Indahnya Wisata Alam Kalimantan Tengah, Mulai Gunung Hingga Pantai

Kalimantan Tengah yang terkenal dengan budayanya yang kental, ternyata punya keistimewaan lain. Di mana wisata alam di Kalimantan Tengah tak kalah indahnya dibandingkan dengan destinasi ternama lainnya. Kalau tidak percaya, Traveling Yuk buktikan dengan ulasan di bawah ini.  

Gunung Usung

wisata alam kalimantan tengah
Gunung Usung via instagram/ kamera_balingbaling

Terletak di Kabupaten Murung Raya, Gunung Usung merupakan salah satu wisata alam yang paling dikenal masyarakat. Mendakinya merupakan suatu aktivitas yang menantang adrenalin. Selain terjal, medannya cukup berat dan dipenuhi semak belukar. Namun, hal ini tidak mengurangi minat masyarakat untuk menaklukkannya.

Para milenial gemar menghabiskan akhir pekan di sini, dengan berkemah di tanah lapang di kaki bukit. Tengah malam, barulah mereka beranjak ke puncak untuk menunggu matahari terbit. Dari atas Gunung Usung, tampak Sungai Barito membentang sejauh 900 km, dan desa-desa yang berada di sekitar bukit. Pemandangan itulah yang paling dicari-cari ketika mendaki ke Gunung Usung.

Air Terjun Tosah

wisata alam kalimantan tengah
Air Terjun Tosah via instagram/ nevibambang_

Masih di Kabupaten Murung Raya, masih ada lagi tempat wisata yang harus dikunjungi. Yaitu Air Terjun Tosah yang merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan. Dikarenakan letaknya yang tak jauh dari pusat kota dan pemandangannya dapat memanjakan mata. Keunikan dari air terjun ini, di bawahnya terdapat kolam alami dengan bentuk bertingkat.

Jika ingin berkunjung ke sini, lebih baik cari hari selain Sabtu atau Minggu. Alasannya di hari tersebut, jumlah wisatawan yang datang sangat berlipat-lipat. Lalu, untuk masuk ke objek wisata alam ini, Teman Traveler ditarik biaya sebesar Rp10 ribu per orangnya.

Kereng Bangkirai

Kereng Bangkirai via instagram/ mcp.pky

Melipir ke Kecamatan Sabangau, Palangka Raya, ada sebuah dermaga cantik bernama Kereng Bangkirai. Dermaga Kereng Bangkirai merupakan pintu gerbang utama menuju kawasan Taman Nasional Sebangau. Dan juga menjadi lokasi penelitian Gambut yang dikelola oleh CIMTROP. Karena banyak masyarakat yang datang berkunjung ke sana, akhirnya pemerintah setempat menjadikan dermaga tersebut sebagai objek wisata.

Wahana wisata yang ada di Dermaga Kereng Bangkirai yaitu sepeda bebek air, susur sungai, wisata ke Batu Ampar, dan masih banyak lainnya. Biaya yang dikenakan untuk wahana wisata tidak terlalu menguras kantong, berkisar antara lima ribu hingga dua puluh ribu saja.

Ada beberapa fasilitas yang tersedia, seperti gazebo, panggung berbentuk bundar dan tersedia tempat foto selfie yang dibuat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat dan berkunjung ke Sungai Koran untuk tracking ke dalam hutan selama kurang lebih 30 menit dan setelah itu menuju ke Batu Ampar.

Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran via instagram/ sifaummuwafa

Kita geser lagi ke wilayah Kota Waringin Timur yang terdapat pantai dengan nama Ujung Pandaran. Mempunyai pasir putih dengan butiran-butirannya yang sangat halus. Ada juga barisan pohon nyiur, jika dilihat dari kejauhan seolah-olah memagari pantai. Lalu, tak lupa juga ada beragam biota laut yang melengkapi Pantai Ujung Pandaran. Contohnya ubur-ubur, ikan pari, berbagai jenis ikan kecil yang hidup di terumbu karang, dan lain-lain.

Selain itu, di kawasan Pantai Ujung Pandaran ini terdapat ritual adat Simah Laut yang dilakukan oleh masyarakat nelayan setempat secara turun temurun. Simah Laut adalah ritual tolak bala yang dilakukan oleh para nelayan Ujung Pandaran sebelum memulai pelayaran ke laut untuk mencari ikan. Ritual tahunan ini dilakukan setiap tanggal 10 bulan Syawal, atau sepuluh hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Para nelayan tersebut akan bergotong royong membersihkan pantai sebelum acara ritual dimulai, kemudian membawa beragam sesaji yang akan dilarung ke tengah laut. Mereka mempercayai dengan adanya ritual ini akan mendatangkan keselamatan dan limpahan rejeki selama melaut.

Ternyata, Kalimantan Tengah mempunyai banyak wisata alam dengan kelebihannya masing-masing. Adakah Teman Traveler yang sudah pernah berkunjung ke salah satunya?

Tags
Indonesia Kalimantan Tengah murung raya palangka raya waringin timur Wisata wisata kalimantan tengah
Share