Watu Gedek Lumajang, Pantai Pasir Hitam nan Eksotis

Lumajang adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal memiliki wisata alam indah, seperti Mahameru dan Bukit 29. Namun jangan salah, daerah penghasil pisang ini juga punya Watu Gedek, pantai dengan pasir hitam yang memukau.

Deretan pantai indah Lumajang bisa Teman Traveler temukan di sekitar Kecamatan Tempursari. Wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Malang memiliki sederet pantai eksotis hamparan pasir hitam. Salah satu yang wajib disambangi adalah Watu Gedek.

Akses Menuju Pantai

Pemandangan indah jelang mentari terbenam (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Selain Watu Gedek, kawasan Tempursari juga punya Pantai Godek, TPI, dan masih banyak lagi. Untuk menuju sini, Teman Traveler bisa mengambil jalur dari Pasuruan menuju Pronojiwo atau Tempursari dengan estimasi perjalanan satu setengah jam.

Sementara untuk jalur kedua, bisa Teman Traveler akses langsung dari Malang. Arahkan kendaraan ke Kecamatan Dampit, sebelum lanjut ke Tirtoyudho dan Tempursari. Perjalanan bakal memakan waktu kira-kira dua jam.

Kedua jalur tersebut bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Medannya lumayan berkelok-kelok, dengan banyak tanjakan dan turunan. Oleh karena itu, sebelum berangkat jangan lupa memeriksa kondisi kendaraan agar sampai tak sampai ada masalah di tengah perjalanan.

Ombaknya Berbahaya

Mendung di sore hari (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Ombak di sekitar Pantai Watu Gedek cenderung besar. Bahkan jika cuaca sedang kurang bersahabat, tingginya bisa mencapai empat meter. Jarang atau bahkan tak ada wisatawan mandi di pantai ini karena memang berbahaya. Tak jarang warga sekitar menghimbau wisatawan agar tak terlalu mendekati bibir pantai.

Pas untuk Berburu Foto

Senja di pesisir pantai (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Meski ombaknya ganas, Pantai Watu Gedek tetap menarik dikunjungi. Terutama bagi Teman Traveler penyuka fotografi. Panorama yang tersaji di sini benar-benar mengagumkan, terutama di pagi dan sore hari.

Di sekitar sini Teman Traveler akan menemukan beberapa muara sungai yang berada persis di pinggir pantai. Sangat indah jika diabadikan lewat bidikan lensa kamera. Begitu pula dengan suasana senjanya, karena Watu Gedek berhadapan langsung dengan matahari terbenam. 

Hamparan pasir hitam nan eksotis (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Perpaduan hamparan pasir hitam, perairan,dan cahaya senja tepi pantai jadi pemandangan menyenangkan untuk diabadikan. Oleh karena itu, Teman Traveler jangan sampai lupa membawa tripod jika sedang berkunjung ke sini.

Sayangnya, hingga tulisan ini diturunkan ada satu akses jalan yang terputus karena abrasi. Akibatnya, kendaraan tak bisa benar-benar parkir di dekat Watu Gedek. Teman Traveler harus rela berjalan kaki sebentar sebelum sampai lokasi.

Mampir ke Pantai TPI

Pagi di Pantai TPI (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Jika masih ada waktu, Teman Traveler bisa mampir ke Pantai Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Lokasinya juga berada di Kecamatan Tempursari. Di sini kalian bisa melihat pemandangan indah matahari terbit dan mengamati deretan kapal nelayan bersandar di tepian pantai.

Kesibukan nelayan di sekitar pantai (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Sama seperti Watu Gedek, Pantai TPI juga memiliki hamparan pasir hitam. Namun demikian, suasananya lebih ramai karena ada banyak penduduk tinggal sekitar sini. Teman Traveler juga bisa menemukan deretan warung dengan sajian makanan laut di tepi pantai.

Keindahan Pantai TPI dari udara (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Jarak antar pantai di Kecamatan Tempursari tak terlalu jauh. Jadi dalam sehari Teman Traveler bisa mengunjungi banyak destinasi sekaligus, untuk berlibur sembari memotret keindahan alamnya. Bagaimana, tertarik mampir ke Watu Gedek? Jangan lupa sambangi jika sedang liburan di Malang ya.

Tags
kontributor Lumajang Malang Travelingyuk Wisata Lumajang wisata malang
Share