Sarangeui Oppa, Citarasa Korea Otentik di Sleman

Annyeong haseyo, kalian pecinta drama Korea? Tentu kalian pernah menonton aktor kesayangan sedang makan begitu lahap, hingga membuat penasaran akan kelezatan kuliner negeri ginseng. Nah bagi yang sedang berada di Jogja, tak perlu lagi bertanya-tanya karena kini sudah ada Sarangeui Oppa.

Berada di daerah Sleman, kedai ini tengah populer di kalangan anak muda. Banyak menu Korea menggugah selera dan uniknya lagi, dimasak langsung oleh ‘Oppa’ asli Korea. Penasaran? Mari kita simak ulasan menunya dari kontributor Travelingyuk, Annisa NCSaputri.

1. Bibimbap

Bibimbap via Instagram sarangeui_oppa
Bibimbap via Instagram sarangeui_oppa

Pecinta K-drama tentu tak asing dengan nasi campur satu ini. Isian Bibimbap bisa bermacam-macam, namun kedai ini menggunakan nasi, sayuran, irisan daging sapi, dan telur. Sementara sayurannya terdiri dari wortel, bayam, tauge, labu, dan jamur.

Bibimbap juga berisi telur setengah matang, namun Teman Traveler bisa membuat permintaan khusus jika kurang berselera. Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan pasta Gochujang yang bercitarasa pedas. Teman Traveler bisa mencicipi menu ini di Sarangeui Oppa.

Tampilan bibimbap yang menggoda via Instagram sarangeui_oppa
Tampilan bibimbap yang menggoda via Instagram sarangeui_oppa

Bibimbap berasal dari kata ‘bi-bi-da’ yang berarti mencampur dan ‘bab’ berarti nasi. Dengan kata lain, untuk mendapat rasa maksimal kita wajib mencampurkan semua bahan. Harga seporsinya dibandrol Rp20 ribu saja. Tersedia pula versi ‘hot’ bagi yang menyukai citarasa pedas.

2. Ramyun

Hot ramyun via Instagram sarangeui_oppa
Hot ramyun via Instagram sarangeui_oppa

Menu di Sarangeui Oppa lainnya adalah ramyun. Jika Jepang punya ramen maka Korea punya ramyun. Teksturnya kenyal dan kuahnya terasa pedas menyegarkan. Semakin nikmat dengan telur sebagai pelengkap.

Para penggemar rasa pedas bisa memesan Hot Ramyun, kuahnya bakal terasa lebih nikmat jika disantap di tengah udara dingin. Seporsi ramyun ditawarkan dengan harga Rp15 ribu, sementara Hot Ramyun bisa ditebus seharga Rp17 ribu saja.

Nuclear Rabboki via Instagram sarangeui_oppa
Nuclear Rabboki via Instagram sarangeui_oppa

Selain dua varian tersebut, sebenarnya masih ada Rabboki yaitu ramyun yang disajikan bersama tteoboki dan eomuk. Pastinya bakal mengenyangkan karena tersaji dengan tambahan lauk tteok dan bakso ikan (eomuk). Harganya bervariasi, mulai Rp25 ribu hingga Rp27 ribu. Tersedia pula varian rasa pedas bagi para penggemar cabai.

3. Korean Chicken

Korean Chicken via Instagram sarangeui_oppa
Korean Chicken via Instagram sarangeui_oppa

Menu populer lain adalah ayam krispi dengan saus khas Korea. Menggunakan bahan sayap ayam, sajian ini terasa renyah di luar namun juicy di dalam. Teman Traveler wajib mencoba jika kebetulan datang ke Sarangeui Oppa.

Pilihan sausnya beragam, mulai dari tidak pedas hingga sangat pedas. Bagi yang kurang doyan dengan pedas, bisa memesan Ganjang Chicken atau rasa saus manis asin. Sementara bagi para pencinta cabai pedas, Samyang Buldak Chicken bisa jadi pilihan.

Saus otentik ala Korea via Instagram sarangeui_oppa
Saus otentik ala Korea via Instagram sarangeui_oppa

Seporsi Korean Chicken berkisar antara 25 hingga 30 ribu rupiah, tergantung rasa. Selain dua rasa di atas, masih ada rasa seaweed (rumput laut), sogeum (garam lada), dakgangjeong (pedas manis), yangnyeom (asam manis), dan honey butter (madu dan mentega).

4. Chicken Cola Party

Chicken Cola Party via Instagram sarangeui_oppa
Chicken Cola Party via Instagram sarangeui_oppa

Datang beramai-ramai? Chicken Cola Party adalah menu paling pas untuk disantap bersama. Porsinya lumayan besar dan berisi Korean Chicken, French Fries, Tortilla Chips, serta minuman Cola ukuran besar.

Korean Chicken-nya bisa disajikan dengan beragam saus berbeda sesuai selera. Dengan harga Rp125 ribu, paket ini bisa dinikmati hingga empat orang. Lebih seru dan hemat pastinya.

5. Kimchi Sujebi

Kimchi Sujebi via Instagram sarangeui_oppa
Kimchi Sujebi via Instagram sarangeui_oppa

Kimchi Sujebi hadir dengan kuah menyegarkan, menggunakan kaldu ikan dan tambahan isian seperti eomuk (bakso ikan), kentang, dan rumput laut. Sensasi hangat dan nikmatnya sangat cocok dinikmati ketika hari hujan atau cuaca sedang dingin. Seporsi kimchi lezat ini bisa dinikmati dengan harga Rp23 ribu saja.

6. Tteobokki

Tteobokki via Instagram sarangeui_oppa
Tteobokki via Instagram sarangeui_oppa

Makanan ringan satu ini sudah tak asing di kalangan penggemar budaya Korea. Tteobokki atau kue beras biasanya disajikan sebagai pendamping sajian berat. Teksturnya lembut dan kenyal, dibuat langsung oleh chef dari negeri ginseng. Pastikan kamu mencoba ini saat berkunjung ke Sarangeui Oppa, ya.

Tteobokki via Instagram sarangeui_oppa
Tteobokki via Instagram sarangeui_oppa

Selain kue beras, ttteobokki juga hadir bersama bakso ikan dan saus pedas manis. Seporsinya dibandrol seharga Rpp20 ribu.

Itulah tadi beberapa menu rekomendasi di Saranguei Oppa yang bisa Teman Traveler coba jika kebetulan berkunjung ke Jogja. Lokasi restorannya ada di Jl Gurameh no 1, Minomartani, dan mereka buka antara jam satu siang hingga pukul sembilan malam. Selamat berkuliner, chingudeul!

Tags
Indonesia Jogja kuliner kuliner korea Travelingyuk Wisata Kuliner
Share