Menelusuri Wisata di Kotagede, Destinasi Terselubung Dibalut Romantika Sejarah

Keberadaan Kotagede tak bisa dipisahkan dari sejarah panjang Kesultanan Mataram. Fakta tersebut ditunjukkan dengan beberapa peninggalan sejarah yang kini populer di kalangan wisatawan. Salah satunya adalah Masjid Gedhe Mataram yang ramai dikunjungi. Namun, romantisme sejarah bukan hanya di satu titik. Masih ada beberapa lokasi yang tak kalah menarik. Apa saja wisata di Kotagede ini? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, MS Fitriansyah.

Makan Raja-raja Mataram

Makam Raja-Raja Mataram (c) MS Fitriansyah
Makam Raja-Raja Mataram (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Makam Raja-raja Mataram merupakan salah satu wisata di Kotagede yang berada satu kompleks dengan Masjid Gedhe Mataram. Saat memasuki area ini, Teman Traveler akan disambut tembok dan gapura besar dengan arsitektur Hindu. Tembok tersebut memisahkan antara kompleks makam dengan pemukiman warga sekitar. Area kompleks juga dikelilingi pepohonan besar yang usianya diperkirakan ratusan tahun.

Masjid Gedhe Mataram (c) MS FItriansyah
Masjid Gedhe Mataram (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Di kompleks tersebut merupakan pemakaman Raja Islam pertama, Panembahan Senopati beserta keluarganya. Untuk berziarah Teman Traveler hendaknya memerhatikan beberapa hal, seperti dilarang mengambil gambar, memakai pakaian adat Jawa yang sudah disediakan serta tidak boleh menggunakan perhiasan emas. Menarik bukan?

Heritage Conservation Omah UGM

Omah UGM (c) MS Fitriansyah
Omah UGM (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Kotagede menjadi salah satu daerah yang terdampak gempa 2006 silam. Bencana tersebut merusak beberapa rumah dan peninggalan zaman dulu. Dari sinilah Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki inisiatif membeli salah satu rumah tradisional di Jagalan Kotagede. Rumah tersebut menjadi pusat gerakan pusaka UGM yang berupaya untuk mengembangkan komunitas lokal dalam daerah pusaka.

Nantinya, program tersebut akan menitikberatkan pada pembangunan ekonomi masyarakat melalui pengembangan pusaka benda dan tak benda. Di area wisata Jogja ini, Teman Traveler akan menemukan beberapa koleksi berupa perlengkapan rumah tangga hingga miniatur bangunan.

Bangunan Bersejarah di Kawasan Padat Penduduk

Bnagunan bersejarah di pemukiman padat penduduk (c) MS Fitriansyah
Bnagunan bersejarah di pemukiman padat penduduk (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Cobalah untuk berjalan menikmati suasana Kotagede. Tak jauh dari Masjid Gedhe Mataram akan menemukan pemukiman penduduk yang padat. Bahkan aksesnya hanya berupa gang kecil. Kendati demikian, beberapa di antaranya menyimpan sejarah panjang.

Bangunan bersejarah seperti Langgar Dhuwur, Rumah Pesik, hingga Rumah Pocong Sumi bisa menjadi alternatif jika liburan ke wisata kota tua di Jogja. Selain memiliki nilai sejarah yang panjang, bangunan tersebut bisa menjadi begitu spot foto keren lho.

Kotagede menyuguhkan destinasi berupa peninggalan kuno yang sayang untuk dilewatkan. Jarak yang tak terlalu berjauhan akan menjadi nilai tambah. Cukup berjalan kaki, Teman Traveler bisa menikmati beberapa destinasi menarik di sini. Bagaimana, sudah liburan ke sini belum?

Tags
Indonesia Jogja kotagede Travelingyuk wisata jogja Yogyakarta
Share