Jangan ke Sini Waktu Valentine, Mitosnya Bikin Hubungan Tak Langgeng

febri rama

febri rama

On Indonesia

Liburan ke tempat wisata yang dikemas dalam sebuah perjalanan romantis harusnya bisa membuat kualitas hubungan bertambah mesra. Apalagi berangkatnya bertepatan dengan momen Valentine. Tapi tunggu dulu, ternyata tidak semuanya begitu. Ada cerita tentang pasangan-pasangan yang justru bubar di tengah jalan setelah berkunjung ke beberapa lokasi. Travelingyuk telah menghimpun beberapa informasi mengenai wisata dengan mitos yang bikin hubungan kandas.

1. Coban Rondo

Labirin Coban Rondo
Labirin Coban Rondo [image source]
Air Terjun di Malang ini adalah destinasi wisata andalan. Kawasannya dilengkapi dengan bumi perkemahan hingga tempat menginap. Ada juga labirin dan kafe outdoor di antara hutan pinus. Ternyata di balik ketenarannya, Coban Rondo diselimuti dengan mitos dan legenda tentang Dewi Anjarwati yang menjadi janda, atau rondo dalam bahasa jawa, di lokasi air terjun. Hal ini diakibatkan karena suaminya tewas usai bertarung dengan Joko Lelono, pria yang berniat menjadikan Anjarwati sebagai istri. Itulah mengapa ada kepercayaan jika datang ke sini dengan pacar atau pasangan akan membuat hubungan tak langgeng.

Labirin Coban Rondo
Labirin Coban Rondo [image source]

2. Tanjakan Cinta

Tanjakan Cinta
Tanjakan Cinta [image source]
Pernah nonton Film 5 CM? Karya sutradara Rizal Mantovani ini membuat Semeru semakin terkenal. Banyak orang yang semula bukan pendaki, tiba-tiba punya niatan untuk bertandang ke gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut. Tentunya tidak hanya ingin sampai di puncak, tapi juga mau melihat indahnya Danau Ranu Kumbolo.

Tanjakan Cinta
Tanjakan Cinta [image source]
Di sekitarnya terdapat Tanjakan Cinta, jalur menanjak yang konon katanya juga bisa membuat hubungan berakhir. Jika tidak ingin mengalaminya, maka pendaki tidak boleh menoleh ke belakang hingga sampai di puncaknya. Mitos ini dipercaya muncul karena ada cerita tentang wanita yang jatuh hingga meninggal di lokasi karena ditinggal oleh pasangannya yang berjalan duluan.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan [image source]
Cerita Roro Jonggrang tidak bisa dilepaskan dari Candi Prambanan, tempat wisata sejarah yang berada di Kabupaten Sleman. Legendanya, Jonggrang sengaja meminta seribu candi dalam semalam kepada Bandung Bondowoso sebagai syarat pinangan. Namun, Roro Jongrang ternyata mengkhianatinya sehingga Bandung Bondowoso melontarkan kutukan. Cerita inilah yang dianggap sebagai cikal bakal munculnya mitos bahwa pasangan yang datang ke Prambanan akan berakhir dengan perpisahan.

Prambanan
Prambanan [image source]

 4. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor [image source]
Kebun Raya Bogor adalah tempat yang sejuk dengan berbagai tanaman cantik. Datang ke sini saat Valentine pasti menyenangkan. Namun, tempat wisata yang bersejarah ini konon juga bisa membuat hubunganmu dengan si dia hancur berantakan. Hal itu karena ada mitos seputar pohon jodoh. Kabarnya jika pengunjung yang masih lajang duduk di bawahnya, maka akan segera mendapat jodoh. Namun untuk yang sudah berpasangan justru hubungannya akan berakhir.

Pohon Jodoh
Pohon Jodoh [image source]
Itulah beberapa tempat dengan mitos seputar hubungan percintaan. Meski ceritanya mengerikan, tapi kabar tersebut hanyalah mitos yang belum terbukti kebenarannya. Tentu saja langgeng tidaknya sebuah hubungan tergantung yang menjalaninya. Jadi, untuk merayakan Valentine tahun ini kamu mau liburan ke mana?