Potongan Surga di Indonesia, Karampuang Island Namanya

Sudah banyak tempat wisata di Indonesia yang indahnya dianalogikan seperti potongan dari surga. Jika Teman Traveler merasa sudah cukup banyak tahu dengan tempat-tempat wisata di Indonesia yang indah itu, ada satu lagi yang takboleh dilewatkan. Ia adalah Karampuang Island atau Pulau Karampuang.

1. Asal Nama Karampuang

Karampuang Island
Karampuang Island via Instagram/diazaro

Disebutkan dalam versi yang pertama, zaman dahulu pulau ini adalah tempat persembunyian para raja dari kejaran Belanda. Dinamakan Karampuang karena gabungan dari Kara yang berarti pulau, karang atau batu, dan Puang yang berarti ningrat, raja, bangsawan. Kara dan Puang merupakan bahasa lokal dari suku-suku yang ada di Sulawesi. Jadi, Karampuang menurut versi yang pertama berarti pulaunya para raja.

Asal nama Karampuang menurut versi selanjutnya berasal dari bahasa Mamuju. Artinya adalah bulan purnama. Menurut cerita, pulau ini semula bernama Pulau Liutang. Nama ini kemudian diubah oleh seorang tokoh Mamuju menjadi Karampuang, hingga sekarang.

2. Lokasi Karampuang Island

Pulau Karampuang
Pulau Karampuang via Instagram/galery_lalu_photo

Pulau Karampuang, benar-benar seperti sebuah potongan surga yang dijatuhkan di tengah lautan Sulawesi. Dari atas dapat terlihat, ia berupa pulau kecil yang dikelilingi oleh birunya air laut. Luas kawasan ini adalah 6 km persegi. Secara administratif, kawasan Pulau Karampuang terletak di Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Jarak dengan Makassar kurang lebih 295 km.

3. Keindahan Karampuang Island

Keindahan Pulau Karampuang
Keindahan Pulau Karampuang via Instagram/rizhalmantovanie

Keindahan Pulau Karampuang jangan diragukan. Hal pertama yang akan membuat Teman Traveler terkagum-kagum adalah kejernihan airnya. Biota laut yang ada di bawah air bahkan dapat dilihat hanya dari dermaga kayu yang dibangun di garis pantai yang memanjang ke arah laut. Jembatan kayu sepanjang 500 meter ini sekaligus bisa menjadi spot foto terbaik untuk mengabadikan momen liburanmu.

Selain airnya yang jernih, di Karampuang Island terdapat sumur dengan tiga rasa air yang berbeda, yaitu asin, payau dan tawar. Sumur tiga rasa, dikenali juga dengan nama sumur jodoh. Sehabis dari sumur jodoh, jelajah pulau bisa Teman Traveler lanjutkan dengan mengunjungi Gua Lidah yang masih ada dalam satu kawasan.

4. Surganya Snorkeling dan Diving

Snorkeling Pulau Karampuang
Snorkeling Pulau Karampuang via Instagram/sewagopromamuju

Kejernihan air laut yang ada di Pulau Karampuang benar-benar menggoda siapa saja untuk menyelam ke dalamnya. Teman Traveler yang kurang puas dengan pemandangan bawah air dari atas jembatan kayu, bisa menyelam.

5. Akses Menuju Karampuang Island

Kapal yang Akan Membawa ke Pulau Karampuang
Kapal yang Akan Membawa ke Pulau Karampuang via Instagram/saintsubi

Bersyukurlah, karena Pulau Karampuang tidak terlalu jauh dari Mamuju. Teman Traveler bisa menyewa katinting atau perahu motor dengan biaya sewa yang terjangkau. Pemberangkatan menuju Pulau Karampuang dimulai dari dermaga Mamuju yang ada di tempat pelelangan ikan, Kasawi. Dari sana, jarak sebrang yang akan Teman Traveler tempuh hanya sekitar 20 menit. Dan yang lebih menyenangkan, biaya untuk menyewa katinting cukup terjangkau.

Bagaimana? Untuk liburan kali ini, tidak ada salahnya coba main-main ke Pulai Karampuang, kan?!

Tags
Indonesia karampuang island mamuju pulau karampuang
Share