4 Wisata Alam Sulawesi Selatan yang Tak Boleh Dilewatkan

Sulawesi Selatan mempunyai beberapa kelebihan. Salah satunya adalah potensi alamnya yang sangat mengundang untuk dikunjungi. Kira-kira apa saja ya wisata alam di Sulawesi Selatan yang tidak boleh dilewatkan? Simak ulasan di bawah ini.

Pantai Losari dengan Beragam Atraksi

wisata alam sulawesi selatan
Pantai Losari via instagram/nukiirawan

Pantai Losari merupakan ikon Kota Makassar. Dulunya, wisata ini pernah mendapat julukan sebagai pantai yang mempunyai meja terpanjang di Indonesia, mungkin juga di dunia. Ini dikarenakan adanya warung-warung yang berjejer di sepanjang bibir pantai.

Tetapi sekarang, warung-warung tersebut sudah dipindah ke tempat yang tidak begitu jauh dari Pantai Losari. Langkah tersebut ditempuh oleh Pemkot Makassar agar obyek wisata di Sulawesi ini nyaman dan bersih.

Ada keunikan dan keistimewaan tersendiri dari Pantai Losari, yaitu wisatawan yang berkunjung ke pantai ini dapat melihat pemandangan indah matahari terbit dan terbenam. Selain itu, di kawasan pantai wisatawan juga dapat mencoba berbagai makanan khas makassar, seperti pallu butung, pisang epek, pisang ijo, sop konro, coto makassar, dan sebagainya.

Pulau Tinabo yang Punya Wisata Bahari Keren

Pulau Tinabo via instagram/Sugianto.shu

Pulau Tinabo merupakan salah satu pulau yang ada di kawasan Taman Laut Nasional Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Tempat ini sendiri memang belum seramai destinasi wisata lain yang ada di Indonesia. Lamanya perjalanan menuju lokasi menjadi salah satu alasan kenapa masih banyak wisatawan yang belum mengunjungi tempat ini.

Meski demikian, tempat ini wajib masuk dalam daftar perjalanan Teman Traveler. Masalah keindahan, tentu saja tak kalah dengan destinasi wisata lainnya. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pulau berpasir putih ini. Duduk di tepi pantai sambil menyaksikan matahari terbit atau tenggelam saat sore hari bisa kalian lakukan di sini. Lalu, kalian juga bisa melihat anak ikan hiu berkumpul di tepi pantai pada musim tertentu.

Kawasan wisata ini adalah surga, khususnya bagi yang menyukai aktivitas seperti snorkeling dan diving. Karang dan ikan yang berwarna-warni pun siap memanjakan mata. Selain itu, kawasan wisata ini memiliki karang atom terbesar di Indonesia atau ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa.

Kampung Berua Rammang-rammang yang Tampilkan Panorama Karst

Kampung Berua Rammang-rammang via Muhammad Saadduddin Tenripada/travelingyuk

Kampung Berua merupakan sebuah perkampungan terpencil di Desa Ramang-Ramang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Perkampungan yang terletak di tengah gugusan karst   ini menyimpan kekayaan pengetahuan yang tak ternilai.

Mulai dari pemandangan alam yang sangat indah, adat istiadat, serta kearifan dan kesederhanaan para penghuninya. Tapi, Kampung Berua ini akan lebih banyak menyajikan pemandangan alam di sekitarnya. Ini karena semua sisi dari Kampung Berua dikepung oleh Karst terbesar ketiga di dunia.

Air Terjun Parangloe yang Masih Jarang Dikunjungi

Air Terjun Parangloe via Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Air Terjun Parangloe adalah salah satu wisata alam terindah di Kabupaten Gowa, yang layak untuk Teman Traveler kunjungi saat berlibur ke Provinsi Sulawesi Selatan. Tempat ini masih sangat asri karena jarangnya orang yang datang berkunjung dan akses untuk menuju tempat ini masih cukup sulit. Ini dikarenakan pengunjung harus menuruni jalan setapak yang lebih mirip sebagai jalur air hujan dengan kemiringan 30 sampai 45 derajat. 

Bagi kalian yang ingin mengunjunginya, lebih baik datang ketika musim kemarau. Alasannya karena Air Terjun Parangloe terkenal dengan air bah yang cenderung datang tiba-tiba saat musim hujan.  Selain itu batuan yang menjadi pijakan para pengunjung juga akan lebih licin dari biasanya. 

Itulah wisata alam di Sulawesi Selatan yang tidak boleh dilewatkan. Yuk segera rencanakan liburanmu untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata di atas. 

Tags
Indonesia Sulawesi Selatan Wisata wisata alam sulawesi selatan
Share