Objek Wisata di Jogja Untuk Menikmati Matahari Terbenam

Isti

Isti

On Alam

Yogyakarta, salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki sejuta keistimewaan. Siapa pun anak Yogyakarta bakalan merasakan kangen tak ada duanya jika meninggalkan kota tercintanya. Bukan hanya soal kulinernya, pemandangan cantik di Yogyakarta menjadi kota ini paling dirindukan. Pasti kamu yang pernah berkunjung ke kota Gudeg ini juga sering kangen kan?

Belakangan ini, tempat wisata apik dengan pemandangan sunset ala Yogyakarta menjadi tujuan para traveler. Selain untuk menikmati pemandangan, mereka juga mengabadikan foto untuk menambah koleksi isi Instagram-nya. Nah, penasaran dengan tempat nongkrong sembari menikmati sunset yang difavoritkan para traveler, kan? Yuk, intip rangkuman selengkapnya berikut ini!

1. Bangunan Kuno yang Hits Banget di Indonesia

Candi Borobudur
Candi Borobudur [image source]
Bukan tepat di Yogyakarta, tempat hits satu ini sedikit keluar dari kota. Ialah Candi Borobudur yang terletak di Magelang. Kendati masuk tempat wisata Magelang, Candi Borobudur menjadi salah satu objek wisata Jogja yang digandrungi banyak orang. Selain menyajikan kemegahan bangunan kuno, tempat bersejarah ini juga menyajikan pemandangan sunset yang cantik. Jangan heran jika banyak wisatawan dalam maupun luar negeri berlomba-lomba untuk mengabadikan foto ketika matahari terbenam.

Candi Borobudur, Yogya
Candi Borobudur, Yogya [image source]
Alamat : Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

2. Matahari Terbenam dari Atas Bukit Teletubbies, Candi Abang

Candi Abang
Candi Abang [image source]
Sudah pernah berkunjung ke Candi Abang belum? Ya, Candi satu ini tidak memiliki bentuk seperti cantik lantaran sudah tertutup rerumputan. Kendati bangunan kunonya mulai tertutupi hingga membentuk sebuah bukit, Candi ini masih saja tetap menarik perhatian para traveler. Bagaimana tidak, pemandangan Candi yang berada di Dusun Candiabang, Kelurahan Jogotirto, Berbah, Sleman ini dapat digunakan sebagai lokasi menikmati senja. Makin romantis, kamu juga bisa bersama pacar sehingga bisa menikmati pemandangan cantik satu ini.

Candi Abang Yogya
Candi Abang Yogya [image source]
Alamat : Jogotirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573

3. Sunset Cantik di Bukit Bintang

Bukit Bintang
Bukit Bintang [image source]

Pernah merasakan kenikmatan nongkrong sembari menyaksikan terbenamnya matahari di Yogyakarta? Nah, salah satu tempat lain yang juga memiliki pemandangan apik untuk melihat matahari terbenam adalah Bukit Bintang. Bukit satu ini terletak di perbukitan Pathuk, Jl Raya Yogyakarta – Wonosari dan menjadi tujuan para traveler untuk berbincang. Bukan hanya ketika matahari terbenam, Bukit ini juga makin ramai ketika malam hari. Bagaimana tidak, banyak orang yang berkunjung untuk menikmati gemerlap lampu di kota Jogja dari atas bukit.

Bukit Bintang Yogyakarta
Bukit Bintang Yogyakarta [image source]
Alamat : Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

4. Indahnya Senja di Embung Cantik di Yogyakarta

Embung Nglanggeran
Embung Nglanggeran [image source]
Bukit Bintang memang memiliki destinasi cantik untuk melihat matahari terbenam dari atas pegunungan. Tapi, ada satu destinasi lain yang juga memiliki daya tarik sendiri dengan danaunya. Ialah Embung Nglanggeran yang terletak tak jauh dari Gunung Api Purba. Keindahan matahari terbenam di Embung ini benar-benar bakalan memesona lantaran pemandangan langit sore akan memantul ke permukaan air di telaga buatan yang dulunya Gunung Gandu ini.

Embung Nglanggeran Yogyakarta
Embung Nglanggeran Yogyakarta [image source]
Alamat : Nglanggeran, Patuk, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

5. Rasakan Segarnya Udara Dingin di Kalibiru

Kalibiru
Kalibiru [image source]
Yogyakarta bukan hanya memiliki pegunungan dan juga candi yang terkenal. Namun, kota satu ini juga memiliki sebuah waduk yang cantik bernama Waduk Sermo. Waduk cantik satu ini pun bisa disoroti dari atas pegunungan sembari menikmati keindahan matahari terbenam. Nah, tempat yang digunakan menikmati pemandangan cantik ini adalah Kalibiru yang terletak di Desa Kalibiru, Kokap, Kulon Progo. Berkunjung ke Kalibiru, dijamin bakalan puas banget.

Wisata Alam Kalibiru
Wisata Alam Kalibiru [image source]
Alamat : Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653

6. Sunset Cantik di Pantai Ala Yogyakarta

Parangtritis
Parangtritis [image source]
Bukan hanya memiliki waduk super besar dan juga pegunungan paling tinggi, Yogyakarta juga memiliki pantai indah dan terkenal se-Indonesia. Pantai tersebut Parangtritis yang berkali-kali menjadi lokasi syuting film layar lebar Indonesia. Selain memiliki kecantikan berupa deburan ombak dan juga kelembutan pasirnya, pantai ini sangat memesona ketika matahari terbenam. Hemm, pasti sudah pernah lihat sunset di pantai Parangtritis, kan?

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis [image source]
Alamat : Parangtritis, Kretek, Kret, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

7. Pantai Eksotis di Kulon Progo

Pantai Glagah
Pantai Glagah [image source]
Tak kalah dengan keindahan pantai Parangtritis, ternyata ada satu pantai lagi yang juga menjadi tempat favorit para traveler. Pantai tersebut adalah Pantai Glagah yang lokasinya tak jauh dari pantai Parangtritis. Pantai satu ini bukan hanya menyajikan pemandangan senja super keren, tapi juga pemandangan mercusuar dan juga tetrapod yang terlihat cantik menjelang malam.

Pantai Glagah Kulon Progo
Pantai Glagah Kulon Progo [image source]
Alamat : Glagah, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654

Nah, apalagi yang dimiliki oleh Yogyakarta? Gunung punya, bukit ada, danau juga ada, apalagi pantai. Makin kangen dengan Yogyakarta, kan?