Panik Ketika Penerbanganmu diTunda? Tenang, Lakukan Tips Berikut!

Advertisement

Perjalanan menggunakan pesawat memang menjadi pilihan utama banyak traveler karena lebih mudah dan pastinya lebih cepat sampai tujuan. Namun beberapa traveler pastinya pernah mengalami ketidakbaikan dalam perjalanannya. Jangan heran dengan aktivitas penerbangan yang tiba-tiba ditunda. Meski Covid-19 sudah kembali normal, perjalanan dengan pesawat tidaklah selalu mujur. Mulai dari penerbangan mengalami delay atau tertunda akibat masalah teknis hingga penerbanganmu dibatalkan karena banyak faktor penyebab.

Penerbangan ditunda
Penerbangan ditunda membuat suasana makin panik. Foto via rcti+.com

Hal ini membuat penumpang merasa terganggu, pakin hingga stress akibat menunggu jadwal kapan mulai diterbangkan lagi. Nah, untuk kamu yang mengalami hal serupa, cobalah untuk tenang dan lakukan beberapa tips agar suasana tetap asyik dan selalu ceria.

Mengecek Jadwal Penerbangan

Hal paling utama dalam melakukan perjalanan dengan moda transportasi umum adalah jadwal berangkat. Selalu cek jadwal penerbanganmu sehingga akan update kapan jadwal terbaru diterbangkan. Jangan sampai kita sudah tiba di bandara ternyata pesawat kita delay berjam-jam. Biasanya maskapai akan memberikan informasi lewat email, SMS, atau notifikasi aplikasi lainnya.

cek rutin Jadwal penerbangan
cek rutin Jadwal penerbangan 24 jam sebelum berangkat. Foto via detik.com

Cek jadwal penerbangan mu 24 jam nonstop sebelum berangkat. Sehingga kamu tidak akan merasa sedih ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Penerbanganmu di Batalkan

Jadwal penerbangan dibatalkan serasa mendapat durian runtuh seketika. Segalanya bakal terasa berakhir karena keinginan tidaklah terwujud. Namun rasanya kamu tidak perlu panik karena maskapai akan bertanggung jawab penuh untuk mencarikanmu penerbangan lainnya atau selanjutnya.

Panik ketika penerbangan dibatalkan
Panik ketika penerbangan dibatalkan. Foto via dream.co.id

Untuk kamu yang belum sampai dibandara, maskapai akan memberitahumu mengenai batalnya penerbangan dan akan disuguhkan pilihan penerbangan pengganti yang disediakan oleh maskapai. Namun, apabila sudah berada di bandara, kamu bisa langsung datang ke pusat informasi, sambil tetap mencoba menghubungi customer service.

Refund Tiket 

Refund tiket senilai 100 persen oleh maskapai
Refund tiket senilai 100 persen oleh maskapai. Foto via djafa.com

Namun, saat pembatalan penerbangan dilakukan oleh maskapai dengan alasan keselamatan dan tidak ada pengganti penerbangan, kamu wajib mendapatkan pengembalian harga tiket 100 persen. Bahkan hampir seluruh negara memberlakukan maskapai wajib memberikan kompensasi jika terjadi keterlambatan atau bahkan pembatalan.

Pilih Penerbangan Direct

Untuk kamu yang ingin traveling ditempat yang jauh, coba pilihlah penerbangan langsung. Hal ini untuk menghindari penerbangan transit atau lanjutan yang kita tidak akan tau terjadi delay atau tidak dipenerbangan selanjutnya, sehingga cepat sampai tujuan.

Pilihlah penerbangan langsung sehingga lebih efisien
Pilihlah penerbangan langsung sehingga lebih efisien. Foto via meimoodaema.com

Jika memang terlanjur delay, kamu tidak perlu repot-repot dengan bagasi untuk mempermudah proses pemindahan bagasi oleh maskapai.

Advertisement
Tags
Informasi informasi traveling Penerbangan tips dan inspirasi
Share