Jelang Suicide Prevention Month, Berikut Tips yang Tepat Untuk Traveling

Setiap September seluruh dunia memperingati Suicide Prevention Month (Bulan Pencegahan Bunuh Diri). Hal ini tentu bisa dilakukan dengan beberapa cara. Selain selalu terbuka dengan orang lain dan memahami diri sendiri, kita juga perlu traveling.

Cara ini dapat dilakukan supaya kita tidak terus dirundung depresi dan mengakibatkan pikiran bunuh diri terngiang di kepala. Lantas, bagaimana tips traveling yang pas agar tidak mengalami depresi berkepanjangan? Berikut ulasannya. 

Memastikan Kesehatan Sebelum Melakukan Perjalanan 

bulan pencegahan bunuh diri
Memastikan kesehatan via shutterstock

Hal terpenting sebelum melakukan perjalanan adalah memastikan kesehatan. Cara yang paling benar adalah memeriksakan diri ke dokter. Jangan lupa tanyakan juga, apa yang boleh dan tidak seharusnya dilakukan ketika melakukan perjalanan. Lebih amannya, ajaklah juga seseorang untuk menemani, supaya bisa membantu jika terjadi apa-apa. 

Menghindari Pusat Keramaian 

bulan pencegahan bunuh diri
Menghindari tempat ramai via shutterstock

Apabila Teman Traveler ingin melakukan sebuah perjalanan, disarankan untuk menghindari tempat yang ramai. Seperti mall, festival dan tempat-tempat yang penuh kerumunan orang lainnya. Alasannya karena ramainya orang, bisa menyebabkan kebingungan, bad mood dan cemas. Kalau kalian tidak bisa mengatasi hal-hal tersebut, stres bisa muncul dengan sendirinya. 

Melakukan Perjalanan Jarak Jauh 

Melakukan perjalanan jarak jauh via shutterstock

Kemudian, tidak disarankan untuk melakukan traveling jarak jauh. Khususnya ke daerah yang bahasa dan budayanya jauh berbeda dengan tempat tinggal. Ditakutkan apabila komunikasi dengan orang asli di destinasi wisata tidak lancar, bisa mengancam kesehatan mental. Akibat seperti ini biasanya akan dirasakan oleh orang yang mengidap skizofrenia. 

Tidak Mengonsumsi Alkohol 

Menghindari konsumsi alkohol via shutterstock

Terakhir, hindari mengonsumsi alkohol ketika sebelum atau saat melakukan perjalanan. Meskipun alkohol dipercaya untuk mengatasi kecemasan saat traveling, dampak sebenarnya sangat tidak baik. Contohnya kehilangan kesadaran, emosi yang meledak-ledak sampai dengan memicu melakukan tindakan yang berbahaya. 

Itulah cara aman untuk melakukan traveling supaya tidak muncul kecemasan dan hal buruk lainnya. Sehingga disarankan untuk melakukan perjalanan yang tidak jauh dari tempat tinggal. Kemudian, sebisa mungkin ditemani oleh kerabat ketika bepergian. Jangan lupa, untuk share artikel
Suicide Prevention Month ini kepada kerabat terdekat untuk memperingati bulan pencegahan bunuh diri. 

Tags
bulan pencegahan bunuh diri tips traveling
Share