Wisata Air Talulobutu Gorontalo, Dulunya Kumuh, Kini jadi Destinasi Menyenangkan

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Apa yang Teman Traveler ingat ketika mendengar nama Gorontalo? Sebagian besar pasti teringat akan benteng-benteng bersejarah dan deretan pulau yang cantik. Tetapi tahukah bahwa di salah satu kabupatennya terdapat objek wisata baru? Namanya adalah Wisata Air Talulobutu.

Semula ia merupakan saluran irigasi tua yang dipenuhi banyak sampah. Lalu, bagaimana prosesnya hingga kawasan ini dapat berubah menjadi tempat wisata? Berikut ulasannya!

Saluran Irigasi Tua yang Direvitalisasi

Saluran Irigasi Menjadi Destinasi Wisata via Instagram/rahmad_alipakaya

Kreativitas menggerakkan para pemuda desa di Talulobutu, Kabupaten Bone Bolango untuk mengubah saluran irigasi tua menjadi tempat wisata. Hal inilah yang menjadi latar belakang terciptanya Wisata Air Talulobutu.

Dengan kerjasama dan keinginan mempercantik wilayahnya, mereka berhasil menghadirkan sesuatu yang baru dan menyenangkan. Patut untuk ditiru!

Menjadi Destinasi Wisata Baru di Gorontalo

Jadi Salah Satu Destinasi Wisata Baru Gorontalo via Instagram/frahmyl_16

Semenjak zaman kolonial, saluran air ini berfungsi sebagai irigasi untuk memenuhi kebutuhan pertanian di wilayah Tapa hingga Gorontalo. Sayangnya, area tersebut penuh sampah dan tidak terawat. Hingga akhirnya dengan kerjasama dari masyarakat setempat, ia berubah menjadi tempat wisata.

Sekarang, masyarakat bisa merasakan manfaat lebih dari saluran air ini. Selain sebagai destinasi wisata baru yang menyenangkan, ia juga menjadi ladang penghasilan baru bagi beberapa warga. Mereka menjual aneka makanan dan minuman di sekitar lokasi.

Naik Meja Apung Jadi Atraksi Utama

Naik Meja Apung via Instagram/dama.mey

Atraksi utama yang ditawarkan objek wisata baru ini adalah meja terapung, sepeda terapung dan odong-odong terapung. Semua yang serba terapung itu merupakan ide dan hasil kerja dari para pemuda setempat.

Wahana-wahana tersebut terlihat dibuat dari barang-barang sederhana. Seperti drum plastik, kayu-kayu yang dicat hingga payung berukuran besar. Meski begitu, ia tetap membuat banyak warga penasaran untuk mencoba.

Lokasi dan Tiket

Objek Wisata Langsung Disukai Warganya via Instagram/anggy_hilumalo

Penasaran ingin mencoba destinasi wisata di Gorontalo yang terhitung baru ini? Teman Traveler bisa berkunjung ke Desa Talulobutu, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango. Dengan tiket seharga Rp2 ribu untuk anak-anak dan Rp5 ribu untuk dewasa, pengunjung sudah bisa bersenang-senang di sini.

Kreativitas dan ide dari pemuda setempat yang membangun Wisata Air Talulobutu patut diapresiasi. Setuju, kan? Keinginan untuk melihat desanya bersih, ternyata melahirkan hal positif lain. Benar-benar istimewa! Jadi kapan nih mau berkunjung?