4 Wisata Alam Kalimantan Utara yang Dijamin Bikin Pengunjung Terpesona

Kalimantan Utara merupakan sebuah provinsi yang termasuk baru di Indonesia. Mungkin masih banyak masyarakat yang belum terlalu mengenal Borneo bungsu ini. Kali ini TravelingYuk akan mengenalkan ke Teman Traveler tentang beberapa wisata alam yang dimiliki oleh Kalimantan Utara. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut, ya.

Pantai Batu Lamampu

wisata alam kalimantan utara
Pantai Batu Lamampu via instagram/ marvinarosa

Tempat wisata yang ada di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara ini, bisa dibilang sebagai surga tersembunyi. Ini karena hamparan pasir coklat bersih dan tumpukan batu besar yang tertata rapi di pantai.

Sehingga jangan heran kalau banyak wisatawan mengabadikan momen di setiap sudut pantai. Bagi pengunjung yang hobi mancing, juga dapat berlibur sambil melemparkan mata pancingnya ke laut. Pasalnya, di pantai tersebut ada batu yang timbul dan menjorok ke laut. Batu itu dijadikan tempat memancing oleh warga setempat juga wisatawan yang hobi mancing.

Pantai Tanah Kuning

wisata alam kalimantan utara
Pantai Tanah Kuning via instagram/ bayusetyawan.rb

Pantai Tanah Kuning terletak di Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Saat tiba di pantai ini, teman traveler akan disambut dengan suara deburan ombak, pasir putih, serta pohon-pohon kelapa menjulang yang bisa dimanfaatkan untuk berteduh dari teriknya matahari.

Berbatasan dengan Kabupaten Berau, di mana Pulau Derawan yang terkenal karena keindahan pulau dan pantainya, Pantai Tanah Kuning juga memiliki perairan yang jernih. Dengan garis pantai sepanjang dua km, pengunjung bebas bermain di pantai ini. Baik sekedar menikmati suasana pantai, memancing, atau bermain air. Namun, disarankan untuk tidak berenang terlalu jauh karena ombaknya cukup besar.

Air Terjun Semolon

Air Terjun Semolon via instagram/
@fajarhuzairi

Di Kecamatan Mentarang, Desa Paking, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, ada sebuah surga tersembunyi yang bernama Air Terjun Semolon. Ini merupakan sumber air panas terbesar dan terunik karena aliran sungainya berbatu, dan bentuknya pun seperti tangga yang bertingkat. Konon katanya, air hangat ini bisa menyembuhkan beragam penyakit kulit.

Selain menikmati air hangat, para pendatang juga bisa bermain arung jeram. Lalu, wisata ini sering dijadikan tempat untuk sesi fotografi. Dengan segala keunikan, keindahan, dan keberadaan yang dimiliki Air Terjun Semolon, memberikan pengunjung pengalaman yang tak akan terlupakan.

Pantai Amal

Pantai Amal via instagram/ alfian_mochamad

Tempat wisata di Kalimantan Utara yang satu ini memiliki keindahan air laut yang biru dengan pasir berwarna coklat. Dipadu dengan cakrawala biru yang membentang dan lambaian pohon kelapa maka akan tampak dengan jelas keindahan alam di pesisir Pantai Amal ini.

Selain menyajikan keindahan alam, ada hal lain yang tidak boleh dilewatkan saat berada di pantai ini. Pantai Amal mempunyai kuliner khas yang patut dicicipi, yaitu Kapah. Kapah adalah kerang yang mempunyai cangkang dan daging yang berwarna putih. Uniknya, Kapah hanya ada di satu pantai ini. Hal tersebutlah yang menjadikan Pantai Amal mempunyai nilai tambah, ketimbang pantai lainnya.

Indahnya wisata alam yang ada di Kalimantan Utara ini tentu membuat Teman Traveler semua ingin mengunjunginya. Namun, keindahan tersebut tidak akan ada artinya tanpa campur tangan dari masyarakat. Seperti tidak membuang sampah sembarangan atau mencoret-coret fasilitas yang ada di sana. Yuk jadi pengunjung yang cerdas mulai sekarang. Setuju, kan?

Tags
bulungan Indonesia Kalimantan Utara malinau Nunukan Wisata wisata alam kalimantan utara
Share