Setelah Santap Kuliner Lebaran, Netralkan Kolesterol dengan Buah Ini

Hari Raya Idulfitri menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Karena selain menjadi waktu yang tepat untuk bertemu sanak saudara, lebaran juga menjadi saatnya untuk menyantap berbagai kuliner nikmat. Mulai dari opor ayam, lontong sayur, hingga sambal goreng hati. Nikmat memang, namun terlalu banyak lemak dan santan dapat membuat kesehatan tubuh tidak seimbang. Makanya, coba buah untuk menetralkan kolesterol ini setelah santap sajian lebaran.

1. Jambu Biji

Jambu biji dapat menurunkan kolesterol sebanyak 50% via
Jambu biji dapat menurunkan kolesterol sebanyak 50% via kawaiibeautyjapan.com

Banyak kandungan yang dapat digunakan untuk menangkal kolesterol berlebih. Seperti vitamin E, vitamin C, karotenoid, flavonoid, dan ilkopen. Bahkan dalam dua bulan kolesterol dapat berkurang sebanyak 50% jika dikonsumsi secara rutin.

2. Jeruk Nipis

Buah yang tepat disantap setelah konsumsi makanan berlemak via
Buah yang tepat disantap setelah konsumsi makanan berlemak via topmetro.news

Kandungan flavanoid yang ada di dalam jeruk nipis dapat menghambat produksi kolesterol berlebih. Begitupun dengan kadar vitamin C nya. Kamu dapat menjadikan jeruk nipis sebagai penetral kolesterol. Misalnya diolah menjadi minuman hangat setelah mengkonsumsi makanan berlemak.

3. Alpukat

Dapat menurunkan kolesterol jahat dan menaikan kolesterol baik via
Dapat menurunkan kolesterol jahat dan menaikan kolesterol baik via fatinia.com

Meskipun mengandung banyak lemak, alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain dapat menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, banyak manfaat lain dari alpukat. Buah ini juga mengandung kadar omega 9 yang dapat menjaga kadar gula darah.

4. Buah Naga

Kandungan fitonutrien dapat menurunkan kolesterol via
Kandungan fitonutrien dapat menurunkan kolesterol via caramengobatipsoriasis.web.id

Buah naga memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh. Selain rasanya yang enak, buah ini dapat mengikat kandungan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Kandungan fitonutrien, vitamin, dan mineral adalah sebabnya. Kaya akan antioksidan, vitamin C, karoten, dan protein menjadikan buah naga tepat dikonsumsi setelah menyantap makanan berlemak.

Menyantap sajian Idulfitri memang nikmat yang tak ada duanya. Berbagai macam menu santan dan lemak sayang sekali untuk dilewatkan. Namun jika tidak segera dinetralkan. Kadar kolesterol tentu meningkat dengan drastis. Jangan lupa santap buah ini ya.

Tags
Buah Idulfitri Indonesia Kolesterol Lebaran
Share