Mudik ke Jogja? Inilah Top 5 Rekomendasi Kuliner Populer Wajib Coba

Jogja memang selama ini merupakan destinasi wisata yang sulit sekali ditampik pesonannya. Terlebih lagi kulinernya, benar-benar membuat wisatawan gendut hanya dalam beberapa kunjungan saja. Tak bisa dipungkiri jika kuliner Jogja banyak yang enak, menggiurkan dan harganya terjangkau. Beberapa hari yang lalu, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Merilis 10 Top Kuliner Jogja. Mari kita list 5 di antaranya.

Bakmi Jowo Mbah Gito

Bakmi Jowo Mbah Gito, via Instagram/myfunfoodiary
Bakmi Jowo Mbah Gito, via Instagram/myfunfoodiary

Bakmi Jowo Mbah Gito berada di kawasan Kotagede. Alamat tepatnya berada di Jl. Nyi Agengnis No. 9, Rejowinangun, Kotagede. Di sini ada beberapa menu unggulan yang biasanya dipesan oleh para pengunjung. Mulai dari bakmi Jawa khas Magelangan, nasi goreng, dan mi goreng dengan citarasa berempah dan sedikit pedas. Keunggulan bakmi godog di sini adanya tambah telur bebek yang bikin rasanya makin gurih. Harganya Rp20.000-an ya.

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum, via Instagram/voilajogja
Gudeg Yu Djum, via Instagram/voilajogja

Tempat kuliner populer lainnya adalah Gudeg Yu Djum Pusat yang menyuguhkan gudeg sebagai menu utamanya. Pendirinya adalah Djuwariyah atau yang lebih dikenal sebagai Yu Djum, yang sudah merintis usaha kuliner ini sejak 1951. Ada banyak pilihan menu yang bisa dicoba, gudeh telur, gudeg ayam, dan lain-lain. Sudah ada beberapa cabang di Jogja, pusatnya berada di Jl. Kaliurang KM 4,5 CT III/22 Karangasem, Mbarek, Jogja.

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto, via Instagram/jogjaseni
Mangut Lele Mbah Marto, via Instagram/jogjaseni

Yang enak lainnya di Jogja, bikin air liur mengucur dengan derasnya adalah Mangut Lele Mbah Marto. Tempat ini menyuguhkan menu ikan lele mangut yang rasanya bikin kangen. Lokasinya memang terpencil di Dusun Nggeneng, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, meskipun begitu ramai dengan pengunjung. Serporsi mangut lengap dengan nasi dan laut akan membuatmu tak berhenti mengunyah.

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon, via Instagram/joglosemar.update
Gudeg Pawon, via Instagram/joglosemar.update

Selain Yu Djum, gudeg lainnya di Jogja yang sangat kondang adalah Gudeg Pawon. Kalau makand i sin harap bersabar ya, antriannya hampir selalu mengular. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1950-an dan selalu diminati. Alamatnya berada di Jl. Pof. DR Soepomo, Janturan Umbulharjo, Jogja. Jam bukanya mulai dari pukul 22:00 WIB. Rasanya begitu melegenda, bisa dicoba ya.

Mie Ayam Tumini

Mie Ayam Tumini, via Instagram/dwiarifwicaksono
Mie Ayam Tumini, via Instagram/dwiarifwicaksono

Teman Traveler penggemar olahan mi, wajib coba Mie Ayam Tumini jika jalan-jalan ke Jogja. Kuahnya memiliki tekstur kental dengan rasa yang bikin berbinar. Alamatnya berada di Jl. Imogiri Timur No. 187 Umbulharjo, Jogja. Tempatnya selalu ramai dengan pengunjung yang datang. Tempat ini sudah ada mulai awal 1990-an. Coba ya jika sedang eksplore Kota Gudeg.

Apakah sudah ada yang pernah dicoba sebelumnya? Yuk sharing rasanya, supaya jadi rekomendasi Teman Traveler lainnya.

Tags
Indonesia top kuliner jogja
Share