Menjelajahi 6 Wisata di Tapanuli, Wujud Keindahan Sumatera Utara

Advertisement

Tapanuli merupakan kawasan yang berada di Sumatera Utara dan terbagi menjadi tiga kabupaten yaitu Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Tapanuli Selatan. Terdapat banyak objek wisata alam yang sangat indah di Tapanuli.

Saya dan teman-teman memulai perjalanan dari Medan untuk menjelajahi destinasi yang keren dan hits. Penasaran dengan spot-spot wisata mana saja yang kami kunjungi? Mari kita simak!

1. Pantai Pandan, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

img_20170719_165934_LOH.jpg
Pantai Pandan (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Saya dan teman-teman dari Medan menuju Pantai Pandan di Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah. Kami berkeliling melihat indahnya pemandangan sambil menikmati teriknya cuaca khas pantai.

Di sini juga tersedia tempat kuliner lezat yang dapat Teman Traveler santap jika sudah lelah berkeliling. Salah satu makanan khas yang wajib dicoba di sini adalah ikan gulai.

2. Pulau Putri, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

pano_20170720_135328_R9H.jpg
Pulau Putri (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Pulau Putri menjadi salah satu wisata yang wajib dikunjungi jika Teman Traveler sedang berada di Kota Sibolga. Area ini menawarkan pemandangan alam elok yaitu hamparan pasir putih dan birunya air laut yang dapat membuat mata Teman Traveler tak berkedip.

img_20170720_114021_0Zz.jpg
Sudut Keindahan Lain Pulau Putri (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Jarak yang harus ditempuh dari pelabuhan Sibolga menuju ke Pulau Putri adalah sekitar 1 jam. Untuk dapat sampai ke sini, Teman Traveler dapat menyewa satu kapal dengan biaya sekita Rp1,2 jutaan, mengantarkan ke Pulau Putri dan Pulau Poncan. Keduanya memiliki perjalanan yang searah, jadi dalam 1 hari Teman Traveler dapat mengunjungi dua pulau sekaligus.

img_20170720_105847_hdr_kma.jpg
Pulau Putri (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Di sini teman traveler dapat melakukan berbagai aktivitas pantai seperti snorkeling, berenang, camping atau hanya sekadar mengabadikan momen dengan berfoto. Setiap sudut pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa, dapat mendukung hasil foto menjadi semakin keren. 

3. Pulau Poncan, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

img_20171211_wa0028_1__Utf.jpg
Pulau Poncan (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Lokasi destinasi ini tidak jauh dari Pulau Putri, dekat pula dengan pelabuhan Sibolga. Sama seperti Pulau Putri, Poncan memiliki panomara indahnya lautan biru dan hamparan pasir putih.

Banyak sekali pepohonan dan bangku-bangku yang disediakan untuk bersantai melihat pemandangan sambil menikmati angin sepoi-sepoi khas pantai. Di Pulau Poncan juga terdapat tempat menginap dan taman bermain untuk para wisatawan.

4. Aek Sijorni, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara

img_20170721_140758_OW2.jpg
Aek Sijorni (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Aek Sijorni ini memiliki makna “air jernih” yang merupakan objek wisata air terjun populer. Airnya sangat segar dipadukan dengan banyaknya pepohonan kelapa yang berdiri kokoh menjadi suasana yang pas untuk bisa menikmati keindahan alam di sini.

img_20170721_133820_CrA.jpg
Segarnya Pemandangan Aek Sijorni (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Untuk dapat sampai ke tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Kota Padang Sidempuan. Spot wisata ini berada di tepi jalan, sehingga Teman Traveler yang ingin ke sini bisa menaiki transportasi umum.

5. Tor Simago Mago, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara

pano_20170722_161746_Mfj.jpg
Tor Simago Mago (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Bukit indah yang terletak di Tapanuli Selatan atau lebih tepatnya di inti Kota Sipirok ini menjadi destinasi unggulan daerah ini. Spot wisata ini menawarkan keindahan alam terbuka dan perbukitan dengan tumbuhan ilalang di atas bukit.

pano_20170722_161142_MNo.jpg
Pemandangan yang Ditawarkan (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Tidak mudah untuk sampai ke puncak bukit. Apalagi bila Teman Traveler tidak biasa mendaki, maka akan merasa sangat kelelahan. Tapi jika sudah sampai di atas, dijamin akan lupa semua rasa lelah dan berganti rasa takjub dengan pendangan hijau yang tersaji.

6. Tor Sibohi Nauli, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara

pano_20170722_125322_SLP.jpg
Hotel Tor Sibohi Nauli (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Tempat ini merupakan salah satu hotel terkenal yang terletak di Tapanuli Selatan. Wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Sipirok biasanya bermalam di sini.

pano_20170722_124829_6pf.jpg
Tor Sibohi Nauli (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Tapi tidak hanya untuk menginap, hotel ini juga bisa dikunjungi oleh wisatawan demi menikmati nuansa alam dan budayanya. Pemandangan yang ditawarkan tempat ini sangat menawan dan terdapat banyak spot berfoto.

Jadi, apakah Teman Traveler ingin mengunjungi spot-spot wisata di Tapanuli yang telah kami kunjungi? Pasti jawabannya ‘ya’. Kemanapun kita pergi, selalu jaga alam dan lingkungan, ya. Jangan buang sampah sembarangan!

Advertisement
Tags
Indonesia kontributor Sumatera Utara tapanuli Travelingyuk Wisata Wisata di Tapanuli
Share