Bernostalgia dengan Berburu Kuliner Legendaris di Semarang

Salah satu simbol kecantikan kota Semarang adalah banyaknya bangunan tua yang masih bertahan hingga sekarang. Seperti kekokohan Lawang Sewu dengan pesona mistisnya yang tak tergantikan. Namun tidak hanya wisata, kuliner di kota ini juga bikin banyak orang ketagihan. Terlebih ada banyak makanan legendaris yang sudah berusia puluhan tahun. Seperti di bawah ini.

1. Pisang Plenet Pemuda

Pisang Plenet Pemuda, Semarang
Pisang Plenet Pemuda, Semarang via instagram/@radjagowphal

Pisang plenet merupakan kuliner legendaris Semarang yang kini makin langka. Jumlah penjual jajanan pisang dipipihkan tersebut tak sampai hitungan jari penuh. Salah satu yang masih setia adalah Pisang Plenet Pemuda yang berada di depan Pasaraya Sri Ratu. Kuliner di gerobak milik pak Turdi ini tak hanya enak, tapi juga memiliki banyak penggemar. Bahkan setelah 58 tahun lebih berjualan, cita rasanya tak berubah.

Pisang Plenet Pemuda
Pisang Plenet Pemuda via instagram/@dyahayn

2. Babat Gongso Pak Karmin Mberok

Babat Gongso Pak Karmin Mberok
Babat Gongso Pak Karmin Mberok via instagram/@rio_nugros01

Bicara soal babat gongso, kedai Pak Karmin Mberok tentu jadi ahlinya. Banyak orang yang mengatakan bahwa pemilik warung inilah yang pertama kali memperkenalkan menu lezat babat gongso. Dibuka sejak tahun 1971, warung ini bisa bertahan dan memiliki pelanggan setia. Penasaran dengan rasanya, datang saja ke Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Babat Pak Karmin Mberok
Babat Pak Karmin Mberok via instagram/@dyana_triwara

3. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik, Semarang
Es Puter Cong Lik, Semarang via instagram/@gamanesia.id

Kamu pecinta es puter? Mampirlah ke Jalan KH. Ahmad Dahlan A No.11, Karangkidul saat ke Semarang. Di jalan tersebut ada warung kaki lima yang terkenal dengan kelezatan es puternya. Namanya Es Puter Cong Lik, yang memiliki banyak rasa, seperti cokelat, alpukat, kelapa, hingga durian. Sementara seporsinya terdiri dari empat scoop es puter, roti iris, mutiara serta kelapa. Keunikan lain yang membuat Es Puter Cong Lik laris manis adalah rasanya. Tak berubah sejak tahun 1982.

Es Puter Cong Lik
Es Puter Cong Lik via instagram/@artlandita

4. Kue Leker Pak Paimo

Kue Leker Pak Paimo
Kue Leker Pak Paimo via instagram/@surabayafoodies

Kuliner wajib saat liburan ke Semarang? Jawabannya adalah Leker Pak Paimo. Namanya sudah tak asing dan menjadi jujukan wisatawan dalam maupun luar kota. Keunikan leker di sini tidak lain karena topping dan rasanya yang nikmat. Ada telur sosis, tuna keju, jagung manis, keju abon, telur sosis keju, telur sosis tuna, telur sosis tuna keju, sosis mozarella, dan banyak lainnya. Kamu pun bisa memilih ukuran leker, baik tipis atau tebal. Bagaimana, sudah coba kuliner enak sejak tahun 1978 ini belum?

Leker Pak Paimo
Leker Pak Paimo via instagram/@info.enak

5. Loenpia Gang Lombok

Loenpia Gang Lombok, Semarang
Loenpia Gang Lombok, Semarang via instagram/@makansampaikenyang

Berbicara kuliner di Semarang, kurang lengkap jika belum mencoba lumpianya. Tak susah menemukan makanan khas ini karena di sekitar objek wisata banyak penjual yang menjajakannya. Salah satu yang terkenal dan disebut-sebut pertama di Semarang adalah Loenpia Gang Lombok di Jalan Gang Lombok No. 11. Lumpia di warung yang berusia lebih dari satu abad ini memang enak. Ada isi ayam dan udang. Sementara ukurannya besar dengan tekstur isi yang padat. Kamu bisa memesan untuk di bawah pulang atau dimakan langsung di tempat.

Loenpia Gang Lombok
Loenpia Gang Lombok via instagram/@travel_revel

6. Asem-asem Koh Liem

Asem-asem Koh Liem, Semarang
Asem-asem Koh Liem, Semarang via instagram/@foodaffair

Asem-asem Koh Liem menjadi makanan berikutnya yang pastinya bikin kamu puas. Kuliner ini bisa kamu temukan di warung sederhana yang berlokasi di Jalan Karang Anyar No. 28. Seporsi asem-asem ini mencuri perhatian dengan aroma kuah yang menggiurkan. Rasanya pun nendang dengan rempah yang kuat. Selain asem-asem, di sini juga terdapat aneka gorengan, seperti kekian goreng, tempe goreng, peyek udang, sate ayam, sate babi, dan banyak lainnya.

Asem-asem Koh Liem
Asem-asem Koh Liem via instagram/@bandungfoodie

Nah, itulah enam kuliner legendaris di Semarang yang sayang untuk dilewatkan. Bagaimana, sudah pernah menjajal makanan enak di atas?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Kuliner Legendaris semarang
Share