Kuliner Blusukan di Jogja, Enak dan Ngangenin

Isti

Isti

On Indonesia

Jogja selalu memberi kesan tersendiri bagi wisatawan maupun warga lokal. Selain keindahan objek wisatanya, kuliner di kota ini juga ngangenin. Bukan saja kafe instagenic atau restoran mentereng, warung sederhana yang tempatnya blusuk pun juga bikin ketagihan. Seperti di bawah ini.

1. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon
Gudeg Pawon via instagram/@javafoodie

Gudeg menjadi makanan wajib saat liburan ke Jogja. Banyak tempat makan yang menyajikan kuliner dengan cita rasa manis ini. Salah satunya Gudeg Pawon yang letaknya berada di Jalan Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo. Letaknya cukup blusuk dan harus melewati gang kecil. Tak hanya itu, untuk mendapatkan seporsi kuliner ini kamu juga harus antre panjang. Namun, kamu tak akan kecewa setelah menjajal gudeg yang dimasak di atas tungku kayu ini.

Dapur Gudeg Pawon
Dapur Gudeg Pawon via instagram/@cmpkcs

2. Bakmi Jowo Mbah Gito

Bakmie Jawa Enak
Bakmie Jowo Mbah Gito via instagram/@vianpermana

Siapa yang tak kenal Bakmi Jowo Mbah Gito? Warung ini unik karena menggunakan bekas kandang sapi sebagai tempat makan. Selain itu, banyak artis ibukota yang mampir ke sini. Di balik kepopulerannya, untuk bisa makan bakmi Jawa di sini juga butuh perjuangan. Bagaimana tidak, kamu harus menyusuri perkampungan kota di Jogja untuk bisa sampai di sini. Nah, kamu yang makin penasaran, coba saja blusuk ke Jalan Nyi Ageng Nis No. 9, Rejowinangun, Kotagede.

Bakmi buatan Mbah Gito
Bakmi buatan Mbah Gito via instagram/@tchjournal/

3. Warung Empal Bu Warno

Warung Bu Warno
Warung Bu Warno via instagram/@kuliner_manja

Pasar Beringharjo menjadi salah satu tempat yang pas untuk berburu oleh-oleh. Selain itu, kuliner di sini juga menggoda. Salah satunya Ratengan atau Empal Bu Warno yang terkenal dengan porsi empal gurih dan lembut di lidah. Namun jangan salah, untuk dapat menikmatinya kamu harus blusukan di pasar tertua di Jogja ini. Selain menjelajah sisi timur pasar, kamu harus melewati beberapa warung di lantai dua.

Empal Bu Warno Pasar Bringharjo
Empal Bu Warno Pasar Bringharjo via instagram/@kokokulineran

4. Jenang Bu Gesti

Bubur Jenang Mbak Gesti Pasar Lempuyangan
Bubur Jenang Mbak Gesti Pasar Lempuyangan via instagram/@javafoodie/

Tak hanya Beringharjo, Pasar Lempuyangan juga bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang ingin berburu kuliner. Luasnya lebih kecil, tapi kamu masih harus blusukan untuk dapat menikmati makanan enak di sini. Salah satu yang bisa kamu coba adalah Jenang Bu Gesti. Jajanan ini tergolong legendaris dan difavoritkan banyak orang, termasuk mantan presiden Indonesia terdahulu. Untuk kamu yang bingung lokasinya, kedai jenang ini terletak sisi selatan pasar.

Jenang Bu Gesti
Jenang Bu Gesti via instagram/@puas_magz

Bagaimana, mau rasakan sensasinya berburu kuliner yang blusuk dan tersembunyi? Empat tempat di atas bisa menjadi rekomendasi.