Lima Lokasi di Indonesia yang Pas Banget untuk Penggemar Wisata Adrenalin

Sungguh beruntung kita yang tinggal di Indonesia. Nusantara memiliki budaya dan kekayaan alam beragam yang seolah tak pernah habis dieksplorasi. Hampir semua hal bisa dilakukan di negara kita tercinta ini, ulai dari liburan mewah di resort bintang lima, menapak tilas peninggalan sejarah masa lampau, hingga melakukan wisata ekstrem nan menegangkan. Bagi para penantang adrenalin, Indonesia punya beberapa aktivitas ekstrem yang bisa dieksplor, tanpa perlu jauh-jauh ke luar negeri.

1. Berselancar di Mentawai

Mentawai tawarkan ombak menawan untuk surfing, via Instagram Formulaenergy

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki begitu banyak spot untuk menyelam dan berselancar. Mentawai sendiri terletak sekitar 150 km dari Samudra Hindia dan terdiri dari empat pulau, yaitu Pagai Utara, Pagai Selatan, Sikakap, dan Sibora. Kamu bisa menikmati pemandangan di sekitar pantai atau mencoba menunggangi ombak yang ada di sini. Ombak di Mentawai memiliki ketinggian antara 1,5 hingga 4,5 meter dan dianggap sebagai ombak terbaik di Indonesia. Total ada 72 titik surfing yang bisa Anda jajal di sini dan masing-masing memiliki karakteristik ombak yang berbeda.

2. Rafing di Sungai Asahan

Rafting di Sungah Asahan dengan arus menantang, via Instagram Asahan River Rafting

Sungai Asahan di Sumatra Utara memiliki arus yang sempurna untuk rafting. Aliran airnya mencapai 20 meter kubik per detik dan sering dimasukkan dalam skala 4 atau 5 untuk rafting. Kompetisi rafting bertaraf nasional maupun Internasional sering digelar di sini. Selain itu banyak yang menyakini bahwa Asahan merupakan sungai terbaik ketiga sedunia untuk rafting, hanya kalah dari Sungai Colorado dan Zambesi.

3. Lompat Tebing di Blue Lagoon

Terletak di Nusa Ceningan, Bali, aktivitas ini akan memberikan sebuah pengalaman yang luar biasa. Di Blue Lagoon, Anda akan melompat dari tebing setinggi 13 meter dan langsung disambut deburan ombak laut di bawah. Waktu terbaik untuk menjajal wisata ekstrem ini adalah saat musim kemarau, antara Juni hingga September.

Blue Lagoon sering dijadikan tempat cliff jumping, via Instagram Liburan Bali

Sayangnya, tidak ada tenaga medis atau prosedur keamanan khusus disediakan untuk mereka yang ingin melompat di sini. Jika Anda memang ingin benar-benar melompat dari Blue Lagoon, pastikan ombak sedang tidak terlalu tinggi dan ada orang di sekitar untuk mengawasi.

4. Paralayang di Matantimali

Lanagit Matantimali dipenuhi penggemar olahraga paralayang via Instagram Like Palu

Jika ingin berkunjung ke Sulawesi Tengah, jangan sampai melewatkan paralayang di puncak Gunung Matantimali. Banyak orang menyebut tempat ini sebagai salah satu lokasi paralayang terbaik di Indonesia. Sembari melayang-layang di udara, nikmati indahnya pemandangan kota Palu. Nuansanya tentu sangat menggoda, mengingat puncak Gunung Matantimali terletak 1000 meter di atas permukaan laut.

5. Panjat Tebing di Lembah Harau

Indahnya pemandangan Lembah Harau, via Instagram Adhebat

Lembah Harau terletak di di Payakumbuh, Sumatera Barat, dan sering mendapat sebutan sebagai surga-nya para pencinta panjat tebing. Ketinggian lembah ini mencapai 300 meter dan dikelilingi beberapa perbukitan seperti Singkarat, Tarangtang, Jambu, dan Air Putih. Jika berhasil menggapai puncak, Anda akan disambut dengan indahnya pemandangan empat air terjun yang mengalir di Lembah Harau, yakni Sarasa Ayelolui, Sarasa Bunta, Sarasa Murai, dan Sarasa Ayeange.

Itulah beberapa lokasi wisata di Indonesia yang bisa dicoba untuk para penggemar aktivitas outdoor ekstrem. Cukup menggoda untuk dikunjungi kan? Bagaimana dengan kamu, sudah siap mencoba salah satunya?

Tags
Aceh Bali mentawai Sulawesi Tengah Sumatra Barat Wisata wisata ekstrem Wisata Ekstrim
Share