Tak Hanya Coto, Makanan Khas Makassar Ini Juga Wajib Dicoba

Salah satu makanan khas Makassar yang paling mudah diingat oleh sebagian orang adalah Coto. Citarasa yang unik dan melekat di lidah membuat sajian ini membuat pecinta kuliner tidak bisa berpaling. Namun, daftar sajian khas Ibukota Sulawesi Selatan ini masih panjang. Inilah 6 masakan khas yang wajib kamu coba saat bertandang ke sini.

1. Sop Saudara, Daging Sapi dengan Kentang

Sop Saudara [image source]
Makanan berkuah ini menjadi salah satu opsi santapan warga makassar selain Coto dan Pallubasa. Terbuat dari campuran daging sapi, kentang goreng yang dibentuk bola kecil, serta bihun. Rumah makan yang menyediakan suguhan ini sangat mudah ditemui, salah satu diantaranya adalah Sop Saudara Irian yang terletak di Jl. Dr. Wahidi Sudiro Husodo No. 40.

Mau coba? [image source]

2. Kapurung, Olahan Sagu Khas Makassar

Kapurung [image source]
Sop dengan olahan sagu dengan tekstur kental dan kenyal ini juga menjadi santapan favorit warga Makassar. Dengan paduan udang, ikan, dan variasi sayuran membuat makanan ini terasa lezat. Kapurung tersedia di beberapa tempat seperti di RM. Aroma Luwu di Jalan. Rajawali No. 24

Menggoyang lidah [image source]

3. Songkolo, Ketan dengan Parutan Kelapa

Songkolo [image source]
Kuliner ini umumnya disajikan pada pagi hari maupun tengah malam dengan embel-embel “Bagadang” dibelakang namanya. Songkolo terbuat dari beras ketan putih/hitam yang dikukus hingga matang dengan tambahan kelapa parut goreng. Warung yang menjajakan masakan ini terletak di Jalan Antang Raya Pannara No.19.

Tersedia hingga tengah malam [image source]

4. Jalangkote, Berbentuk Mirip Pastel

Jalangkote [image source]
Jajanan ini sering menjadi saingan coto sebagai makanan populer dari Makassar. Bentuknya mirip dengan pastel, namun memiliki kulit lebih tipis dan dimakan bersama sambal cuka yang khas. Warung yang terkenal menyediakan kuliner ini terletak di Jalan Lasinrang No.11A.

Tertarik untuk coba? [image source]

5. Nasu Palekko, Sajian Itik Super Pedas

Nasu Palekko [image source]
Nasu Palekko merupakan sajian yang menggunakan itik atau ayam sebagai bahan utamanya. Kuliner ini tak jarang mengundang keringat para penikmatnya karena olahan bumbunya terasa pedas. Masakan ini bisa ditemui di Panakukkang Square Lantai 2, Jalan Adhyaksa Baru 1.

Bikin mandi keringat [image source]

6. Sop Ubi

Sop Ubi Makassar [image source]
Tak perlu lagi menambahkan nasi untuk menyantap makanan ini. Sebab, ubi yang menjadi bahan dasar sajian ini sudah cukup mengenyangkan. Paduan sayuran dan kuah kaldu membuat rasanya menjadi semakin istimewa. Cukup banyak tempat yang menjajakan suguhan ini, salah satunya terletak di Jalan Datumuseng Lorong II No.5.

Bikin nagih [image source]
Cukup banyak makanan yang bisa kamu coba, kan? Siapkan dirimu menjelajahi dunia kuliner di Kota Makassar.

Tags
Indonesia Makassar Sulawesi Selatan
Share