tengah perjalanan ke kampung halaman.