Rekomendasi Wisata Alam di Sukabumi, Indahnya Bikin Jatuh Cinta

Sukabumi, kabupaten terluas di Jawa Barat yang keindahan alamnya tak pernah mengecewakan. Destinasi wisatanya lengkap, mulai dari religi, air, gunung, hingga kuliner. Berniat untuk liburan ke sini? Berikut ada rekomendasi wisata alam di Sukabumi yang dirangkumkan oleh Kontributor Travelingyuk, Ariane Nafila. Indah banget dan bikin jatuh cinta loh!

1. Gunung Sunda

Gapura Selamat Datang via pribadi
Gapura Selamat Datang Gunung Sunda (c)Ariane Nafila/Travelingyuk

Teman Traveler hobi naik gunung? Cobalah untuk berkunjung ke Gunung Sunda. Letaknya di Jalan Padaasih, Cisaat, Sukabumi yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit. Akses jalannya memang menanjak, tapi aman banget untuk dikunjungi. Uniknya, sepanjang jalan menuju puncak, Teman Traveler dapat melihat banyak tulisan penyemangat. Tulisan ini dibuat oleh pengelola dengan gaya bahasa jaman now agar terhibur selama perjalanan.

Salah satu tulisan di sepanjang jalan menuju puncak gunung via pribadi
Tulisan di sepanjang jalan menuju puncak (c)Ariane Nafila/Travelingyuk

Selain tulisan, di Gunung Sunda juga banyak spot foto menarik dengan pemandangan alam yang sedap di pandang. Menariknya, di puncak gunung terdapat beberapa warung yang menjual berbagai macam makanan, dari menu berat hingga camilan. Bahkan ada kafe yang dibangun khusus buat pecinta kopi.

Sunda Coffee di Gunung Sunda via pribadi
Sunda Coffee di Gunung Sunda(c)Ariane Nafila/Travelingyuk

2. Taman Rekreasi Selabintana

Selabintana via www.agoda.com
Selabintana via agoda.com

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Kalau dalam bahasa sunda, ‘botram’, yaitu saling bercengkrama, mempererat tali persaudaraan, sambil menyantap hidangan yang dibawa dari rumah. Jika kamu ingin mengadakan acara yang melibatkan banyak orang dan membutuhkan tempat yang luas nan asri, Selabintana bisa kamu jadikan pertimbangan.

Botram di Selabintana via pribadi
Botram di Selabintana (c)Ariane Nafila/Travelingyuk

Tak hanya itu, tempat wisata Selabintana yang terletak di Jalan Selabintana KM 7, Kota Sukabumi ini juga memiliki berbagai fasilitas lengkap. Ada hotel, restoran, kolam renang, taman bermain, pusat oleh-oleh, dan flying fox, yang tentunya bisa membuat liburan kamu semakin berkesan.  Bahkan wisata ini juga terkenal dengan kuliner Susu Murni Selabintana yang harganya terjangkau.

3. Ciletuh Geopark

Geopark Ciletuh via viewofindonesia.com
Geopark Ciletuh via viewofindonesia.com

Siapa sih yang tak tahu Ciletuh Geopark? Tempat wisata di Kabupaten Sukabumi ini menjadi tujuan  para turis mancanegara karena keindahan alamnya yang luar biasa. Ciletuh Geopark Palabuhan Ratu telah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai Geopark internasional. Tentu hal ini menjadi suatu hal yang membanggakan mengingat tempat lain membutuhan waktu bertahun-tahun hanya untuk menjadi geopark nasional.

Pemandangan Indah di Ciletuh Geopark via liputanislam.com
Pemandangan Indah di Ciletuh Geopark via liputanislam.com

Di kawasan ini pula banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Sepreti Curug Cimanrinjung, Puncak Darma, Curug Cikanteh, dan banyak lainnya. Selain itu, berbagai aktivitas seru bisa dinikmati di sini. Seperti diving, snorkeling, dan watersport. Makin tertarik untuk berkunjung ke destinasi wisata alam di Sukabumi ini kan?

4. Goa Buniayu

Goa Buniayu via nyero.id
Goa Buniayu via nyero.id

Goa Buniayu yang dikenal dengan sebutan Goa Siluman ini terletak di Desa Cipicung, Kerta Angsana, Kabupaten Sukabumi. Tempat ini sangat sempurna untuk Teman Traveler yang hobi caving. Untuk masuk ke dalam goa memang tidaklah mudah, tapi keindahan di bawahnya bakal membuat terpesona. Tak perlu khawatir, peralatan untuk jelajah lokasi syuting film Si Buta dari Goa Hantu ini lengkap. Bahkan, ada petugas yang memandu saat berpetualangan di dalam goa.

5. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng via pribadi
Pantai Ujung Genteng (c)Ariane Nafila/Travelingyuk

Pantai yang dijuluki The Turtle Beach ini memang menyimpan sejuta keindahan yang bisa bikin Teman Traveler ogah pulang. Terkenal karena pasir putihnya, Ujung Genteng juga menjadi destinasi wisata yang cocok buat kamu yang senang bersepeda. Nah, letaknya sendiri berada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Para Pesepeda Giant di Pantai Ujung Genteng via pribadi
Para Pesepeda Giant di Pantai Ujung Genteng(c)Ariane Nafila/Travelingyuk

Ingin lebih lama tinggal di pantai ini? Teman Traveler bisa bermalam di penginapan dekat pantai. Harganya cukup terjangkau dan pastinya nyaman. Selain bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise, Teman Traveler juga bisa melihat beberapa orang yang bermain selancar di Pantai Ombak Tujuh, Ujung Genteng. Ketinggian ombak hingga 6 meter membuat siapapun terpesona.

Nah, itu dia beberapa wisata alam di Sukabumi yang bisa dijadikan rekomendasi ketika liburan ke sini. Jangan lupa, untuk jelajah kuliner Sukabumi yang rasanya tak kalah nendang. Seperti mochi dan susu murni.

Tags
Indonesia Jawa Barat Sukabumi Travelingyuk wisata sukabumi
Share