5 Destinasi Wisata di Tanah Agam Traveler Wajib Coba!

Advertisement

Bagi teman Traveler yang sedang berlibur ke Sumatera Barat, jangan lupa berkunjung ke tanah Agam. Agam adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat yang kaya akan destinasi wisata alam yang memukau. Kabupaten ini menjadi banyak incaran pelancong dari penjuru nusantara bahkan mancanegara. Tanah yang subur dan kawasan yang hijau dan asri serta teduh membuat siapa saja bakal.betah berlama-lama disana.

Nah, teman traveler mungkin penasaran, keindahan wisata apa saja yang membuat mu semakin tenang dan cocok untuk healing mu dari hiruk piruk padatnya kerjaan dan perkotaan. Berikut rangkuman wisata Agam yang menarik untuk dikunjungi.

Danau Maninjau

Danau Maninjau adalah salah satu ikon provinsi Sumatera Barat. Tak heran jika traveler dari belahan nusantara pastinya tak meninggalkan destinasi satu ini. Danau yang terletak di Kabupaten Agam ini memiliki suasana yang sangat tenang, dengan udara yang sejuk menjadikan kawasan wisata ini lebih damai dan syahdu.

Danau Maninjau salah satu wisata keren di Kabupaten Agam. Foto via referensiwisata.com

Danau Maninjau terletak di Tanjung Raya, Kabupaten Agam Sumatera Barat ini terlihat begitu indah. Perpaduan warna biru air danau dengan gradasi hijau, sungguh memesona dan memukau. Jangan lewatkan juga momen sang mentari tenggelam di ufuk barat kala senja, yang eksotis dan romantis. Kerennya, teman traveler tak perlu mengeluarkan biaya tiket karena masuknya sendiri hingga saat ini gratis, kamu hanya perlu membayar tarif parkir sebesar Rp. 2.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat.

Air Terjun Langkuik Tinggi

Bagi teman traveler yang hobi plesiran ke alam bebas, Air Terjun Langkuik Tinggi bisa jadi pilihan yang tepat. Medan jalan yang begitu terjal, picuan adrenalin pun menjadi salah satu yang mendebarkan. Jadi persiapkan segala sesuatunya seperti fisik, beberapa logistik untuk camilan ketika tiba di lokasi air terjun.

Air terjun Langkuik Tinggi dengan pesona bebatuan tebing yang menkajubkan. Foto via liburanyuk.com

Sesuai namanya, air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 100 meter lebih dengan debit air yang cukup deras. Lokasinya yang berada di tengah hutan menjadikan Air Terjun Langkuik Tinggi juga berdekatan dengan destinasi air terjun lainnya. Meski demikian harga tiket masuknya cukup terjangkau yakni hanya Rp 5.000 saja per orang.

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Masih di kawasan Danau Maninjau, jangan langsung pulang ya, melipirlah ke tempat wisata lainnya yaitu Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka. Menariknya, teman traveler tak perlu merogoh kocek untuk tiket masuk, traveler sudah bisa berkeliling sepuasnya di area Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka ini.

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka yang berlokasi dipesisir danau maninjau. Foto via geotourismguide.com

Sesuai dengan namanya, museum ini menyuguhkan berbagai koleksi peninggalan dari tokoh pahlawan nasional sekaligus pemuka agama, Buya Hamka. Kerennya lagi pemandangan danau begitu indah karena posisi museum tepat berada di tepi danau dan menghadap langsung ke arah danau Maninjau.

Lawang Park

Lawang park adalah sebuah bukit yang memiliki ketinggian 1.210 meter diatas permukaan laut dengan hiasan danau, kawasan perbukitan, dan hamparan sawah yang sangat menakjubkan. Wisata ini memiliki banyak fasilitas menarik yang bisa traveler nikmati seperti Taman, Rumah Unik, Kebun Strawberri, Perahu Kayu, Penginapan, dan Outbond.

Lawang Park salah satu wisata perbukitan yang menyuguhkan pemandangan danau Maninjau. Foto via liburanyuk.com

Cukup dengan merogoh kocek seharag Rp 20 ribu kamu bisa menikmati pemandangan alam sekaligus berburu spot Instagramable. Nah, penasaran kan, segera list liburan mu ke Lawang Park ya!

Pantai Tiku

Tidak hanya dataran tinggi saja, wilayah Agam juga punya pesisir pantai yang indah lho. Namanya Pantai Tiku, keindahannya jangan ditanya, sangat mempesona. Tiket masuknya pun cukup murah, hanya Rp. 5.000 saja per orang kamu sudah bisa menikmati indahnya pantai lepas samudera yang indah.

Pantai Tiku salah satu pantai indah di pesisir kabupaten Agam. Foto via travelspromo.com

Waktu yang tepat untuk menikmati pantai ini adalah sore hari, dimana momen matahari terbenam bakal menjadikan hari-hari mu sangat berkesan. Aktivitas seru lainnya bisa kamu nikmati seperti berenang di area pantai, bermain ke kawasan laguna, hingga berburu kuliner lezat.

Advertisement
Tags
wisata agam Wisata Indonesia wisata nusantara wisata sumbar
Share