Wisata Alam Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat, Alternatif Penghilang Penat

Kabupaten Mamuju, salah satu kawasan di Provinsi Sulawesi Barat memiliki area berupa pegunungan hingga pesisir. Dengan topografi seperti itu, area ini menawarkan wana wisata alam yang patut untuk dijelajahi. Mulai dari pantai, pulau, hingga air terjun, semua ada di kawasan ini. Berikut adalah wisata alam Mamuju yang harus masuk daftar liburan Teman Traveler. Sudah siap menatap keindahannya? Yuk, baca lebih lanjut.

Pantai Dato Majene

Pantai Dato Majene via Instagram @indonesiajuara
Pantai Dato Majene via Instagram @indonesiajuara

Pantai Dato Majene terletak di Teluk Mandar, dapat ditempuh selama kurang lebih 3,5 jam dari Mamuju dengan kendaraan bermotor. Begitu sampai di kawasan ini, Teman Traveler akan takjub dengan keindahan bebatuan karang serta hamparan pasir pantainya yang berwarna putih. Wisata alam Mamuju ini cukup ramai ketika hari libur tiba, biasanya dimanfaatkan untuk bersantai bagi keluarga.

Teman Traveler bisa bermain di tepi pantainya atau berenang di lautan yang cenderung tenang. Panorama bawah laut Pantai Dato Majene begitu indah dengan beragam biota laut dan terumbu karang, tepat dijadikan tempat snorkeling dan diving.

Air Terjun Tammasapi

Air Terjun Tamasapi via Instagram @pesonasulbar
Air Terjun Tamasapi via Instagram @pesonasulbar

Selain pantai, wisata alam Mamuju yang juga patut disinggahi adalah Air Terjun Tammasapi. Wisata yang berada di Dusun Tamasapi, Kecamatan Mamuju ini dapat ditempuh dari ibu kota Kabupaten Mamuju dengan kendaraan bermotor. Harus memarkirkan kendaraan di perkampungan warga, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit.

Air terjun ini memiliki ketinggian guyuran air setinggi sekitar 75 meter, dengan debit air cukup deras. Panorama kawasan ini begitu asri dengan udara sejuk. Tepat sekali sebagai referensi pelepas penat. Ditambah lagi dengan adanya pohon-pohon besar di area air terjun Tammasapi, meningkatkan keasriannya.

Pulau Karampuang

Pulau Karampuang via Instagram @hendisyahputra
Pulau Karampuang via Instagram @hendisyahputra

Wisata alam Mamuju selanjutnya adalah Desa Karampuang, tepatnya di Kecamatan Mamuju. Wisata ini dapat ditempuh dari pelabuhan Mamuju dengan kapal selama kurang lebih 20 menit. Kawasan ini disebut juga Pulau Buaya oleh masyarakat lokal karena bentuknya jika dilihat dari atas seperti binatang predator tersebut.

Untuk menyaksikan keindahan panorama bawah laut area ini, Teman Traveler bisa singgah di dermaga kayu Pelabuhan Ujung Bulo, yang merupakan landmark Pulau Karampuang.  Kalau ingin lebih dekat dengan aneka biota laut serta terumbu karang, bisa melakukan snorkeling atau diving di lautan ini. Keunikan Pulau Karampuang terletak pada salah satu spot diving, yang menyerupai dinding besar terbuat dari terumbu karang.

Taman Terumbu Karang di Pulau Karampuang via Shutterstock
Taman Terumbu Karang di Pulau Karampuang via Shutterstock

Air Terjun Salassang

Air Terjun Salassang via Instagram @soalsulbar
Air Terjun Salassang via Instagram @soalsulbar

Wisata alam Mamuju lainnya adalah Air Terjun Salassang yang berada di sisi jalan trans Sulawesi-Mamuju, Mamasa, Polman, dan Toraja. Guyuran air terjun ini setinggi setidaknya 20 meter, dengan air jernih dan debit deras. Kawasan ini biasanya dijadikan sebagai tempat istirahat bagi orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dari Kabupaten Mamasa menuju Kabupaten Mamuju.

Itulah daftar wisata alam Mamuju yang bisa dijadikan referensi untuk tempat berlibur, melipir sejenak dari pekerjaan atau kegiatan di kampus. Beberapa memang memerlukan perjuangan, namun tidak ada salahnya sesekali bertualang, apalagi beramai-ramai dengan kawan. Teman Traveler sudah pernah mengunjungi yang mana nih?

Tags
Indonesia mamuju Sulawesi Barat Wisata Wisata Alam
Share