Awas! Tempat-Tempat Paling Ekstrim di Dunia, Pikir Seribu Kali Kalau Mau Kesana

Advertisement

4. Lumpur Gunung Berapi di Azerbaijan

Bagi warga Indonesia keberadaan gunung berapi bukanlah suatu yang aneh sebab mereka tinggal di negara dengan jumlah gunung api terbesar di dunia. Namun jika gunung api tersebut memuntahkan lumpur itu baru jarang diketahui banyak orang. Umumnya gunung berapi akan mengeluarkan lava pijar dan juga awan panas saat erupsi. Namun gunung api yang ada di negara Azerbaijan ini mengeluarkan material semburan berupa lumpur panas seperti Lapindo.

Lumpur Gunung Berapi di Azerbaijan, via instagram
Lumpur Gunung Berapi di Azerbaijan, via instagram

Di Indonesia sendiri kita telah mengenal fenomena bernama Bleduk Kuwu di Grobogan. Kawasan padang lumpur vulkanik berisi lumpur yang secara periodik meletup-letup. Tapi ukuran Bleduk Kuwu ini hanya seper sekian dari lumpur gunung berapi di Azerbaijan. Negara ini tercatat setidaknya memiliki 400 lumpur gunung berapi yang menyumbangkan lebih dari sepertiga lumpur dunia.

Letusan lumpur gunung api ini akan membentuk gunung baru dan begitu seterusnya. Dalam periode sekitar 20 tahun sekali gunung api ini akan meletus sangat dahsyat hingga semburan lumpur dalam terlihat dari radius 15 kilometer. Lumpur yang dikeluarkan ini mengandung gas metana, karbon dioksida dan nitrogen. Sangat berbahaya berada di kawasan lumpur gunung api, bahkan para peneliti saja harus ekstra hati-hati jika melakukan penelitian di sana.

Advertisement
Tags
Azerbaijan Brazil Inggris jepang Laut Pasifik Luar negeri Turkmenistan
Share