Tak Hanya Bunaken, Ini Opsi Destinasi Traveling ke Manado

Di kalangan pecinta diving dan snorkeling, nama Taman Nasional Bunaken memang tersohor. Bahkan tempat ini memiliki luas area mencapai 89.000 hektar dan berisi dengan terumbu karang serta berbagai biota laut. Tak heran jika Bunaken menjadi destinasi wisata Manado dengan daya tarik yang besar bagi Kota Manado. Namun masih ada pilihan destinasi lain saat traveling ke Manado. Seperti tempat berikut ini.

1. Pulau Siladen

Perairan Pulau Siladen yang jernih via instagram/trisnaindonesia

Destinasi ini terletak tak jauh dari Bunaken. Pulau Siladen memiliki pasir putih yang bersih serta perairan sekitarnya yang masih jernih. Di lepas pantainya, kamu juga dapat menemukan titik snorkeling dengan terumbu karang serta berbagai macam biota laut. Jika ingin berlama-lama di sini, Pulau Siladen juga menyediakan resor yang dapat disewa.

2. Pulau Manado Tua

Perairan di sekitar Pulau Manado Tua via instagram/ezytravel

Lokasinya berseberangan dengan Pulau Bunaken, membuat pulau ini dapat menjadi salah satu opsi saat berkunjung ke Manado. Pulau Manado Tua memiliki gunung setinggi 800 mdpl serta hutan hujan tropis dengan berbagai satwa liar di dalamnya. Perairannya pun tak kalah indah dengan Taman Laut Bunaken. Selain itu, Pulau Manado Tua juga memiliki beberapa peninggalan sejarah era penjajahan Jepang.

3. Taman Budaya Manado

Salah satu pentas budaya yang diselenggarakan di Taman Budaya Manado via instagram/rya_anw

Berlokasi tidak jauh dari pusat Kota Manado, membuat tempat ini dapat menjadi destinasi sempurna saat datang ke Manado. Taman Budaya Manado juga sering menjadi lokasi untuk pagelaran, pameran, serta pelatihan seni budaya. Karena itu destinasi wisata Manado yang satu ini menjadi tempat yang tepat jika kamu ingin mengenal seni budaya daerah Manado.

4. Kuil Ban Hin Kiong

Bagian depan Kuil Ban Hin Kiong via instagram/jeffreyhendrik

Kuil Ban Hin Kiong terletak di Jalan DI Panjaitan yang tidak lain adalah kawasan pecinan di Manado. Kuil Budha ini telah dibangun sejak tahun 1819 oleh Dinasti Qing. Pada tahun 1970, tempat ibadah ini pernah terbakar hebat. Kuil Ban Hin Kiong telah mengalami beberapa kali renovasi, namun tidak menghilangkan bentuk bangunan aslinya. Salah satu destinasi keren saat traveling ke Manado, kan?

Selain Taman Nasional Bunaken, Manado masih memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik. Empat tempat wisata Manado di atas merupakan beberapa contohnya. Bahkan dua dari empat destinasi tersebut juga memiliki pemandangan bawah laut yang memukau. Ada yang sudah pernah kamu kunjungi?

Tags
Indonesia Manado Sulawesi Utara Wisata
Share