5 Cara Menata Postingan Instagram Biar Followersmu Nambah Ratusan Ribu

Instagram sedang menjadi media yang paling diminati beberapa tahun belakangan. Bahkan penggunanya berlomba-lomba memberikan unggahan yang menarik, agar mendapat banyak pengikut. Caranya pun bermacam-macam dari yang unik seperti mengangkat tema humor hingga menata feed yang ada di dalam profile. Beberapa trik di bawah ini dapat kamu terapkan untuk mempercantik feed instagram-mu.

1. Urutkan Berdasarkan Teknik

Akun Carol Kuntjoro [image source]
Akun Carol Kuntjoro [image source]
Apabila kamu akan mengisi instagrammu dengan foto-foto objek wisata Jogja atau destinasi lainnya, bisa memanfaatkan teknik terntentu,seperti Low Key, High Key, juga Black and White. Kamu bisa membaginya secara rapi dengan memanfaatkan tiga lajur yang terdapat dalam instagram. Misalkan untuk foto-foto dengan teknik low key tempatkan pada lajur yang paling kanan, high key tempatkan pada lajur tengah, kemudian black and white pada lajur yang paling kiri. Dengan begitu, konten instagrammu akan terlihat tidak acak-acakan. Contohnya bisa kamu lihat pada akun instagran @carolkuntjoro.

Buat Tema Dalam Satu Grid

GRid Instagram [image source]
Memiliki banyak foto dengan tema tertentu? Kamu bisa mengunggahnya dengan cara menempatkan satu tema foto dalam satu grid. Setidaknya kamu harus memiliki tiga foto untuk dapat menata feed instagram dengan cara ini. Contohnya, unggah tiga foto yang bertema gunung dalam satu grid. Kemudian pada grid berikutnya unggah tiga foto dengan tema laut. Apapun tema fotonya, kamu bisa unggah dalam satu deretan, sehingga tatanan foto yang berada di profilmu seperti paragraf demi pparagraf yang dirangkai menjadi satu.

Mainkan Tone Yang Selaras

Jangan takut mainkan tone [image source]
Jangan takut mainkan tone [image source]
Banyak cara untuk dapat membuat feed instagrammu menjadi lebih oke. Salah satunya adalah dengan memainkan tone foto yang akan kamu unggah. Dengan banyaknya aplikasi pengolah foto seperti VSCO ataupun Afterlight, tentunya permainan tone bukan hal yang susah saat ini. Selaras bukan berarti harus sama, tapi ambil saja beberapa tipikal tone yang mirip dan match dengan warna yang ada pada foto yang telah diunggah sebelumnya.

Tata Tempat Video dan Foto

Bisa kanan kiri diberi video dan tengah foto [image source]
Bisa kanan kiri diberi video dan tengah foto [image source]
Cara ini, hampir sama dengan poin pertama. Yang membedakan adalah konten yang akan kamu unggah. Kamu bisa memilah mana tempat untuk foto dan mana tempat untuk video. Apalagi saat ini ada fitur multiple photo. Jadi kamu bisa tata pada lajur paling kanan adalah multiple photo, video di tengah, dan single photo pada bagian paling kiri. Untuk video kamu juga dapat manfaatkan setiap kolom dengan video yang bersambung.

Cari Pencahayaan Yang Sama

Instagram akun @iwwm [image source]
Instagram akun @iwwm [image source]
Bicara tentang fotografi, tentunya kamu harus peka terhadap waktu pengambilan gambar yang terbaik dan efeknya terhadap hasil fotomu. Seperti golden hour atau blue hour. Kamu juga bisa manfaatkan waktu-waktu itu untuk bikin feedmu makin keren. Anggap saja enam hari dalam satu minggu kamu naikkan foto-foto golden hour, kemudian selanjutnya unggah hasil yang diambil waktu blue hour. Mungkin juga sebagai tambahan sisipkan foto milkyway, tapi tetap jangan lupa untuk ditata jadwalnya.

Jadi nggak sabar buat buru-buru hunting, olah, kemudian unggah ke instagram. Segera recharge baterai kameramu ya!

Tags
Instagram tips
Share