Wisata Pantai di Sulawesi Barat, Indahnya Bikin Teringat-Ingat

Keliling Indonesia rasanya belum pas rasanya jika tidak menyambangi Sulawesi Barat. Wisata alam, kuliner, dan budaya yang dimiliki pulau ini sangatlah beragam. Tak heran banyak turis yang terkejut melihat keindahannya. Jika sedang berlibur dan ingin mencari suasana segar, deretan pantai di Sulawesi Barat ini bisa menjadi destinasi pilihan. Teman Traveler akan dibuat takjub dengan keindahannya yang bikin betah. Apa saja ya?

Pantai Manakarra

Pantai Manakarra
Pantai Manakarra via Instagram/fathuddin_arsyad

Salah satu pantai di Sulawesi Barat yang populer di masyarakat adalah Pantai Manakarra yang berada di Jl. Yos Sudarso, Mamuju. Wisata alam ini merupakan tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Selain itu, di sini juga terdapat gong perdamaian dan miniatur khas orang Mandar. Lokasi ini juga menjadi tempat bagi para nelayan untuk hilir mudik.

Pengunjung tidak perlu kelaparan karena di sekitar kawasan terdapat banyak pedangan yang menyajikan berbagai kuliner lezat. Wisatawan yang datang pun beragam, tidak hanya anak muda bahkan para keluarga juga banyak yang berkunjung ke sini.

Pantai Dato

Pantai Dato
Pantai Dato via Instagram/mutiakhadijah

Selanjutnya ada Pantai Dato yang menyajikan pemandangan hamparan pasir bersih yang luas, serta airnya yang berwarna biru kehijauan. Berada di Dusun Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene pantai ini hanya berjarak sekitar 7 km dari pusat kota. Terdiri dari dua bagian, pantai pertama beralaskan pasir putih dan kedua dihiasi dengan banyaknya terumbu karang serta bebatuan. Pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan melakukan snorkeling untuk menikmati segarnya air laut secara langsung. Cukup memiliki fasilitas lengkap, di sini juga tersedia beberapa akomodasi menginap bagi wisatawan yang datang.

Pantai Palippis

Pantai Palippis
Pantai Palippis via Instagram/lilmyname

Selanjutnya ada Pantai Palippis yang terletak di Desa Bala, Kecamatan Balanipa, dan berjarak 20 km dari kabupaten Polewali Mandar. Pantai ini dikenal memiliki pemandangan yang eksotis karena terletak di sisi sebelah barat Pulau Sulawesi. Tak hanya sebatas airnya yang jernih dan pasir putih, wisatawan juga dapat menemukan gua kelelawar dan hamparan tebing batu karangnya yang indah.

Dengan suasana asri pengunjung dapat sekedar bersantai, berolahraga voli, atau memandang matahari terbenam. Jika Teman Traveler berangkat dari Bandara Tampa Padang kota Mamuju, harus berkendara selama 2 jam untuk menuju ke Polewali. Setelah itu bisa menggunakan angkutan umum dan berkendara selama 30 menit untuk sampai ke pantai.

Pantai Mampie

Pantai Mampie
Pantai Mampie via Instagram/andifakhrullah

Juga terletak di Kabupaten Polewali Mandar tepatnya Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Pantai Mampie merupakan surga kecil di Sulawesi Barat. Pengunjung bisa menemukan hamparan pemandangan sawah, hutan mangrove yang dihuni oleh berbagai satwa, dan kawasan pantai yang bersih. Setiap wisatawan yang datang akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000 per orangnya. Pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas seperti naik banana boat, berburu kuliner, dan mencoba flying fox. Jika berada di kota Polewali, Teman Traveler bisa berkendara dengan menggunakan transportasi pribadi dan memakan waktu selama 50 menit.

Beberapa pantai di Sulawesi Barat tersebut merupakan bagian dan surga kecil Pulau Sulawesi. Makin percaya kan kalau keindahan Tanah Air kita tersebar hingga ke semua sudutnya? Bagaimana, mau berkunjung ke pantai mana dulu, nih?

Tags
Indonesia pantai pantai di sulawesi barat Sulawesi Barat Wisata wisata di sulawesi barat
Share