Nikmatnya Mie Ayam Pak Sronto, Paduan Rasa Komplit Khas Jogja

Advertisement

Di tengah musim hujan seperti sekarang, mie ayam adalah makanan yang cocok dikonsumsi. Kenyalnya mie, gurihnya bumbu, serta hangatnya kuah jadi teman tepat di tengah hawa dingin menusuk. Beruntung bagi Teman Traveler yang tinggal di Jogja, ada banyak mie ayam terkenal di tiap sudut kota. Coba Mie Ayam Pak Sronto.

Pak Sronto (biru) sedang Mengecek Warungnya / doc.pribadi
Pak Sronto (baju biru) sedang mengecek warung (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Merupakan salah satu yang cukup populer adalah Mie Ayam Tumini di daerah Giwangan. Mie ini berada di kawasan Ngampilan. Belum banyak yang tahu, padahal memiliki rasa yang enak.

Berjualan Sejak 1991

Mi Ayam Sebelum Berkuah / doc.pribadi
Mie Ayam tanpa kuah (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Bagi yang penasaran, Kedai Pak Sronto berada di dekat gang masuk Bakpia Patuk. Sangat mudah ditemukan. Oh ya, hingga kini proses pembuatan dan penjualan mie ayam masih dipantau langsung Pak Sronto. Hanya saja terkadang beliau bergantian dengan putranya untuk berjualan.

Daftar Harga Menu Makanan / doc.pribadi
Daftar menu makanan (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Pak Sronto sudah merintis warung mie ayamnya sejak 1991. Sudah 28 tahun berlalu, hingga kini beliau tetap menjajakan sajian yang sama untuk menarik pelanggan. Sejak mulai dibuka, kedainya juga tak pernah pindah dari Jalan Letjen Suprapto.

Kualitas Teruji

Mi Ayam Ceker dan Kuah yang Bebas Formalin dan Kandungan Babi / doc.pribadi
Mie ayam dan ceker (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Meski sudah berjualan lebih dari dua dekade, kualitas sajian mie ayam Pak Sronto tak pernah berubah. Lezatnya konsisten dan kualitasnya sudah sangat teruji. Jika Teman Traveler perhatikan, gerobak di sini memiliki tanda khusus yang menunjukkan bahwa mie ayam ini sudah diulas oleh salah satu komunitas pecinta mie ayam ternama Jogjakarta.

Sajian Mie Ayam Pak Sronto juga sudah teruji bebas formalin dan bebas kandungan babi. Aman bagi kesehatan dan dipastikan halal. Bagi kalian yang beragama Islam, tidak perlu takut menyantap mie ayam di sini.

Perpaduan Rasa Komplit

Selamat Menikmati Semangkuk Mi Ayam Ceker / doc.pribadi
Semangkuk mie ayam ceker (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Mie Ayam Pak Sronto disajikan terpisah antara mie dan kuahnya. Pembeli bisa menuangkan kuah sesuai selera. Kenyalnya mie, gurihnya bumbu, dan sedikit pedas dari merica terbukti efektif menghangatkan badan. Apalagi taburan potongan ayamnya terasa matang dan manis sempurna, membuat rasa yang tercipta dalam satu mangkuk terasa sangat komplit.

Harga semangkuk mie ayam di Kedai Pak Sronto tidak terlalu mahal. Teman Traveler hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000. Semakin nikmat disantap bersama ceker yang sudah dimasak matang, empuk hingga tulangnya.

Bagaimana Teman Traveler, tertarik membuktikan sendiri lezatnya Mie Ayam Pak Sronto? Kalian bisa datang ke Jalan Suprapto, Ngampilan, Jogjakarta. Lokasinya berada tepat di ujung gang sentra Bakpia Pathuk. Mereka buka antara pukul 10.00 hingga 21.00.

Advertisement
Tags
kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta Travelingyuk
Share