Destinasi Wisata Gratis di Melbourne, Keliling Negeri Kanguru dengan Hemat

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Luar Negeri

Traveling merupakan salah satu gaya hidup yang kadang membutuhkan biaya tidak sedikit. Apalagi jika harus mengeluarkan biaya tak terduga. Selain itu, rancangan dan kenyataan di lapangan memang berbeda. Tenang saja, masih ada banyak tempat keren yang tak perlu bayar. Teman Traveler dapat menikmati beberapa destinasi wisata gratis di Melbourne. Untuk menghindari biaya yang semakin membengkak, tempat ini dapat menjadi opsinya.

National Gallery of Victoria

National Gallery of Victoria via instagram//plasticbagify

National Gallery of Victoria terletak di St Kilda Road. Tempat ini mengalami pembangunan serta ren dan dibuka kembali pada akhir 2003. Gedung ini dibangun kembali oleh Mario Bellini, seorang arsitek asal Italia. National Gallery Victoria memiliki koleksi seni yang beragam serta fasilitas seperti lokakarya, pemutaran film, pertunjukan teater, hingga kegiatan anak-anak. Galeri ini  termasuk wisata gratis di Melbourne kecuali sedang ada pameran khusus di dalamnya.

State Library Victoria

State Library Victoria via instagram/yzesk

Sebagai landmark Melbourne dan ikon budaya, perpustakaan ini berada di bangunan abad ke-19 yang megah. La Trobe adalah ruang baca yang memiliki kubah megah. Perpustakaan ini memiliki koleksi lebih dari dua juta buku, ratusan ribu gambar, koran, peta, hingga manuskrip. Teman Traveler juga dapat menikmati karya seni pada beberapa galeri seperti Galeri Keith Murdoch, Galeri Cowen, dan Galeri Dome.

Melbourne’s Graffiti Art

Hosier Lane Melbourne via instagram/tokie.tanaka.328

Melbourne dikenal dengan karya seni jalanannya yang penuh dengan warna serta ide-ide yang kreatif. Hal tersebut juga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Terdapat beberapa titik untuk menikmati seni jalanan di kota ini. Seperti Hosier Lane yang ikonik, ACDC Lane sebagai tribut untuk band rock asal Australia, Union Lane, dan Yarra Place. Jika mencari wisata gratis di Melbourne, tempat ini bisa menjadi salah satu jawabannya.

St. Kilda Beach

Pantai St. Kilda via instagram/felishian

Pantai St. Kilda tak sulit untuk diakses, Teman Traveler cukup menempuh beberapa menit perjalanan dari CBD Melbourne dengan menggunakan trem. Aktivitas seperti jalan kaki, jogging, dan rollerblade semuanya dapat dilakukan di tepi pantai. Sementara aktivitas air seperti kitesurfing dan windsurfing juga dapat dilakukan di Pantai St. Kilda. Masalah kuliner pun tak sulit untuk ditemukan. Pada tepi pantainya berjajar bar dan restaurant yang dapat disinggahi.

Queen Victoria Market

Queen Victoria Market via instagram/hannahpallot

Queen Victoria Market tak sekedar lokasi yang menjadi pusat perbelanjaan. Kawasan ini juga dihiasi oleh bangunan bersejarah, objek wisata, dan landmark Melbourne. Di sini Teman Traveler dapat menemukan semuanya mulai dari buah, sayuran, fashion dan benda-benda lain. Pasar ini juga termasuk salah satu destinasi wisata yang termasuk dalam Heritage Site of Australia. Queen Victoria Market beroperasi lima hari dalam seminggu.

Traveling ke luar negeri tak selalu menjadi kegiatan yang menguras kantong. Semua dana dapat digunakan secara optimal jika Teman Traveler tahu tempat mana yang harus dituju. Jangan lupa coba empat lokasi di atas ya jika berkunjung ke Melbourne.