Pesona Curug Cikaso di Sukabumi, Indahnya Bak Lukisan Hidup

Febri Haryanto

Febri Haryanto

On Indonesia
Curug Cikaso Curug Cikaso

Siapa bilang di Jawa Barat hanya Bandung dan Cimahi saja yang punya air terjun memesona? Sukabumi juga tak mau kalah. Kota yang pernah dijuluki Hollywood-nya Indonesia ini punya wisata air terjun yang memanjakan mata. Salah satunya Curug Cikaso yang terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade. Seperti apa keindahan dari destinasi wisata di Sukabumi? Yuk intip pengalaman seru dari Kontributor Travelinyuk, Febri Haryanto berikut.

Curug Eksotis dengan Tinggi 80 meter

Foto: Febri Haryanto
Curug Eksotis di Sukabumi (c) Febri Haryanto/Travelingyuk

Air Terjun Cikaso terdiri dari tiga aliran yang jatuh ke sebuah kolam berwarna biru kehijauan. Setiap alirannya memiliki nama berbeda yaitu Curug Aseupan, Curug Meong dan Curug Aki. Ketiganya memiliki tinggi sekitar 80 meter dan jika ditotal lebar sampai 100 meter. Destinasi yang bermuara ke Tegalbuleud ini tidak hanya cantik, tapi juga bikin takjub. Apalagi pemandangan alam hijau yang mengelilingi. Bikin udara sejuk dan airnya menyegarkan.

Cerita Mistis Di Balik Curug

Air Terjun Cisaro di Sukabumi
Air Terjun Cisaro di Sukabumi via instagram/@deniramdaniiii

Dibalik keindahannya, Curug Cikaso ternyata menyimpan sebuah cerita mistis. Konon, tempat wisata ini dipercaya sebagai tempat bersemayamnya Nyi Blorong. Tepatnya di bagian Curug Aseupan. Sementara Curug Meong menjadi tempat Eyang Santang dan Prabu Siliwangi di Curug Aki. Karena cerita mistis tersebut, siapapun pengunjung yang berenang di sini harus berhati-hati dalam berucap dan bertindak untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Tempat Asyik untuk Liburan Bersama Keluarga

Foto: Febri Haryanto
Keindahan Air Terjun Cikaso (c) Febri Haryanto/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berencana mampir ke Curug Cikaso, lebih baik datang saat pagi hari. Hal ini karena debit air di kolam tidak terlalu tinggi. Mau bermain air pun juga tidak begitu mengkhawatirkan. Lebih serunya lagi, ajak keluarga atau sahabat untuk liburan ke sini. Jangan lupa untuk membawa kamera dengan baterai penuh untuk mengabadikan setiap momen di sini. Setuju kan?

Telurusi Sungai Cikaso yang Menawan

Foto: Febri Haryanto
Telurusi Sungai Cikaso yang Menawan (c)Febri Haryanto/Travelingyuk

Selain bermain di sekitar curug, Teman Traveler juga bisa melakukan aktivitas lain. Salah satunya menyusuri Sungai Cikaso yang memiliki air jernih. Pemandangan alam di sekitarnya yang dikelilingi pepohonan hijau dan kicauan burung juga tak kalah memesona. Hal tersebut dapat membuat kita ingat untuk selalu bersyukur dengan ciptaan Tuhan yang begitu indah.

Untuk puas liburan di Curug Cikaso, pengunjung dikenakan biaya retribusi sebesar Rp3.000/orang dan Rp27.000/kendaraan roda empat. Sementara parkir kendaraan sebesar Rp6.000 dan Rp. 2.000 untuk biaya kebersihan. Masih terjangkau mengingat akses dan keindahan alam yang ditawarkan. Bagaimana, kapan nih mampir ke Curug Cikaso?