Anti Wacana Club, 7 Tips Agar Liburan Bareng Teman Terlaksana

Jalan-jalan dan liburan pastinya bakal lebih asyik jika ditemani sahabat dekat. Masalahnya, merencanakan liburan bersama teman bukan sesuatu yang mudah, terutama jika masing-masing punya kesibukan sendiri. Tak jarang, rencana indah yang sudah diidamkan hanya menjadi wacana yang tak tahu kapan bakal terwujud. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa tips liburan yang bisa dipraktekkan untuk meminimalisir kegagalan tersebut. Tak percaya? Berikut TravelingYuk berikan tujuh tips ampuhnya!

1. Pilih Waktu yang Pas

Ilustrasi kalender via Instagram pacificnotation

Sebelum menentukan tujuan maupun akomodasi, terlebih dahulu pilih kapan tepatnya kalian akan berangkat. Pastikan semua orang punya waktu luang di saat yang sama. Rencanakan ini sejak jauh-jauh hari, karena bagi mereka yang sudah bekerja tentu tidak mudah mengajukan cuti mendadak. Selain itu pertimbangkan juga soal tujuan dan cuaca. Liburan yang ideal sebaiknya dilakukan di musim kemarau.

2. Tentukan Tempat Tujuan

Ilustrasi membuat perencanaan traveling, via Instagram taylorofnewengland

Masing-masing orang punya selera berbeda soal tempat liburan. Ada yang hobi bertualang dan menyukai kegiatan menguras fisik seperti trekking atau naik gunung, namun ada yang lebih senang duduk-duduk sembari menikmati angin sepoi-sepoi di pinggir pantai. Adakan pertemuan khusus dan minta semua orang mengutarakan pendapat. Jika sudah dicapai kesepakatan, pastikan semuanya benar-benar berkomitmen dan tidak berangkat dengan kondisi setengah hati.

3. Jangan Cuma Lewat Chatting

Ilustrasi mengadakan pertemuan tatap muka, via Instagram bethhong

Maraknya aplikasi chatting via smartphone membuat komunikasi dengan banyak orang sekaligus menjadi semakin mudah. Tinggal buat grup khusus, kita sudah bisa langsung menggelar diskusi secara virtual. Namun patut diingat bahwa tatap muka secara langsung juga penting. Biasanya orang akan lebih mudah mengingat informasi yang disampaikan lisan.

4. Jangan Egois

Ilustrasi pemandangan gunung dan pantai, via Instagram njac6

Merencanakan liburan untuk banyak orang sekaligus rawan sekali menimbulkan pertengkaran. Hal ini biasanya karena masing-masing punya selera sendiri-sendiri. Tidak hanya soal tempat tujuan wisata, namun juga transportasi dan akomodasi. Beberapa mungkin ada yang lebih suka naik mobil, sementara sisanya memilih pesawat. Ada yang lebih nyaman tidur di hotel, sedangkan lainnya tidak terlalu ambil pusing istirahat di penginapan murah. Pastikan untuk mengambil jalan tengah di setiap aspek tersebut agar rencana liburan bisa benar-benar terlaksana.

5. Bagi-bagi Tugas

Ilustrasi ceklis via Instagram anchovey

Membuat rencana liburan bukan sesuatu yang mudah. Beban dan tekanannya bisa sangat besar, karena harus sanggup memenuhi ekspektasi banyak orang. Oleh karena itu, ada baiknya jika tugas-tugas terkait perencanaan tidak hanya diserahkan pada satu orang. Dengan membagikan tanggung jawab, membikin rencana perjalanan wisata akan terasa lebih mudah.

6. Menabung

Ilustrasi uang di dalam botol kaca via Instagram wazari

Biasanya rencana liburan batal karena ada beberapa orang sedang tidak punya uang lebih. Hal semacam ini bisa dihindari jika dari awal sudah ada komitmen untuk menabung. Jika perlu, buatlah rincian biaya liburan sedetail mungkin. Setelah itu, tunjuk bendahara untuk mengumpulkan iuran dari masing-masing peserta secara rutin. Ketika Hari-H tiba, tidak ada lagi alasan untuk batal berangkat karena dana menipis.

7. Jaga Kesehatan

Ilustrasi wanita beristirahat di atas hammock via Instagram beachyke3n

Setelah semua rencana beres dan matang, pastikan semua peserta menjaga kesehatan dengan baik. Beberapa pekan menjelang Hari-H, hindari kegiatan yang berpotensi membuat tubuh merasa kecapekan hingga akhirnya kurang istirahat. Kesehatan yang kurang optimal bisa membuat acara jalan-jalan jadi terasa kurang menyenangkan. Bahkan yang terburuk, liburan bisa batal sama sekali jika ada peserta yang kondisi sakitnya membutuhkan istirahat total.

Itulah beberapa tips yang bisa dipraktekkan untuk membuat rencana liburan bersama teman tak sekedar menjadi wacana. Punya tips berguna lainnya? Jangan lupa share di kolom komentar di bawah ini, ya!

Tags
Indonesia tips liburan tips traveling traveling Wisata
Share