Wisata dengan Mitos Enteng Jodoh di Jawa, Jomlo Yuk Bergegas Eksplore

Masing-masing orang tentunya punya tujuan traveling berbeda-beda. Mulai dari melepas penat, kumpul dengan teman, sampai perihal jodoh. Rupanya memang ada destinasi wisata dengan mitos enteng jodoh di Jawa. Penasaran di mana saja? Yuk, simak ulasan Travelingyuk berikut.

Pohon Jodoh, Bogor, Jawa Barat

Pohon Jodoh, via Instagram/endangtrisnautami
Pohon Jodoh, via Instagram/endangtrisnautami

Lokasi cantik pertama adalah Pohon Jodoh yang berada di Bogor, Jawa Barat. Di sini tumbuh pohon yang sudah berusia sekitar 100 tahun. Dinamai demikian lantaran ada dua pohon yang sangat mirip, namun berbeda jenis, Meranti dan Beringin.

Dari zaman Belanda, Pohon Jodoh dipercaya mampu mendatangkan pasangan denga cepat. Di bawah pohon ini terdapat bangku, konon jika kamu duduk di sana bersama dengan lawan jenis, akan menjadi pasangan kekasih dan langgeng sampai menjadi suami istri.

Air Terjun Sekar Langit, Magelang, Jawa Tengah

Air Terjun Sekar Langit, via Instagram/sandratefaaaa
Air Terjun Sekar Langit, via Instagram/sandratefaaaa

Apakah Teman Traveler sebelumnya pernah mendengar legenda Jaka Tarub? Nah, wisata di Jawa dengan mitos enteng jodoh selanjutnya adalah Air Terjun Sekar Langit. Konon air terjun ini merupakan lokasi Jaka Tarub mencuri selendang bidadari saat mandi. Meskipun belum tahu kebenarannya, banyak masyarakat setempat yang percaya hal tersebut.

Lokasi Air Terjun Sekar Langit berada di lereng Gunung Telomoyo, Magelang. Tempatnya begitu asri dan kerap jadi destinasi wisata. Banyak orang yang percaya jika datang ke sini akan dilancarakan urusan percintaanya.

Umbul Juprit, Temanggung, Jawa Tengah

wisata enteng jodoh Jawa
Umbul Jumprit, via Instagram/fendysuryadhana

Berikutnya adalah Umbul Juprit yang berada di Temanggung, Jawa Tengah. Di sini tersedia mata air yang tak pernah kering, di mana pengunjung biasanya mandi atau berendam. Tempat ini juga kerap jadi lokasi ziarah. Konon, datang ke sini dan mandi akan enteng jodoh. Tidak hanya itu saja, konon juga membuat tubuh jadi awet muda.

Tanjakan Cinta, Semeru, Jawa Timur

wisata enteng jodoh Jawa
Tanjakan Cinta, via Instagram/algiipratama

Satu lagi wisata yang begitu kondang dengan mitos enteng jodoh, yakni Tanjakan Cinta di Semeru, Jawa Timur. Tempat ini merupakan jalan setapak menuju bukit dengan kemiringan 45 derajat, lokasinya setelah Ranu Kumbolo menuju ke Oro-oro Ombo. Mitosnya, kamu yang melewati Tanjakan Cinta tanpa menolah ke belakang akan berjodoh dengan orang yang dekat sekarang dan cintanya akan abadi.

Percaya atau tidak, namun banyak orang sudah mencoba mengunjungi wisata di Jawa dengan mitos enteng jodoh. Jadi, kapan kamu mau berkunjung?

Tags
Indonesia Jawa Wisata Wisata enteng jodoh Jawa
Share