Tempat Wisata di Sepanjang Jalan Malang-Surabaya

Perjalanan dari Malang ke Surabaya biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Jalur ini memang cukup sibuk mengingat mereka yang dari Surabaya sering berkunjung ke Malang untuk liburan, begitu juga sebaliknya. Namun jangan pusing karena terjebak macet, mendingan mampir ke lokasi wisata dan tempat kuliner yang ada di sepanjang jalur ini. Ada apa saja, ya? Ini dia deretan pemberhentian keren yang bisa kamu kunjungi.

Taman Safari, Prigen

Taman Safari Prigen, Pasuruan
Taman Safari Prigen, Pasuruan [image source]

Salah satu hal yang dipertimbangkan saat menentukan destinasi wisata bersama keluarga adalah apakah tempat tersebut juga ramah untuk anak-anak atau tidak. Taman Safari sebagai andalan wisata Pasuran adalah jawabannya. Sambil bermain, anak-anak pun bisa belajar dan berinteraksi langsung dengan binatang. Selain itu, orang tua pun juga punya kegiatan yang menyegarkan pikiran.

Taman Safari Prigen
Taman Safari Prigen [image source]

Lokasi : Desa Jatiarjo, Prigen, Pasuruan

Taman Dayu

Water Park Taman Dayu
Water Park Taman Dayu [image source]

Taman Dayu adalah kawasan hunian elit yang berada di wilayah Pandaan, Pasuruan. Lokasinya yang berada di pinggir jalan membuat titik ini menjadi resort wisata dan pusat bisnis. Tak hanya sangat memanjakan mata dengan tatanan taman dan bangunannya yang cantik nan artistik, ada juga terbentang luas hamparan hijau untuk golf. Di sepanjang jalan wilayah ini sangat indah dan keren untuk foto-foto. Disediakan juga arena bermain untuk anak-anak dan yang terbaru adalah Water Park yang seru. Setelah lelah, kamu bisa berisitirahat dan makan di Wapo Resto.

Wapo Resto Taman Dayu
Wapo Resto Taman Dayu [image source]

Lokasi : Jalan Raya Surabaya-Malang KM. 48, Pandaan, Bulukandang, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Telepon : (0343) 6741234

Wisata Panci Favorit Ibu-ibu

Wisata Panci Taman Dayu
Wisata Panci Taman Dayu [image source]

Masih di Kawasan Taman Dayu, masuk sedikit lagi kamu akan bertemu dengan wisata panci. Bukan museum yang menceritakan sejarah adanya panci, tapi di sini adalah pusat wisata belanja alat-alat memasak yang murah meriah. Mangkok hingga peralatan dapur lainnya sangat lengkap dan tersedia dalam beragam warna. Wah, ini memang surganya ibu-ibu.

Wisata Panci
Wisata Panci [image source]

Lokasi :  Jl. Raya Surabaya-Malang KM. 48, Dusun Sukorejo, Karang Jati, Pandaan, Karang Jati, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur

Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi
Kebun Raya Purwodadi [image source]

Bagi yang sering berkunjung ke Malang dari arah Surabaya atau Pasuruan, pasti tak asing dengan Kebun Raya Purwodadi yang lokasinya ada pinggir jalan. Akses yang sangat mudah membuat lokasi ini jadi favorit keluarga yang ingin jalan-jalan dengan nuansa pepohonan atau bahkan untuk piknik-piknik lucu dengan pasangan. Taman ini sudah berdiri sejak tahun 1941, lho. Coba deh tanya orang tua, siapa tahu mereka juga sempat kencan di tempat ini semasa muda dulu. Pulangnya bisa mampir ke Bakpao Telo buat camilan dan oleh-oleh yang terbuat dari ubi ungu tersebut, termasuk es krim.

Cone Telo di Bakpao Telo
Cone Telo di Bakpao Telo [image source]

Lokasi : Jl. Raya Malang – Surabaya KM.65, Capang, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur

Masjid Cheng Ho yang Unik

Masjid Cheng Ho
Masjid Cheng Ho [image source]

Mengapa Masjid Cheng Ho disebut unik? Tempat ibadah yang akhirnya juga menjadi destinasi wisata ini didirikan mulai tahun 2003 dengan dukungan para Tionghoa muslim yang ada di Pandaan, Pasuruan. Untuk nama pun mengambil dari Laksamana Cheng Ho, salah satu penyebar agama Islam di Asia. Ada tiga budaya yang membuat tempat ibadah ini kaya dan terlihat sangat keren, yaitu atap pagoda khas Tiongkok, dilengkapi kaligrafi dengan bangunan mirip Joglo. Cantik banget! Jangan lupa untuk mencicipi Kepiting Cak Gundul yang sangat legendaris kenikmatannya. Lokasinya tidak jauh kok dari Masjid Cheng Ho.

Kepiting Cak Gundul
Kepiting Cak Gundul [image source]

Lokasi : Petungasri, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur

Nah, sudah tak perlu bingung lagi kan kalau malas bermacet ria di jalur Malang – Surabaya? Pilihannya banyak, kok. Bagaimana, mana nih yang sudah kamu kunjungi?

Tags
wisata malang surabaya
Share