4 Terasering Indah di Pulau Jawa, Segarkan Mata Tenangkan Jiwa

Indonesia memang populer dengan sawah yang beberapa di antaranya memiliki keindahan masing-masing. Seperti terasering yang menjadi salah satu faktor pendukung keindahan sawah. Oleh karenanya, kali ini Travelingyuk akan membahas mengenai terasering indah yang berada di Pulau Jawa. Kira-kira di mana saja? Yuk kita lihat uraian berikut. 

1. Terasering Panyaweuyan Argapura, Majalengka 

terasering indah di jawa
Terasering Panyaweuyan via instagram/barrykusuma

Terasering yang paling populer pesonanya adalah Panyaweuyan Argapura. Berlokasi di Sukasari Kidul, Argapura, Sukasari Kidul, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, terasering ini menjadi surga para pecinta fotografi dan para wisatawan yang menyukai pemandangan alam indah. Kalau kalian ingin melihat panoramanya yang menakjubkan, datanglah pada pukul 05.30 sampai 08.00. 

Terasering satu ini juga mempunyai keunikan, Teman Traveler. Di lahan ini yang ditanam bukanlah padi seperti pada umumnya. Melainkan daun bawang dan bawang merah. Menariknya lagi, bawang merah yang ditanam disini adalah jenis bawang merah Sumenep yang notabene tumbuh di dataran rendah, namun disini bisa tumbuh subur. 

2. Terasering Sawah Nangklak, Majalengka 

Terasering indah di jawa
Terasering Sawah Nangklak via instagram/fahmiak__

Masih di Majalengka, tepatnya di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh ada terasering indah lain bernama Sawah Nangklak. Terasering ini bisa dibilang saingan dari Panyaweuyan Argapura karena banyak yang mengatakan bentuknya mirip dengan Tegalalang, Ubud, Bali.

Biasanya, para pengunjung akan datang ke sana ketika sedang tidak musim panen. Ini karena terasering terlihat lebih hijau lantaran memiliki sumber air yang berlimpah berasal dari Gunung Ciremai. 

3. Terasering Karanganyar, Jawa Tengah 

Terasering Karanganyar via instagram/suryomulyo6

Beralih ke Jawa Tengah, ada terasering menakjubkan lain yang berada di Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar. Terasering tersebut merupakan buatan warga setempat yang baru ada pada pertengahan tahun 2019 ini.

Walau masih tergolong anyar, pemandangannya tak kalah memesona dibandingkan dengan yang ada di Bali. Biasanya, para wisatawan berkunjung ke sini ketika sore hari, karena terasering terlihat lebih indah menjelang senja. 

4. Terasering Panggul, Trenggalek 

Terasering Panggul via instagram/kusumab058

Terakhir, ada Terasering Panggul yang berada di Trenggalek, Jawa Timur. Meskipun terasering yang dimiliki tidak setinggi kepunyaan daerah lain, namun keindahannya tidak sirna. Apalagi ditambah dengan adanya perbukitan dan pohon-pohon kelapa di sekitarnya. Dijamin Teman Traveler tidak akan menyesal apabila mengabadikan momen di sini. 

Ternyata terasering indah tak hanya berada di Bali, tapi juga Pulau Jawa. Bahkan, semuanya berlokasi di tempat-tempat yang tak pernah diduga sebelumnya. Bisa dibilang, ini adalah surga tersembunyi yang cocok untuk kalian yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk kota. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya? 

Tags
Indonesia Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Karanganyar Majalengka terasering indah di jawa Trenggalek Wisata
Share