Jelajah Pulau di Gorontalo Utara, Cantiknya Boleh Diadu dengan Maladewa

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Jelajah pulau di Gorontalo Utara, Teman Traveler akan terpesona. Sebab, kecantikannya boleh diadu dengan Maladewa. Salah satu kabupaten di Provinsi Gorontalo ini merupakan hasil pemekaran ke tiga dari Kabupaten Gorontalo. Ia memiliki 11 kecamatan yang masing-masing memiliki objek wisata berupa pulau yang waw! Penasaran nggak dengan pulau-pulau yang ada di sini? Simak uraian berikut ini yuk untuk lebih lanjut!

1. Pulau Diyonumo

Bentang Alam Pulau Diyonumo yang Indah via Instagram/ aldi.inaku

Pulau Diyonumo secara administratif berada di Desa Deme, Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara. Ia belum banyak terjamah, karena itu suasana di sini masih sunyi. Udaranya pun segar. Mereka berjodoh dengan rerumputan yang hijau memukau. Perpaduan tersebut, disempurnakan oleh hamparan air yang tenang.

Lepaskan Penat di Pulau Diyonumo via Instagram/ satyawinnie

Pokoknya, Pulau Diyonumo adalah sepaket kebahagiaan yang mampu menenangkan Teman Traveler. Dari pusat Kota Gorontalo menuju Sumalata, jaraknya sekitar dua hingga tiga jam. Sesampainya di Sumalata, Teman Traveler bisa menuju Desa Deme untuk kemudian menyebrang selama 15 menit.

2. Pulau Saronde

Pulau Saronde yang Takkalah Indah dari Maladewa via Instagram/ fajarnasution

Pulau di Gorontalo Utara yang pesonanya boleh diadu dengan Maladewa adalah Pulau Saronde. Air di sini jernih sekali, cocok untuk snorkeling dan menyelam tipis-tipis. Selain itu, Pulau Saronde juga memiliki hamparan pasir yang luas dan berwarna putih. Ia seperti pulau pasir timbul di tengah lautan; menawan banyak mata dan hati.

Luar Biasanya Saronde Island via Instagram/ rachmadhidayah

Pulau cantik ini berada di Teluk Kwandang; jaraknya sekitar 65 Km dari pusat Kota Gorontalo. Untuk sampai sini, Teman Traveler harus menempuh waktu satu jam perjalanan ke pelabuhan di Kwandang. Setelah itul, lanjutkan perjalanan menggunakan perahu selama satu jam lagi.

3. Pulau Lampu

Angin Bertiup di Pulau Lampu via Instagram/ gisellamukuan

Namanya lucu ya? Pulau Lampu. Keindahannya juga ‘lucu’. Nggak percaya? Meski jaraknya lebih jauh dari Saronde, bentang alam Lampu Island tidak kalah mirip dengan Maladewa. Airnya jernih sekali, saking jernihnya, ia sampai berwarna biru; tepatnya bergradasi dari biru pekat ke biru muda. Menyegarkan!

Sejernih Ini Air di Pulau Lampu via Instagranm/ fajarnasution

Hamparan pasir di Pulau Lampu yang membentang, miliki warna putih yang bersih. Jika Teman Traveler penasaran untuk mengunjungi Pulau Lampu, arahkah kendaraan dari Kota Gorontalo ke Pelabuhan Kwandang, dari sana lanjutkan menyebrang menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

4. Pulau Popaya

Duduk di Pinggir Pantai di Pulau Popaya via Instagram/ kiki_risno

Nggak perlu ke Maladewa jika di Gorontalo Utara ada Pulau Popaya. Pulau seluas 2,42 hektare ini merupakan salah satu wilayah konservasi. Sejak zaman kolonial Belanda, bersama dua pulau lainnya, ia ditetapkan sebagai kawasan cagar alam.

Sebiru Ini Air di Pulau Popaya Gorontalo Utara via Instagram/ travellerlausala

Hal ini tentu tidak terjadi begitu saja, Pulau Popaya dan dua pulau lainnya dinilai memiliki potensi alam yang luar biasa. Di sini terdapat banyak terumbu karang yang cantik dan tumbuh dengan baik. Jika beruntung, Teman Traveler bisa bertemu dengan penyu. Suasananya masih sangat tenang dan asri, sekali datang, rasanya akan berat untuk pulang kembali.

5. Pulau Raja

Tanpa Permaisuri, Pulau Raja Sudah Memesona via Instagram/ instanusantaragto

Memiliki status yang sama dengan Pulau Popaya, Pulau Raja juga merupakan kawasan cagar alam. Namun, ada wacana bahwa statusnya akan diturunkan menjadi Taman Wisata Alam. Suasana di Pulau Raja tidak kalah tenang. Siapa pun betah berlama-lama. Jaraknya dengan Pulau Popaya tidak terlalu jauh. Teman Traveler bisa menjelajahi keduanya dalam satu waktu.

Kecantikan Maladewa memang berhasil memesona banyak mata. Namun, pulau di Gorontalo Utara juga takkalah menawan. Suasananya yang masih sangat asri, udara yang sejuk dan hening adalah hal-hal yang harus segera dinikmati! Ayo agendakan! Ajak juga beberapa teman ya!