Destinasi Wisata Halal Paling Menawan di Indonesia

Advertisement
Advertisement

Bagi beberapa pihak, menjadikan Indonesia sebagai wisata halal di dunia itu penting. Menurut studi Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2016, jumlah wisatawan muslim mencapai 117 juta untuk tahun 2015. Di samping itu Indonesia adalah negara dengan mayoritas penganut Agama Islam, maka mewujudkan wisata halal bukanlah susuatu yang mustahil. Terbukti, beberapa destinasi berikut ini digadang-gadang akan lebih ramah untuk para muslim. Apa saja ya?

1. Lombok

Masjid di Lombok [image source]

Terkejut dengan Lombok yang bertetangga dengan Bali masuk dalam rekomendasi wisata Halal terbaik Indonesia? Jangan salah, ternyata daerah tersebut juga dikenal dengan Negeri Seribu Masjid. Kamu pasti bisa menebak alasannya, kan? Ya benar, ada banyak tempat ibadah bagi muslim, sehingga liburan di Lombok akan memberikan kenyamanan tersendiri. Kamu juga tidak perlu khawatir soal kuliner.

Wisata di Lombok [image source]

Sebagian besar justru terjamin kehalalannya. Coba saja datang ke Jalan Raya Kuta No. 5, kamu akan menemukan El Bazar. Sebuah restoran dengan menu halal super enak. Prestasi ini juga diikuti dengan beberapa objek wisata Lombok seperti Meninting dan Mandalika. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB mengaku telah merencanakan dua tempat itu sebagai spot halal. Di mana area pantai akan dipisah antar laki-laki dan perempuan.

2. Sumatera Barat

Berkunjung ke Istana Pagaruyung
Berkunjung ke Istana Pagaruyung [image source]

Wisata Halal adalah sebuah konsep pariwisata yang menekankan pada penerapan syariah dalam pengelolaan suatu tempat. Mulai dari kuliner hingga akomodasi. Bahkan cara ini juga harus diikuti dengan peniadaan hiburan-hiburan yang tidak sesuai dengan Islam. Pandangan wisata halal saat ini sudah mulai nampak pada beberapa tempat di Sumatera Barat, termasuk Bukittinggi.

Masjid Sumatera barat [image source]

Alam yang indah berlembah-lembah didukung dengan tersedianya makanan halal di mana-mana, bahkan Masjid juga mudah kamu temukan. Sebagai seorang muslim, kamu pasti mendapatkan ketenangan bila bertandang ke Sumatera Barat. Jika ingin bermalam di tempat yang Islami bisa memilih Hotel Alifa Syariah di Jl. Bandar Purus No.29, Padang.

3. Riau

Wisata Halal di Riau [image source]

Penerapan Wisata Halal Riau dilakukan di berbagai tempat khususnya di Kota Pekanbaru. Bahkan pemerintah setempat dibantu dengan banyak pihak mulai berbenah diri. Selain menyedikan tempat makan yang bersertifikat halal, juga menghimbau fasilitas akomodosi untuk menyediakan kolam renang yang terpisah antara laki-laki dan perempuan.

Masjid di Riau [image source]

Bahkan di dalam kamar disediakan Al-Quran dan memiliki tempat sholat. Penginapan yang menerapkan konsep syariah adalah Rafana hotel. Sedangkan makanan halal tersebar hampir di seluruh Riau, salah satunya adalah Rumah Makan Pak Abas di Jl. Jend Sudirman Bundaran Simpang Tiga, Pekanbaru.

4. Banyuwangi

Pulau Santen [image source]

Baru-baru ini muncul objek wisata halal di Banyuwangi, yaitu Pulau Santen. Dulunya boleh jadi terkenal sebagai lokalisasi, namun sekarang buang jauh-jauh anggapan seperti itu. Datanglah langsung ke Karangrejo, kamu akan dibuat kagum dengan penerapan konsep syariah yang berhasil melambungkan namanya.

Pulau Santen [image source]

Namanya juga wisata halal, maka area untuk laki-laki disediakan terpisah dengan perempuan. Jangan iri, karena semuanya indah dan cantik. Kerennya lagi wisata banyuwangi lain seperti Pantai Boom dan penangkaran penyus bisa ditempuh dengan perjalanan sejauh  2,4 km, seharian di Banyuwangi banyak destinasi terlampaui.

Selain empat wisata halal di atas, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata beberapa waktu lalu juga menetapkan beberapa daerah lain sebagai alternatif yang tidak kalah menarik. Sebut saja Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, dan Makassar. Tentu konsep wisata halal tidak hanya bermanfaat untuk muslim, tapi juga penganut agama lain. Jadi, ingin mulai wisata syariah dari mana?

Advertisement
Tags
wisata banyuwangi wisata halal wisata lombok wisata riau
Share