Cantik Bukan Main, Dulunya Bukan Apa-Apa Sekarang Jadi Wisata Air

Masih ingat dengan kebun bunga Amaryllis di Jogja? Siapa sangka, taman dadakan tersebut berawal dari sebuah ‘kebetulan’. Selain itu, ternyata banyak juga sumber mata air bahkan sungai yang kini mendadak viral dan menjadi objek wisata air. Berikut daftar selengkapnya.

Wisata Air Sungai Bladon

Liburan di Kali Blandon
Liburan di Kali Bladon [image source]
Kali Bladon, begitulah sebutan untuk objek wisata di Kendal ini. Bukan sebuah kolam renang atau sumber mata air, Bladon merupakan aliran sungai yang kini banget di kalangan anak muda. Hal tersebut jelas terlihat dengan banyak spot asyik untuk berfoto atau menikmati udara sejuk khas Kendal. Sebelum hits seperti ini, Kali Bladon hanyalah sungai biasa. Bahkan terlihat seperti rawa-rawa yang airnya dimanfaatkan warga untuk irigasi. Bagaimana, sudah pernah liburan ke sini?

Mainan Air di Kali Bladon
Mainan Air di Kali Bladon [image source]

Kampung Air Sraten

Kampung Air Sraten Semarang
Kampung Air Sraten Semarang [image source]
Tepat tanggal 17 Agustus 2017 lalu, media sosial dihebohkan dengan upacara bendara di Semarang. Bukan di lapangan, beberapa aktivis lingkungan melaksanakan upacara di atas air. Siapa sangka, tempat yang dijadikan pengibaran merah putih tersebut langsung hits di sosial media. Apalagi kalau bukan Kampung Air Sraten yang terletak di Jl. Raya Sraten, Gedangan, Tuntang. Bendungan yang dulunya tak terurus ini terlihat makin cantik dengan banyaknya olesan warna di tembok-tembok.

Kampung Air Sraten
Kampung Air Sraten [image source]

Kampung Warna-Warni Katulampa Bogor

Kampung Warna-Warni Katulampa Bogor
Kampung Warna-Warni Katulampa Bogor [image source]
Pemukiman bantaran sungai di desa Katulampa, Bogor, dulunya dikenal kumuh. Namun, pemandangan tersebut jauh berbeda sejak bulan Juli 2017 lalu. Seperti Kampung Warna Jodipan Malang, pemukiman tersebut dihiasi dengan beragam warna menarik di tembok serta genteng penduduk. Tak hanya itu, berbagai coretan keren di bendungan sungai juga menjadi pemandangan tersendiri. Bagaimana, berniat untuk menyusuri sungai menggunakan ban karet di kampung ini?

Kampung Warna-Warni Katulampa
Kampung Warna-Warni Katulampa [image source]

Bendungan Gembleng Kiri, Banyuwangi

Bendungan di Banyuwangi
Bendungan di Banyuwangi [image source]
Destinasi selanjutnya yang kini ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Bendungan Gembleng Kiri. Lokasi terletak di Kecamatan Rojogampi, Banyuwangi. Sebelumnya, bendungan ini sering menjadi sasaran pemuda untuk berbuat asusila. Berkat dukungan masyarakat sekitar, pemerintah pun mengelola dan menjadikan bendungan sebagai objek wisata. Selain menikmati keindahan air tenang, pengunjung dapat berfoto di tiap sudutnya.

Bendungan Banyuwangi
Bendungan Banyuwangi [image source]
Objek wisata baru di tanah air makin banyak dan beragam, bukan? Bagaimana dengan kotamu, adakah objek wisata hits yang dulunya bukan apa-apa?

Tags
Indonesia Wisata Wisata Air
Share