Toko Roti Djoen yang Melegenda di Jogja, Telah Berdiri Sejak Zaman Belanda

Advertisement

Jogja tak hanya menawarkan ragam kuliner tradisional. Kota Gudeg ini juga menyimpan segudang kuliner pendatang yang memiliki cita rasa nikmat. Tak salah jika banyak toko roti yang bertebaran. Contoh yang sangat melegenda adalah Toko Roti Djoen yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Buat kamu yang selama ini gemar menyantap berbagai olahan jadul, tentu tidak asing dengan ini ya. Penasaran?

Tempat Kuliner yang Legendaris Sejak Tahun 1942

Roti Djoen yang melegenda, via Instagram/taufiqur.rizal
Roti Djoen yang melegenda, via Instagram/taufiqur.rizal

Toko Roti Djoen telah ada sejak tahun 1942 yang lalu, tiga tahun sebelum Indonesia merdeka. Merupakan tempat yang begitu hits sejak tahun 1960-1970-an. Meskipun bisa dibilang sekarang ini tidak selaris yang dahulu, namun masih menyimpan beragam daya tarik yang begitu kental untuk wisatawan yang datang, serta selalu ada saja pembeli berdatangan setiap harinya.

Menu yang paling digemari, via Instagram/akugadisgembul
Menu yang paling digemari, via Instagram/akugadisgembul

Sekarang, Toko Djoen ini dikelola menantu pemilik pertama, Tan Qian Ngau yang bernama Hardinah. Saat berada di depan, kamu sudah akan mengenalinya karena begitu khas. Plangnya memiliki warna hijau tua dengan tulisan Toko Djoen kuning keemasan, membuat toko ini terkesan makin klasik.

Ciri Khas dan Keistimewaan dari Toko Roti Djoen

Menu andalan, via Instagram/voilajogja
Menu andalan, via Instagram/voilajogja

Berkunjung ke Roti Djoen, kamu akan merasakan kembali ke zaman dahulu dengan nuansa klasik yang kental. Bangunan lama dan menu roti klasik akan mengajakmu bernostalgia. Teman Traveler akan mendapatkan beragam roti segar yang dipajang di etalase kaca. Bahan yang digunakan masih setia pada resep kuno yang telah ada turun temurun.

Jangan lupa coba, via Instagram/jogjataste
Jangan lupa coba, via Instagram/jogjataste

Roti-roti yang dipajang hingga saat ini masih diolah secara handmade dengan resep sederhana dan tidak menggunakan oven. Maka dari itulah, berbagai produksi roti di sini hanya bertahan selama kurang lebih satu hari, karena tidak menggunakan pengawet apa pun. Salah satu menu unggulannya adalah roti bantal dengan rasa original.

Alamat Toko Roti Djoen

Pilihan menu lain, via Instagram/c_thoeng
Pilihan menu lain, via Instagram/c_thoeng

Ingin berkunjung ke Toko Roti Djoen, kamu bisa langsung datang ke Kawasan Malioboro, tepatnya berada di Jl. Jenderal A Yani No. 50. Ada pula Toko Djoen ‘Muda’ yang masih dikelola oleh keluarga, lokasinya bertempat di Jl. Kolonel Sugiyono No. 70 C. Rasanya tak jauh beda lantaran menggunakan resep yang sama.

Jogja selalu saja punya cara untuk membuat para pengunjungnya kembali untuk berkunjung. Benar-benar Istimewa, yuk jangan lupa untuk mampir ke tempat ini jika sedang liburan ke Jogja, khususnya saat berada di Malioboro.

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Toko Roti Djoen
Share