6 Tempat Makan di Jakarta yang Bernuansa Tempo Doeloe

Nongkrong di lokasi kekinian memang sudah sangat biasa ya. Makanya mungkin sesekali kamu perlu coba untuk hangout di lokasi zaman dulu. Selain suasananya yang sangat berbeda dari sekarang, kamu sekaligus bisa untuk bernostalgia dan kembali ke masa lalu. Banyak tempat makan di Jakarta yang bernuansa tempo dulu dengan lokasi yang asyik, sehingga cocok dijadikan tempat nongkrong. Berikut ini adalah jajaran tempat makan bertema jadul di Jakarta yang bisa sesekali dikunjungi.

1. Lara Djonggrang di Menteng

Lara Djonggrang di Menteng, Via Instagram lara_djonggrang

Lara Djonggrang merupakan salah satu tempat hangout di Jakarta bertema vintage yang merupakan milik Anhar Setjarata. Memang Anhar Setjarata ini merupakan sosok yang terkenal memiliki ketertarikan pada benda-benda bersejarah. Itulah yang melatarbelakangi sang pemilik membuat restoran. Namanya sendiri memang diambil dari putri yang mencoba menggagalkan pembangunan Candi Prambanan. Saat datang ke sini, nuansanya sangat khas seperti masuk ke dalam Candi Kuno. Lokasi Lara Djonggrang ini berada di Jalan Teuku Cik Ditiro No.4, Gondangdia, Menteng, Jakarta.

2. Cafe Batavia di Kota Tua

Cafe Batavia di Kota Tua, Via Instagram irenewithsons

Cafe Batavia ini berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara No. 14, Pinangasia, Tamansari, Jakarta Barat. Memang selama ini Kota Tua terkenal dengan gedung-gedung kuno yang masih terawat hingga sekarang ini. Suasana di dalam kafe ini begitu klasik, ada penerangan warna kekuningan yang khas zaman lawas.

3. Huize Trivelli di Tanah Abang

Huize Trivelli di Tanah Abang, Via Instagram huizetrivelli_108

Huize Triveli ini berada di Tanah Abang. Nah konsepnya sangat unik khas tempo dulu. Mulai dari kursi, lampu hias, interior lainnya ternyata semuanya asli dari zaman dulu. Lokasi tempat nongkrong satu ini berada di Jalan Ciujung No. 36 Cideng, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pengunjung yang masuk ke dalam sini akan merasa seperti ke sebuah rumah di tahun 1940-an.

4. Bakoel Koffie di Cikini

Bakoel Koffie di Cikini, Via Instagram bakoel_koffie

Tempat nongkrong ini ternyata sudah dibuka sejak tahun 1870-an yang lalu. Ini merupakan kafe tertua yang terdapat di Cikini, tepatnya berada di Jalan Cikini Raya No.25, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Sampai sekarang ini, Bakoel Koffie masih mempertahankan suasana dan ornamen seperti dahulu kala. Satu lagi, ternyata penamaan dari Bakoel Koffie ini adalah penghormatan kepada mereka pembawa kopi ke para pelanggan yang masih menggunakan bakul.

5. Epilogue Restaurant di Cilandak

Epilogue Restaurant, Via Instagram kiku_m

Berada di Jalan Cipete Raya, Cilandak, Epilogue ini menyediakan menu khas Perancis. Lokasinya masih sangat jadul, ada meja makan dan kursi yang terbuat dari kayu. Selain itu elemen-elemennya merupakan perpaduan antara Eropa dan Jawa. Ada hiasan di tembok yang menimbulkan kesan nyaman untuk para pengunjung yang datang.

6. Tugu Kunstkring Paleis, Menteng

Tugu Kunstkring Palesi Menteng, Via Instagram and.ika

Tempat nongkrong bertema jadul yang terakhir adalah Tugu Kunstkring Paleis yang lokasinya berada di Jalan Teuku Umar No. 1 Gondangdia, Menteng Jakarta Pusat. Lokasinya merupakan bekas gedung dari penjajahan Belanda. Sampai sekarang, tempatnya sangat menyiratkan terjadinya penjajahan di masa lampau. Estetikanya adalah perpaduan antara Eropa dan seni Nusantara.

Restoran dengan spot-spot kekinian memang asyik untuk jadi lokasi hunting foto, tapi nuansa vintage ala tempo doeloe juga tak kalah menawan jika diabadikan ke dalam Instagram.

Tags
lokasi makan tempo dulu jakarta tempat makan jakarta tempat makan tempo dulu
Share