Borong Kue dari Toko Roti Legendaris Jogja Saat Mudik ke Kota Gudeg

Semua pasti setuju, Jogja adalah kota yang selalu dirindukan. Pesona dari Kota Gudeg ini memang nggak ada matinya, Keramahan penduduknya, kuliner Jogja yang ngangenin, juga beragam wisatanya yang nggak cukup dikunjungi sekali saja. Selain bakpia, boleh juga nih mampir ke toko roti legendaris Jogja untuk berburu oleh-oleh. Di mana saja?

1. Toko Roti Djoen

Toko Roti Djoen
Toko Roti Djoen via Instagram/@sejuta_pelangi

Toko roti legendaris Jogja yang pertama adalah Djoen. Gerai sederhana ini sudah berdiri sejak tahun 1942. Kini toko roti ini dikelola oleh generasi kedua, namun tetap tidak mengubah resep dan cara pembuatan. Roti di Toko Djoen dibuat tanpa bahan pengawet, sehingga hanya bisa bertahan satu hari. Paling laris adalah roti sobek, ada yang tawar, lainnya manis berisi coklat. Penasaran? Mampir saja ke tokonya yang berada di Jalan Ahmad Yani No.80, Ngupasan, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Kue di Toko Roti Djoen
Kue di Toko Roti Djoen via Instagram/@deeyagram

2. Toko Roti Jakarta

Toko Roti Jakarta
Toko Roti Jakarta via Instagram/@toko_roti_jakarta

Ada juga Toko Roti Jakarta yang terletak di Jalan Jlagran Lor No.7, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Andalan dari toko ini adalah Roti Ontbijtkoek yang dibuat sejak tahun 1924. Roti legendaris ini merupakan perpaduan rasa antara gula merah jawa dan kayu manis. Rasanya yang khas membuat camilan yang satu ini laris manis dan selalu dicari. Semua jajan di Toko Roti Jakarta dibuat setiap hari. Untuk roti-roti yang tidak laku di hari tersebut akan dibuang, tidak akan dijual lagi keesokan harinya.

Toko Roti Jakarta Jogja
Toko Roti Jakarta Jogja via Instagram/@vonnyeyd

3. Toko Roti Trubus

Toko Roti Trubus
Toko Roti Trubus via Instagram/@tonnyarie

Toko Roti Trubus sudah berdiri sejak tahun 60-an. Toko pertamanya berada di Jalan Poncowinatan No.67 – 71, Cokrodiningratan, Jetis, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta. Ada beragam jajanan pasar, tentu saja dengan rasa enak yang nggak pasaran. Tenang saja, kamu tak perlu jauh-jauh ke tokonya karena Toko Roti Trubus memiliki banyak mbok-mbok sigap yang keliling dengan  tenongan. Selain jajan pasar, Toko Roti Trubus juga menyediakan berbagai kue modern.

Tenongan Toko Kue Trubus
Tenongan Toko Kue Trubus via Instagram/@rubi_apriyanto

4. Mirota Bakery

Outlet Mirota Bakery
Outlet Mirota Bakery via Instagram/@mirotabakery

Toko roti legendaris Jogja yang menyediakan kue tak kalah enak adalah Mirota Bakery. Gerainya berada di Jalan Faridan Muridan Noto No.7, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta dan sudah buka sejak pukul 7 pagi. Nama Mirota merupakan kepanjangan dari Minuman, Roti, dan Taart. Meski sudah dikelola oleh generasi ketiga, namun resep yang digunakan tetap dari sang oma. Selain roti, toko ini juga menyediakan jajanan pasar, juga minuman tradisional seperti dawet. Boleh nih mampir untuk mencicipi rotinya.

Mirota Bakery
Mirota Bakery via Instagram/@mirotabakery

Wah, ternyata nggak harus bawa bakpia nih untuk oleh-oleh setelah liburan dari Jogja. Ada beberapa pilihan toko roti legendaris Jogja yang juga menarik untuk diburu. Bagaimana, kamu sudah pernah coba yang mana?

Tags
Indonesia Jogja Toko Roti Legendaris Jogja Yogyakarta
Share