THR Cair? Ini Tips Supaya Tak Khilaf Boros

Kabar gembira bagi segenap PNS dan beberapa pegawai swasta di Indonesia. Tunjangan Hari Raya (THR) cair pada Jumat (24/5/2019). Tentunya ini merupakan angin segar yang begitu dinanti-nanti ya Teman Traveler. Bisa membeli berbagai kebutuhan Lebaran sesegera mungkin. Namun, jangan sampai uang THR ludes dengan cepat dan tak bermanfaat. Yuk ikuti tips berikut ini, supaya THR cair bisa tetap aman dan bermanfaat tentunya.

Prioritaskan Kebutuhan Pokok

Prioritaskan kebutuhan, via Shutterstock
Prioritaskan kebutuhan, via Shutterstock

Tips pertama yang perlu Teman Traveler lakukan adalah memprioritaskan berbagai kebutuhan pokok terlebih dahulu. Misalnya saja kuliner untuk lebaran, pakaian, dan lain-lain. Hitung dengan bijak berbagai perkiraan jumlah uang yang akan digunakan. Dengan begini, kamu akan bisa menabung dan uang THR bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya yang lebih mendesak. Bagaimana, mudah bukan?

Manfaatkan Berbagai Penawaran

Manfaatkan beragam penawaran, via Shutterstock
Manfaatkan beragam penawaran, via Shutterstock

Supaya THR-mu tetap aman dan tak cepat ludes, pintar-pintarlah memanfaatkan berbagai penawaran. Mulai dari diskon, cash back, promo, voucher, dan lain-lain sebagainya. Saat musim lebaran sudah mulai tiba, banyak sekali toko, baik offline ataupun online yang menawarkan berbagai promo menggiurkan yang bikin THR lenyap seketika. Maka dari itu, bijaklah mengatur pengeluaran.

Lunasi Semua Tanggungan yang Terbengkalai

Lunasi tunggakan, via Shutterstock
Lunasi tunggakan, via Shutterstock

Wajar sekali jika manusia memiliki hutang. Dengan momen THR ini, kamu bisa melunasi berbagai tanggungan. Misalnya saja pembayaran zakat, cicilan, dan hutang sekalipun. Tentu saja, batasi sekiranya 30% dari THR untuk melunasi berbagai kebutuhan yang sebelumnya. Dengan begini THR-mu bisa bermanfaat dan tak berakhir sia-sia. Jangan malah menambah hutang ya.

Tabung untuk Traveling Tahunan

Jangan lupa menabung, via Shutterstock
Jangan lupa menabung, via Shutterstock

Setelah semuanya dirinci dengan baik, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membuat tabungan jangka panjang. Misalnya saja untuk traveling tahunan. Diakui ataupun tidak, traveling memiliki dampak yang sangat penting untuk menjaga kita tetap waras ya Teman Traveler. Maka dari itulah, selalu sisihkan uang untuk menabung demi masa depan yang lebih baik.

Bagaimana Teman Traveler, apakah tips di atas bisa dilakukan? Jika sekiranya masuk akal, bisa diterapkan ya. Semoga tipsnya membantu dan jangan lupa jalan-jalan ya.

Tags
lifestyle thr cair tips thr aman
Share