Inspirasi Liburan ke Turki ala Ratu Nyawer Bu Dendy

Masih ingat dengan sosok Bu Dendy? Wanita yang akrab disapa Ovie ini sempat jadi perbincangan publik usai beredar video dirinya ‘nyawer’ alias melempar-lemparkan lembaran uang ratusan ribu rupiah pada seorang wanita. Sosok tersebut diduga merupakan kawan dekat Ovie, yang menjadi orang ketiga dalam rumah tangganya.

Terlepas dari kejadian tersebut, sepertinya Ovie belakangan sudah mesra lagi dengan suaminya. Belum lama ini, Bu Dendy ke Turki dan berjalan-jalan bersama sang suami. Ia mengunjungi sejumlah tempat indah di Negeri Kebab tersebut. Ke mana saja?

1. Masjid Sultan Ahmed

Masjid Sultan Ahmed juga disebut Blue Mosque via Instagram go_sail_turkey

Masjid Sultan Ahmed merupakan salah satu lokasi bersejarah yang ada di Turki. Dibangun antara 1609-1616, kawasan favorit untuk dikunjungi para turis ini juga dikenal dengan sebutan Blue Mosque alias Masjid Biru. Hampir semua interior di tempat ini memang bernuansa biru, mulai dari dinding keramik yang konon dicat secara manual menggunakan tangan, hingga kubah-kubah besar di bagian atas masjid yang bisa memancarkan cahaya biru di malam hari.

Bu Dendy bersama sang suami sedang asyik nikmati suasana Mesjid Sultan Ahmed via Instagram ovieovienreal

Masjid Sultan Ahmed terletak di dekat Hagia Sophia, destinasi wisata lain yang tak kalah populer di Turki. Hagia Sophia sendiri mulanya merupakan sebuah gereja ortodoks, yang kemudian dialihfungsikan sebagai masjid, dan kini menjadi bangunan museum. Arsitekturnya yang unik membuat lokasi ini sering dijadikan tempat foto-foto.

2. Istana Topkapi

Istana Topkapi merupakan salah satu tempat paling populer di Istanbul. Dibangun antara 1466-1478 oleh Sultan Mehmet II. Lokasinya yang berada di perbukitan membuat destinasi ini juga pas untuk menikmati pemandangan kota secara maksimal.

Topkapi dulunya istana, namun sekarang jadi museum via Instagram photo.aasmm

Istana Topkapi merupakan tempat tinggal utama para sultan Kerajaan Ottoman selama lebih dari 600 tahun. Namun kini bangunannya difungsikan sebagai museum dan menyajikan banyak sejarah menarik terkait kehidupan para sultan dan juga perkembangan Ottoman pasca era penaklukan Konstantinopel. Salah satu sudut menarik dari Istana Topkapi adalah Imperial Harem. Lokasi ini dulunya digunakan sebagai tempat tinggal para selir sultan, dan konon luasnya setara dengan 400 apartemen.

Bu Dendy dan suaminya nikmati suasana Topkapi via Instagram ovieovienreal

Para harem sendiri disebut memainkan peran vital dalam kehidupan kerajaan. Bahkan ada yang pendapatnya diperhitungkan di pemerintahan. Hal ini biasanya terjadi ketika sultan yang baru dipilih belum cukup umur untuk memerintah.

3. Alun-alun Taksim

Alun-alun Taksim atau Taksim Square adalah salah satu titik yang wajib dikunjungi selama berada di Istanbul. Di sini para traveler akan dengan mudah menemukan berbagai macam restoran, toko, dan hotel. Cocok sekali jika ingin merasakan nuansa modern di Turki.

Taksim Square masih menggunakan kereta trem via Instagram musafirpakistani

Di bagian tengah Taksim Square, terdapat Monumen Republik yang dibuat oleh seniman Italia, Pietro Canonica, sebagai peringatan berdirinya Republik Turki pada 1923. Selain itu pengunjung juga bisa mencoba sensasi naik kereta rel dalam kota alias trem, yang masih sering lalu-lalang di wilayah ini.

Taksim adalah salah satu tempat terbaik untuk membeli suvenir maupun oleh-oleh. Ada banyak toko yang menawarkan beragam barang, mulai dari pakaian, buku, perhiasan, hingga kerajinan tangan. Mencoba beberapa kuliner khas seperti islak (hamburger dengan saus spesial) atau doner (sandwich isi ayam atau sapi) juga bukan ide yang buruk.

4. Main salju di Turki

Pemandangan menakjubkan di sekitar Kartepe via Instagram ismail_.yilmaz

Bu Dendy dan sang keluarga juga menyempatkan diri untuk bermain salju selama berada di Turki. Salah satu lokasi bersalju yang letaknya tak jauh dari Istanbul dan cukup populer di kalangan turis adalah Kartepe. Dikenal dengan nama lengkap Kartepe Ski Center, tempat ini berada 1650 meter di atas permukaan laut dan menjadi bagian dari Gunung Kartepe.

Bu Dendy nikmati salju di Kartepe, Turki via Instagram ovieovienreal

Di sekitarnya terdapat pemandangan menarik berupa hutan yang terdiri dari pohon ek, hazelnut, dan kastanya. Jika memang tidak punya kemampuan khusus bermain ski, berkunjung ke Kartepe untuk sekedar bermain salju juga tidak ada salahnya

Itulah tadi sejumlah tempat wisata menarik yang sempat disambangi Bu Dendy alias Ovie selama berada di Turki. Mungkin bisa jadi inspirasi untuk liburan ke Negeri Kebab di masa mendatang. Asal jangan terinspirasi untuk ikut nyawer ya.

Tags
Istanbul Turki Wisata
Share