Mangut Lele Enak di Jogja, Pedas Gurihnya Bikin Nagih

Mangut lele merupakan kuliner yang sangat kaya rempah. Karena itulah, citarasanya nendang dan membuat banyak orang ingin nambah. Rempah-rempah di mangut lele selain membuat rasanya nikmat, juga menghangatkan tubuh. Di Jogja, banyak tempat yang menyajikan kuliner ini dengan citarasa yang nikmat. Berikut ini ada empat mangut lele di Jogja yang layak banget untuk dicoba.

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto,Via Instagram jogjaeatguide
Mangut Lele Mbah Marto,Via Instagram jogjaeatguide

Salah satu penjual mangut lele kondang di Jogja adalah Mangut Lele Mbah Marto. Lokasinya berada di sebuh gang kecil di Dusun Nggeneng, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul. Lokasinya memang sederhana, namun rasa mangut lele di tempat ini begitu juara dan membuat banyak orang tergila-gila.

Proses pemasakannya juga masih menggunakan kayu bakar, sehingga menimbulkan citarasa yang istimewa. Kuliner satu ini sudah berada di Jogja sejak tahun 1960-an. Masuk kuliner legendaris Jogja yang boleh untuk dicicipi kapan saja.

Mangut Lele Bu Is

Mangut Lele Mbak Is, Via Instagram wowstreetfoods
Mangut Lele Mbak Is, Via Instagram wowstreetfoods

Tidak kalah legendaris dari Mangut Lele Mbah Marto, warung Mangut Lele Bu Is juga hampir tidak pernah sepi pembeli. Lokasinya berada di Jl. Imogiri Barat Km 12, Dusun Jetis, Desa Sumber Agung, Kecamatan Jetis, Bantul dan telah beroperasi sejak tahun 1979 lamanya. Citarasa mangut lele di lokasi ini memiliki santan yang cukup kental namun tidak membuat penikmatnya enek. Bisa dikunjungi jika ingin mencicipi mangut lele enak dengan citarasa yang menggoda.

Mangut Lele Yu Temu

Mangut Lele Yu Temu, Via Instagram jogjakakilima
Mangut Lele Yu Temu, Via Instagram jogjakakilima

Sederhana namun istimewa, Mangut Lele Yu Temu ini ternyata sudah berusia setengah abad lamanya. Lokasinya mblusuk, di daerah Sembangun, Bangunjiwo, Bantul. Jika ditempuh dari pusat kota, lokasi kuliner legendaris di Jogja satu ini memakan waktu kurang lebih satu jam lamanya. Meskipun lokasinya tidak di tengah kota, namun banyak penikmatnya yang rela jauh-jauh datang. Lokasinya begitu sederhana, tapi rasanya yang wah membuat para pelanggan berdatangan.

Mangut Lele Mak Badar

Mangut Lele Mak Badar, Via Instagram agik_garis_miring
Mangut Lele Mak Badar, Via Instagram agik_garis_miring

Berlokasi di selatan Kampus ISI, tepatnya di Dusun Nengahan, Pedukuhan Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Mangut Lele Mak Badar ini bisa dicicipi. Ciri khas dari tempat kuliner satu ini adalah setiap ekor lele disajikan dalam piring dengan alas daun pisang. Proses pengasapan pada lele membuat citarasanya makin menggoda. Dilahap dengan nasi putih hangat dan dipadu dengan sambal goreng akan semakin nikmat.

Icip mangut lele di Jogja bisa menjadi alternatif kuliner selain gudeg ya, Teman Traveler. Jika tetap ingin gudeg, bisa membawanya sebagai oleh-oleh. Sekarang ini sudah banyak gudeg kaleng ataupun yang dimasukkan dalam kendi, sehingga makin praktis saat dibawa pulang.

Tags
Indonesia Jogja mangut lele di jogja
Share