Warung Makan Pak Ragil di Jogja, Sediakan Lele Spesial Berbumbu Sate

Advertisement

Ikan lele biasanya diolah menjadi lalapan. Disajikan dengan sambal dengan nasi hangat. Ada juga yang dimasak menjadi mangut lele dan menjadi makanan khas Jawa Tengah. Namun, di Jogja ada menu unik yang memadukan hidangan ini dengan bumbu sate. Namanya lele bumbu sate yang bisa ditemukan di Warung Makan Pak Ragil. Wah, seperti apa rasanya? Berikut penuturan Kontributor Travelingyuk, Anissa Saputri.

Warung Sederhana dengan Menu Istimewa

Tempat makan ini merupakan warung tenda yang berada di sekitar Stadion Mandala Krida. Warung ini terbilang sederhana karena berada di area trotoar. Namun, jangan kaget ketika melihat pembelinya, Hampir setiap hari, warung ini tak pernah sepi oleh pembeli. Warung Pak Ragil buka dari pukul 06.00 hingga siang hari. Biasanya jam 13.00 pun warung sudah tutup tergantung menu sudah habis atau belum.

Beberapa menu di Warung Makan Pak Ragil via Annissa Saputri
Beberapa menu di Warung Makan Pak Ragil (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Lokasinya yang tak jauh dari stadion membuatnya ramai ketika pagi hari. Pembeli tinggal duduk manis di kursi atau lesehan dengan tikar. Kemudian, pemilik warung akan menghidangkan masakan sesuai pesanan. Aneka lauk terlihat menggiurkan. Begitu pula dengan bumbunya. Rasanya istimewa dan harga menu di warung yang berlokasi di Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta (Kawasan Stadion Mandala Krida) ini sangat ramah kantong.

Lele Berbumbu Sate yang Unik dan Menarik

Lele bumbu sate via Annissa Saputri
Lele bumbu sate (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Menu paling menarik perhatian di sini adalah lele bumbu sate. Hidangan ini 6tidak biasa dan jarang ditemui di warung-warung di luar sana. Lele goreng yang dipadukan dengan saus kacang layaknya sate ayam ini, sangat menarik untuk dicoba. Ketika perpaduan daging lele yang gurih dan saus kacang yang cenderung manis  dan lembut berada di mulut, tercipta rasa yang menarik di lidah.

Saus kacang bumbu sate via Annissa Saputri
Saus kacang bumbu sate (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Meski lele hanya digoreng tidak dibakar seperti sate pada umumnya, namun satu porsi lele bumbu sate memberikan sensasi yang nikmat dengan harga yang sangat terjangkau. Cukup dengan harga Rp 8.000 per piringnya kita sudah bisa merasakan kuliner unik olahan Pak Ragil. Jangan lupa untuk memesan nasi putihnya dan menambahkan irisan cabe serta kerupuk agar lebih sempurna.

Menu Lain yang Menjadi Favorit

Telur Bawang Bombay via Annissa Saputri
Telur Bawang Bombay(c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain lele bumbu sate, ada menu lain yang patut untuk dicoba yakni telur bawang bombay dan ceker asam manis. Mungkin di rumah makan yang lain bisa kita temui menu-menu tersebut, namun di Warung Pak Ragil ini rasanya benar-benar nendang di lidah. Telur bawang bombay misalnya. Telur dadar dengan ukuran yang besar dengan kuah bawang bombay yang kental, membuat porsi ini sudah cukup untuk mengganjal perut meski disantap tanpa nasi. Kuahnya memiliki rasa asin, manis, dan pedas, lengkap dengan irisan loncang, cabai rawit, dan bawang bombay.

Ceker Asam Manis (c)Annissa Saputri/Travelingyuk
Ceker Asam Manis (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Kemudian ceker asam manis yang tak kalah lezat. Cekernya digoreng tepung dengan disiram kuah asam manis kental. Asamnya sangat terasa namun ini yang membuat jadi lebih segar dan mata melek. Menu ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih. Untuk satu porsi ceker asam manis dibanderol hanya dengan harga Rp6.000 dan sudah mendapat empat potong ceker, sedangkan untuk telur bawang bombay cukup membayar harga Rp8.000 sudah mendapat porsi besar.

Semua menu enak dan murah via Annissa Saputri
Semua menu enak dan murah(c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Bagaimana tertarik untuk mencobanya ketika sedang berlibur di Yogyakarta? Sempatkanlah untuk mampir ke Warung Makan Pak Ragil. Dijamin kenyang dan tidak akan menyesal dengan cita rasa dan harganya. Selamat berkuliner!

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Travelingyuk Yogyakarta
Share