Kuliner Khas Lebaran di Aceh, Idul Fitri Makin Meriah di Serambi Mekkah

Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia yang selama ini terkenal menjalakan syariat agama Islam yang cukup kental. Maka dari itulah, tidak mengherankan jika ada orang-orang yang ingin menghabiskan waktunya selama lebaran di kota yang mendapat julukan sebagai Serambi Mekkah ini. Tak hanya daya tarik tempat wisatanya yang begitu memikat untuk dijelajahi, kuliner khas lebarannya juga sayang sekali jika dilewatkan. Berikut kuliner khas Aceh saat hari Lebaran.

Seupet Kuwet

Seupet kuwat yang serupa kue semprong, Via Instagram nglaisui
Seupet kuwat yang serupa kue semprong, Via Instagram nglaisui

Kuliner Aceh yang bisa kamu cicipi adalah kue kering khas Aceh yakni seupet kuwet. Kue kering ini hampir selalu ada di setiap toples rumah masyarakat Aceh kala lebaran datang. Ini merupakan kue yang terbuat dari tepung terigu, santan, gula, dan juga garam. Kue ini memiliki aroma yang sangat khas dan menggugah selera. Jadi, jangan lupa mencoba kue ini kala berada di Aceh.

Lontong Sayur Khas Aceh

Lontong sayur khas Aceh, Via Instagram mod_eka
Lontong sayur khas Aceh, Via Instagram mod_eka

Lontong sayur memang banyak tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Tapi, lontong sayur khas Aceh memiliki ciri khas tersendiri. Biasanya disuguhkan sebagai hidangan lebaran selain opor ya. Sayurannya berisi banyak sayur, ada labu siam, wortel, kacang panjang, tomat dan beberapa bahan lainnya. Nah, ini yang cukup membedakannya dengan lontong sayur biasanya, biasanya diberi lauk daging rendang, tauco udang, balado kering, kerupuk dan diberi taburan bawang goreng. Rasanya nikmat dan isianya lengkap, mantap!

Leumang

Proses pembuatan lemang, Via Instagram gnfi
Proses pembuatan lemang, Via Instagram gnfi

Leumang juga menjadi kuliner lebaran lain yang dimiliki oleh Aceh. Leumang terbuat dari bahan-bahan seperti halnya beras ketan yang dicampur dengan santan lalu dimasukkan dalam bambu muda yang telah dilapisi daun pisang. Lemang dibakar menggunakan bara api, sehingga rasanya makin gurih dan nikmat. Setelah matang, leumang ini disajikan dengan gula ataupun juga air gula.

Timphan

Timphan, Via Instagram fitrianisamidan
Timphan, Via Instagram fitrianisamidan

Timphan merupakan kuliner yang terbuat dari tepung beras ketan, pisang, labu kuning, santan kental dan juga garam yang dibalut dengan daun pisang. Tekstur dari kuliner ini adalah lembek dengan aroma dari daun pisang yang cukup menggugah selera. Sementara itu untuk isiannya sendiri ada parutan kelapa ataupun juga srikaya. Biasanya, timphan selalu tersedia jadi menu kala lebaran tiba. Kuliner berbungkus daun pisang yang bisa dijajal kelezatannya ya.

Pulang kampung ataupun jalan-jalan ke Aceh tanpa menikmati kelezatan dari kuliner di atas adalah hal yang sangat mengecewakan. Jadi, usahakan untuk mencoba satu per satu kuliner khas lebaran Aceh yang sudah disebutkan di atas ya.

Tags
Aceh Indonesia Kuliner Aceh kuliner khas lebaran di aceh
Share