Tips Traveling Pertama Kali ke Istanbul Turki, Biar Makin Happy

Ada kalanya kita perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengunjungi suatu tempat untuk berlibur. Hal tersebut bisa menjadi satu gambaran kecil tentang apa dan bagaimana kondisi tempat yang akan kita datangi. Riset itu akan membantu kita dan mempermudah perjalanan selama di tempat yang dituju. Misalnya saja ke Istanbul Turki. Ada tips pertama kali ke Istanbul Turki yang perlu diketahui.

Berikut ini ada beberapa hal tentang Istanbul, Turki yang sebaiknya perlu diketahui agar tidak kaget jika melakukan perjalanan pertama kali dari Prisca Lohuis, kontributor Travelingyuk.

1. Mudah Mendapatkan E-visa Bagi WNI

Pengurusan visa mudah, Via Instagram electroniccityid
Pengurusan visa mudah, Via Instagram electroniccityid

Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapatkan kemudahan fasilitas e-visa dari Turki. Sesuai namanya, e-visa didapatkan secara online dengan membayar USD 25 (ditambah service fee USD 0,70). Berbeda dengan warga Eropa yang mendapatkan multiple entry selama 90 hari di Turki, e-visa bagi WNI hanya berlaku untuk single entry selama 30 hari saja. Jika kalian ingin mengunjungi Turki lagi, maka kalian harus membuat e-visa lagi.

2. Antrian Imigrasi yang Tak Pernah Sepi

Bandara Attaturk, Via Instagram mustafasvm
Bandara Attaturk, Via Instagram mustafasvm

Attaturk sebagai salah satu bandara internasional yang ada di Istanbul, melayani banyak sekali penerbangan setiap harinya. Didukung dengan pesona Istanbul dan sejarah yang luar biasa, banyak orang ingin berkunjung ke sana. Hal ini tentu saja menimbulkan banyak antrian di imigrasi bandara. Paling tidak kalian akan membutuhkan waktu setengah jam hanya untuk berdiri di antrian imigrasi hingga paspor di stempel.

3. Sulit Akses Internet di Bandara

Sulit akses Wifi di bandara, Via Instagram thisissmiths
Sulit akses internet di bandara, Via Instagram thisissmiths

Biasanya bandara menyediakan jaringan internet yang lancar. Namun tidak dengan bandara Attaturk. Akses internet gratis tidak bisa diakses di sembarang tempat. Salah satu teman mengatakan akses di lantai 2 masih bisa diandalkan daripada di tempat lainnya. Bisa juga dengan membeli paket data yang dijual di bandara. Namun paket data internet akan aktif dalam jangka waktu 24 jam.

4. Tidak Semua Orang Turki bisa Bahasa Inggris

Istanbul, (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Istanbul, (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Jangan kaget jika kebanyakan orang Turki tidak bisa berbahasa Inggris. Sama halnya dengan kebanyakan orang Indonesia, sangat jarang sekali bisa menemukan orang Turki yang bisa berbahasa Inggris walaupun level dasar (kecuali staf hotel). Kalian beruntung jika menemukan orang Turki yang bisa bicara Bahasa Inggris walaupun terbata-bata. Jadi lebih baik persiapkan saja kosa-kata bahasa Turki yang dasar minimal untuk membeli makan di luar.

5. Banyak Perokok Aktif

Banyak perokok aktif, Via Instagram zebagram
Banyak perokok aktif, Via Instagram zebagram

Jika banyak dari orang Indonesia merokok sembarangan, orang Turki lebih juara dalam hal ini. Tak hanya laki-laki, bahkan perempuan saja sangat menyukai merokok. Mereka pun akan merokok di manapun berada (kecuali tempat ber-AC). Bisa jadi hal ini dipengaruhi dari faktor budaya dan kegemaran merokok shisha. Jadi persiapkan diri kalian seperti membawa masker atau apapun yang mendukung jika memang tidak bisa menerima asap rokok terutama dengan alasan kesehatan.

6. Banyak Pengungsi dari Siria

Pengungsi Siria, researchturkey.org

Perang yang terjadi di Siria menyebabkan banyak penduduknya mengungsi ke Turki. Tempat yang menjadi tujuan salah satunya adalah Istanbul. Mereka akan banyak terlihat di sore hari hingga malam hari sepanjang jalan untuk mengemis. Karena memang mereka tidak memiliki dokumen resmi untuk bekerja. Salah satu orang yang kami temui mengatakan bahwa hal itu adalah jaringan mafia, sama seperti yang kebanyakan pengemis Indonesia lakukan. Persiapkan koin dan berikan kepada mereka ketika kalian menemuinya di jalanan, atau tidak menghiraukan mereka sama sekali. Pilihan ada ditangan kalian.

7. Scammer Restauran

Simit dan kopi Turki, (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Simit dan kopi Turki, (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Jika tiba-tiba di jalan ada yang menyapa kalian dan mengatakan “Hai, kamu mau kemana? Aku resepsionis hotel di tempatmu. Apa kamu sudah makan? Restoran sebelah sana enak sekali dan murah, kamu harus kesana. Istriku dan anakku suka makan disana”, itu adalah hal biasa yang terjadi di sekitar pusat kota Istanbul (sepanjang jalan sekitar Ayasofya) dan alangkah baiknya jika tidak mudah mempercayainya.

8. Kota Seribu Kucing

banyak kucing (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Banyak kucing (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Hal ini tentu saja menjadi hal yang mengagumkan bagi penggemar kucing, tapi tidak bagi orang yang tidak suka kucing atau memiliki alergi khusus terhadap kucing. Kota Istanbul adalah kota yang penuh dengan kucing. Kucing akan mudah dijumpai setiap meternya. Tenang saja, orang Turki sangat menyayangi kucing. Bisa dibilang hampir tidak ada orang Turki yang menelantarkan kucing.

Meskipun banyak hal yang harus diwaspadai, kota Istanbul adalah kota cantik yang menjadi bagian sejarah penting di dunia dan menanti untuk dieksplor. Jadi bagaimana? Yuk eksplor Istanbul!

Tags
tips ke istanbul tips pertama kali ke Istanbul
Share