Varian Lumpia dari Berbagai Kota di Indonesia, Tak Cuma dari Semarang Saja

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Popiah, Via Instagram elynandbear Popiah, Via Instagram elynandbear

Jika berbicara masalah lumpia, selama ini memang yang paling terkenal datang dari Semarang. Bahkan kepopulerannya menjadikan lumpia sebagai salah satu kuliner khas Semarang yang dijadikan oleh-oleh untuk para pengunjung yang datang. Lumpia Semarang memang sangat populer, tapi kamu perlu tahu ada varian lainnya dari berbagai kota di Indonesia. Maka dari itu, akan diberikan list varian lumpia di Indonesia.

Popiah, Medan

Popiah, Via Instagram lovefoodlifenolie
Popiah, Via Instagram lovefoodlifenolie

Medan memiliki jenis lumpia berukuran jumbo yang disebut dengan popiah. Ini merupakan jenis lumpia basah. Karena ukurannya yang jumbo alias besar, di Medan popiah bukan lagi jadi kudapan, melainkan jadi makanan utama. Isiannya sangatlah kaya, mulai dari udang, rebung, remukan kacang tanah, telur orak-arik, dan berbagai isian lainnya. Karena isiannya yang beragam itulah, popiah memiliki bentuk yang gendut.

Lumpia Delanggu, Klaten

Lumpia dulek, Via website/antarafoto.com
Lumpia dulek, Via website/antarafoto.com

Lumpia lainnya datang dari Jawa Tengah, tepatnya Klaten. Lumpia ini diberi nama dengan lumpia dulek, lumpia delanggu atau ada yang menyebutnya sebagai sosis kecut. Ini merupakan produk khas dari Desa Delanggu. Ukurannya mini, dengan isian tauge di dalamnya. Bahan bakunya adalah tepung pati sehingga menimbulkan citarasa sedikit asam. Maka dari itulah disebut sebagai sosis kecut, kecut merupakan bahasa Jawa yang memiliki arti asam.

Lumpia Samijaya, Jogja

Lumpia Samijaya, Via Instagram jogjafoodhunter
Lumpia Samijaya, Via Instagram jogjafoodhunter

Di Jogja terdapat varian lumpia yang cukup berbeda dari yang terdapat di Semarang. Banyak dijual di kaki lima di sekitaran Malioboro, lumpia khas Jogja ini memiliki isian suwiran ayam, wortel, tauge, dan juga bengkuang. Untuk menu spesial, biasanya ditambah dengan sebutir telur puyuh di dalamnya. Sementara itu untuk sausnya terbuat dari bawang, acar, dan cabai rawit. Perpaduan citarasa yang lengkap, ada gurih, manis, asam, dan juga pedas.

Lumpia Basah, Bogor

Lumpia basah Bogor, Via Instagram jktfoodseeker
Lumpia basah Bogor, Via Instagram jktfoodseeker

Di Semarang juga menawarkan lumpia basah, tapi di Bogor memiliki sedikit hal yang berbeda. Lumpia khas Bogor ini memiliki isian yang sangat melimpah, ada cacahan bengkuang, tauge, tahu, ebi giling dan juga telur. Uniknya, biasanya lumpia basah dari Bogor ini ditempatkan pada wadah daun pisang, sehingga makin nikmat saja rasanya.

Lumpia Semarang memang sangat lezat dan seringkali jadi oleh-oleh. Tapi, kamu juga perlu mencoba berbagai variasi lumpia lainnya dari berbagai daerah dari Indonesia. Supaya kamus rasa lumpia bisa bertambah. Yang mana lumpia favoritmu?