Wisata Arung Jeram, Yuk Cobain Liburan Seru nan Menantang

Teman Traveler ingin coba sesuatu yang beda kala liburan? Wisata arung jeram bisa jadi pilihan tepat. Aktivitas outdoor ini ampuh untuk menjaga kekompakan sekaligus memberikan sensasi menyatu dengan alam. Penasaran? Yuk, simak beberapa tips melakukan arung jeram berikut ini.

Makin Seru Saat Hujan

alex_dukhanov_zxzqk7777r4_unsplash_ykz.jpg
Ilustrasi musim hujan via Unsplash

Tahukah Teman Traveler, musim hujan bisa jadi waktu terbaik untuk menjajal arung jeram. Tidak perlu takut, asalkan dilakukan sesuai prosedur dan didampingi instruktur berpengalaman. Musim hujan justru bakal bikin semuanya makin seru. Aliran sungai akan semakin deras dan menantang lho.

Ada sungai yang mengering saat musim kemarau, namun ada juga yang masih stabil dan aman saat musim hujan. Masing-masing punya karakteristik sendiri, seperti di Jogja atau Malang. Terpenting, konsultasi lebih dulu dengan pihak operator. Jika mereka tak ragu memberikan konfirmasi, Teman Traveler jangan sampai risau ya.

Tak Perlu Khawatir Berlebihan

cynthia_andres_0dibkeadw8a_unsplash_B7I.jpg
Didampingi pemandu via Unsplash

Hal lain yang perlu Teman Traveler ingat adalah jangan terlalu merasa risau. Meski belum pernah mencoba arung jeram sebelumnya, tidak perlu khawatir berlebihan. Bakal ada perwakilan operator yang mendampingi kalian. Mereka bakal mengutamakan keamanan dan keselamatan para tamu. Jika kondisi sungai dirasa tak memungkinkan, mereka pasti bakal memberikan informasinya pada kalian.

Jangan sampai kekhawatiran berlebih menghambat liburan Teman Traveler. Selama kegiatan berlangsung, jangan lupa untuk terus mematuhi SOP atau standar keamanan yang ada. Kenakan peralatan seperti pelampung dan helm dengan benar.

Kapan Waktu yang Tepat?

dapo_oni_64tvc0a2_xq_unsplash_VIG.jpg
Ilustrasi pagi hari via Unsplash

Lantas kapan saat terbaik untuk menjajal arung jeram? Untuk menyiasati cuaca buruk, ada baiknya Teman Traveler menjajal aktivitas ini di pagi hari. Namun bukan berarti siang dan sore tidak boleh ya. Jika pemandu mengatakan aman, maka tenang saja. Mereka pasti sudah memeriksa debit air hingga kecepatan arus sungai yang akan dilewati.

jason_rost_tnhzci7riws_unsplash_lx7.jpg
Ilustrasi arung jeram via Unsplash

Itulah sekilas ulasan mengenai wisata arung jeram, kegiatan seru yang bisa Teman Traveler coba untuk mengisi liburan akhir pekan ini. Bagaimana, adakah di antara kalian yang siap menjajal serunya menjelajah arus sungai?

Tags
kontributor tips dan inspirasi Travelingyuk
Share