Menyantap Nasi Gudeg Yu Sum, Cita Rasa Manisnya Jogja

Menikmati nasi gudeg, jadi sebuah keharusan bagi para pelancong di Jogja. Hidangan ini memang sudah menjadi kuliner andalan Kota Pelajar dan citarasanya disukai banyak orang. Terbukti, Teman Traveler bisa menemukan banyak penjaja kuliner ini di Jogja. Salah satu yang wajib dicoba adalah Gudeg Yu Sum.

Seporsi Nasi Gudeg Yu Sum (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Gudeg menyajikan rasa manis, berpadu dengan pedasnya sambal krecek. Sensasinya terasa unik di lidah dan telah sukses memikat banyak penikmat kuliner nusantara. Sajian ini pula yang konon membuat sederet orang kangen dan ingin kembali ke Jogja.

Tak heran jika Jogja memiliki banyak sekali penjual gudeg. Beberapa di antaranya bahkan sudah berstatus legendaris. Apakah istimewanya Gudeg Yu Sum? Ini dia ulasan singkatnya.

Berjualan Sejak 1974

Proses memasak gudeg (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Yu Sum sudah mulai menjajakan nasi gudeg sejak 1974. Hal tersebut membuat beliau jadi sangat berpengalaman dalam mengolah gudeg. Seiring berjalannya waktu, resep andalannya terus disempurnakan hingga sekarang. Racikannya terasa begitu pas di lidah konsumen.

Gudeg sendiri dua jenis: basah dan kering. Gudeg basah biasa disajikan untuk pelanggan yang ingin makan di tempat. Sementara gudeg kering dihadirkan khusus untuk pelanggan yang ingin bungkus atau bawa pulang. Teman Traveler bisa menemukan dua jenis masakan itu di Gudeg Yu Sum.

Alat Masak Tradisional

Dimasak menggunakan tungku tradisional (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Salah satu rahasia mengapa Gudeg Yu Sum bertahan sampai sekarang dan diminati banyak pelanggan adalah cara masaknya yang masih menggunakan alat-alat tradisional. Kompornya saja masih memanfaatkan tungku dan kayu bakar.

Meski waktu memasaknya lebih lama dibanding menggunakan kompor gas, aroma kayu bakar itu menciptakan kekhasan tersendiri dan membuat gudeg terasa lebih lezat. Apalagi, kayu bakar mampu menghasilkan panas lebih tinggi, sehingga gudeg pun jadi matang sempurna.

Lokasinya Strategis dan Mudah Ditemukan

Sambal krecek pedas (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Pusat Gudeg Yu Sum ada di Jalan Imogiri, dekat Terminal Giwangan. Keberadaannya tak pernah gagal menarik minat para penumpang untuk mencicipi seporsi gudeg buatannya. Demikian pula dengan pelancong yang hendak jalan-jalan di wisata sekitar Imogiri dan Mangunan.

Lokasi kedai Yu Sum juga sangat strategis karena berada di tepi jalan utama Imogiri. Ada plang berukuran besar sehingga sangat mudah untuk ditemukan.

Nikmatnya seporsi nasi gudeg (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Tertarik mencicipi nikmatnya seporsi Nasi Gudeg Yu Sum? Teman Traveler bisa langsung meluncur ke Jalan Imogiri Timur no 169, Nglebeng, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Jogja. Mereka buka antara jam 06.00 hingga pukul 21.00. Buktikan sendiri, manisnya cita rasa Kota Pelajar?

Tags
gudeg yu sum Indonesia Jogja kontributor kuliner Jogja Travelingyuk
Share