Keliling Jogja Seharian Totalnya Nggak Sampai Seratus Ribu, Ini Wisatanya

Apa yang akan kamu lakukan jika hasrat liburan sedang menggebu-gebu sedangkan dompet lagi ‘kritis’? Jangan risau jika kamu sedang ada di Kota Jogja. Destinasi ini terkenal dengan berbagai makanan enak dan murah. Begitu juga dengan wisatanya. Kalaupun kamu punya uang Rp100.000, masih bisa memanfaatkan tips keliling jogja dengan pergi ke beberapa tempat berikut ini.

1. Kulineran di Malioboro dan Pasar Bringharjo

Kuliner di Pasar Bringharjo
Kuliner di Pasar Bringharjo via Instagram/@jogjabikinlaper

Malioboro adalah ikon Kota Jogja. Jalanannya yang penuh dengan penjual-penjual kreatif begitu menarik. Untuk sarapan, kamu bisa memilih gudeg yang ada di sepanjang Malioboro. Harganya sekitar Rp10.000, kalau kamu membawa kendaraan sendiri harus membayar parkir sekitar Rp3.000. Kalau ingin makanan lain, bisa mencoba sate kere di dalam Pasar Bringharjo. Satu tusuknya sekitar Rp2.000. Untuk sarapan ini kamu cukup menghabiskan paling banyak Rp15.000.

Kuliner di Pasar Bringharjo
Kuliner di Pasar Bringharjo via Instagram/@@kokokulineran

2. Mengunjungi Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg Dua
Museum Benteng Vredeburg via Instagram/@andiwahyoedi

Di Jalan Malioboro ada bangunan bersejarah yang telah ada sejak zaman penjajahan belanda. Saat ini difungsikan sebagai museum yang menyimpan diorama-diorama perjuangan rakyat jogja. Namanya adalah museum Benteng Vredeburg. Biaya masuk ke wisata jogja ini adalah sekitar Rp3.000 murah kan?

Museum Benteng Vredeburg Dua
Museum Benteng Vredeburg via Instagram/@andiwahyoedi

3. Mampir ke Taman Pintar

Taman Pintar
Taman Pintar via Harga Tiket Masuk

Taman Pintar adalah destinasi yang berada di pusat kota., tak begitu jauh dari Malioboro. Di dalamnya terdapat banyak sekali wahana seru. Mulai dari Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, Gedung Paud dan Kampung Kerajinan. Bahkan ada juga kolam renangnya. Untuk masuk ke sini kamu harus membayar sekitar Rp18.000.

Taman Pintar Jogja
Taman Pintar Jogja via JejakPiknik.com

4. Jalan-jalan ke Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo Jogja
Museum Sonobudoyo Jogja via Instagram/@claire_yutin

Tak jauh dari Benteng Vredeburg, juga ada Museum Sonobudoyo. Tempat dengan arsitektur bergaya jawa ini menyimpang berbagai peninggalan yang berkaitan dengan sejarah jawa. Biaya masuk ke museum yang dianggap paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta itu adalah sekitar Rp3.000.

Museum Sonobudoyo Jogja
Museum Sonobudoyo Jogja via Instagram/@claire_yutin

5. Alun-alun dan Keraton Jogja

Keraton Jogja
Keraton Jogja via Instagram/@dianrahyu

Kalau sudah ke Museum Sonobudoyo, sebaiknya lanjutkan saja sampai ke Alun-alun Lor dan masuk Keraton Jogja. Biaya masuk ke kawasan tempat tinggal sultan itu sekitar RP 7.000. Jika kamu menggunakan kamera, maka ada tambahan biaya kurang lebih Rp1.000. Jika kamu lelah berjalan kaki, bisa kok menggunakan transportasi umum seperti becak. Namun, kamu harus pintar-pintar menawar ya.

Museum Keraton Jogja
Tips keliling jogja mengunjungi Museum Keraton Jogja via Instagram/@theblueferishwheel

Itulah beberapa tempat yang bisa kamu nikmati hanya dengan uang sekitar Rp100.000. Jika kamu total tiket masuk ke beberapa tempat wisata di atas tidak sampai Rp50.000. Untuk sisanya bisa kamu gunakan sebagai biaya makan siang dan transportasi.

Tags
Indonesia Jogja tips Wisata
Share